indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Macam-macam Ukuran Plat Besi dan Fungsinya

Ada berbagai macam ukuran plat besi bangunan yang dibutuhkan dalam kegiatan konstruksi. Sama halnya dengan mortar, kayu, dan beton, plat besi memegang peran penting. Berbagai bahan digunakan untuk bisa menghasilkan bangunan yang kokoh dan juga aman bagi penghuninya.

Besi merupakan salah satu bahan penting dalam berbagai bagian konstruksi. Struktur kokoh nya dipercaya dalam menopang beban. Jika dikombinasikan dengan bahan lainnya, besi bisa menjadi semakin kuat. Oleh karena itu, mari kita mengenal macam-macam ukuran plat besi per lembar dan juga fungsinya.

Apa Saja Ukuran Plat Besi?

Plat besi merupakan sebuah besi yang berbentuk lembaran layaknya triplek yang digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Untuk permukaannya akan berbentuk rata atau memiliki motif tertentu yang memiliki keunikan tersendiri.

Ukuran standar plat besi per lembar biasanya adalah 4 x 8 feet atau 1200 mm x 2400 mm dan tebal plat besi yang dimulai dari 0.6 mm sampai 50 mm. Dalam standar ukuran dalam SNI ada toleransi dengan ukuran kurang lebih 0.1 mm. Di bawah ini adalah tabel yang akan menunjukan ukuran dan dan juga berat per lembarnya.

Baca juga: Cara Menghitung Berat Besi dengan Rumus

Tabel Berat Plat Besi

Tebal (mm)

Berat (kg)

1

23

1,2

28

1,4

33

1,5

35

1,8

42

1,9

45

2

47

2,3

54

2,6

61

2,8

65

2,9

68

3

70

3,2

75

4

93

4,5

105

5

117

6

140

8

187

9

210

10

233

12

280

13

303

14

327

15

350

16

373

18

420

19

443

20

467

21

490

22

513

25

583

28

653

30

700

31

723

32

747

38

887

40

933

Baca juga: Cara Menghitung Berat Besi dengan Rumus

Apa Saja Jenis Plat Besi dan Fungsinya?

Ada beberapa jenis plat yang diaplikasikan dalam kegiatan konstruksi atau fabrikasi. Tiap jenisnya hadir dengan kualifikasi yang berbeda dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Apa saja jenisnya?

1. Plat Hitam/Eser/Base Plate

Plat besi hitam adalah jenis plat besi yang sering digunakan sebagai bahan baku atau meterial konstruksi bangunan. Jenis plat besi hitam memiliki fungsi untuk menyambung profil sebuah konstruksi, bahan pembuatan tangki besi, dan stamping.

Plat besi hitam memiliki ukuran plat besi per lembar yakni 122 cm x 124 cm, setara dengan 4 x 8 feet. Lalu memiliki tebal sekitar 1,2 mm hingga 200 mm. Sering digunakan sebagai penguat atau dudukan material.

Untuk harga plat besi hitam sendiri, Anda dapat mendapatkan satu lembarnya mulai dari Rp. 305.000,-

2. Plat Besi Kembang 

Material ini memiliki nama lain yakni plat lantai atau plat berlian karena permukaannya yang bertekstur. Untuk jenis ini ukuran plat besi lembaran adalah sekitar 1,2 m x 2,4 m. Selain itu tebal plat besi tipis yang sangat beragam dan bervariasi. Dengan tekstur tersebut, jenis cocok dijadikan sebagai bahan anak tangga karena cukup anti slip.

3. Plat Besi Kapal

Menjadi bahan pembuatan atau instalasi kapal dan material konstruksi serta fabrikasi. Digunakan juga dalam pembuatan sebuah tangki dan lain-lain. Panjangnya berkisar di 6.000 mm dan lebar yang berbeda yakni 1.800 mm dan 1.500 mm.

4. Plat Besi Strip

Memiliki panjang 6 m dan lebarnya mulai dari 19 mm bahkan hingga 200 mm. Sedangkan untuk tebal plat besi ini kurang lebih antara 3 mm sampai dengan 12 mm. Jenis ini juga lebih mudah dibentuk sehingga sering digunakan untuk pembuatan pagar.

5. Plat Besi Bordes

Serupa dengan plat besi hitam, plat bordes adalah jenis plat besi yang sering digunakan pada proses konstruksi, seperti proses pembuatan tangga.

Selain itu, plat bordes juga sering digunakan para area peralihan sebuah bangunan. Hal ini karena plat bordes memiliki permukaan yang kasar yang membuatnya anti licin dan orang-orang tidak akan mudah terpeleset.

Harga plat besi bordes sendiri lebih relatif terjangkau ketimbang daftar harga plat besi dalam daftar ini. Anda dapat mendapatkan plat besi bordes mulai dari angka Rp. 214.500,-

6. Plat Besi Galvanis

Plat besi galvanis adalah jenis plat besi yang dikenal karena kekuatan dan kekokohannya. Jika Anda mencari plat besi yang memiliki kelas mewah, maka plat besi galvanis adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Kualitas plat besi galvanis datang dari proses pembuatannya. Sesuai namanya, jenis plat besi ini telah melalui proses galvanisasi atau proses pemberian lapisan seng. Lapisan seng inilah yang membuat plat besi galvanis memiliki daya tahan yang kuat.

Dari keunggulannya, tentu saja plat besi galvanis dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Harga plat besi galvanis sendiri umumnya dimulai dari angka Rp. 400.000,- yang akan semakin mahal tergantung ketebalan yang Anda pilih.

7. Plat Besi Galvanil

Jenis plat besi galvanil atau galvaneal adalah jenis material yang sering ditemukan dalam dunia otomotif. Plat besi ini memiliki karakteristik warna abu matte yang membuatnya banyak digemari orang.

Selain itu, plat besi galvanil juga telah melalui proses galvanisasi, serupa dengan plat besi galvanis. Tetapi, lapisan seng pada plat besi galvanil bersifat lebih keras serta rapuh jika dibandingkan dengan galvanis.

Oleh karena itu, harga plat besi galvanil juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan plat besi galvanis. Anda dapat mendapatkan plat besi galvanil dengan harga mulai dari angka Rp. 290.000,-

Apa Fungsi Plat Besi dalam Konstruksi?

Setelah mengenal jenis-jenis plat besi, sekarang saatnya Anda mengenal fungsi-fungsi dari plat besi. Walaupun setiap jenis plat besi tentu memiliki fungsinya masing-masing, tapi ada beberapa fungsi umum yang dapat Anda dapatkan dari plat besi.

Berikut adalah beberapa fungsi dari plat besi yang harus Anda pahami:

1. Lantai Bangunan dan Anak Tangga

Plat bordes umumnya digunakan sebagai bahan lantai bangunan dan anak tangga. Hal ini karena desain motif cakar ayam pada permukaan plat besi dapat meminimalisir resiko kecelakaan akibat terpleset pada lantai atau anak tangga.

2. Dudukan Bangunan

Plat jenis hitam merupakan salah satu material bangunan yang dapat menggantikan kayu sebagai dudukan bangunan. Material bangunan ini dianggap lebih baik daripada kayu karena sifatnya yang anti korosi.

3. Pagar dan Sekat

Plat besi jenis strip umumnya digunakan untuk sebagai bahan bangunan untuk membangun pagar atau sekat di rumah. Hal ini karena jenis plat besi strip dapat dibentuk dan dilengkungkan yang memudahkan proses desain pagar dan sekat di rumah.

Baca Juga: 6 Bentuk Motif Pagar Plat Besi Untuk Rumah

Apa Tips Membeli Plat Besi?

Setelah mengetahui bahwa ada banyak jenis plat besi yang dapat Anda temukan, Anda juga harus tahu bagaimana cara mempeli plat yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda.

1. Kenali Jenis Plat Besi

Untuk dapat membeli plat besi yang tepat, Anda terlebih dahulu harus mengetahui dan mengenal jenis-jenis plat besi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Hal ini karena tiap jenis plat besi memiliki fungsinya masing-masing.

Jika Anda berbelanja di toko besi, Anda bisa meminta bantuan penjaga toko untuk memilihkan plat besi yang tepat. Tetapi, ada baiknya Anda memilih sendiri karena Anda tentunya lebih memahami kebutuhan konstruksi bangunan Anda.

2. Pilih Ukuran Yang Sesuai

Setelah memilih jenis yang tepat, Anda kemudian harus memilih ukuran yang sesuai. Ukuran akan mementukan harga plat besi yang Anda beli; semakin besar ukuran, harga plat besi akan semakin mahal.

Lalu, pemilihan ukuran yang sesuai juga akan memastikan kalau proses konstruksi bangunan Anda berjalan sesuai rencana.

3. Hindari Plat Besi Murahan

Dengan sekilas melihat daftar harga plat besi yang ada, Anda tentunya sadar bahwa plat besi adalah salah satu bahan baku konstruksi bangunan yang akan menguras kantong.

Tetapi, Anda harus paham bahwa plat besi dihargai mahal karena kualitas dan fungsinya. Anda mungkin bisa tergiur dengan orang yang menawarkan plat besi di bawah harga pasar. Tetapi, Anda sebaiknya menghindari plat besi murahan karena bisa jadi plat besi tersebut memiliki kualitas yang jauh lebih buruk daripada plat besi yang dijual di pasaran dengan harga pasar.

Nah itu dia informasi mengenai ukuran plat besi per lembar dan juga fungsinya. Semoga informasi ini bisa membantu Anda. Kunjungi website kami dan dapatkan juga informasi mengenai harga besi hollow 4x6 di Indosteger, solusi scaffolding Anda.

Baca juga: Teknis Kerja Pembesian Plat Lantai

Recent Articles