indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Membuat Rak Bunga dari Besi

Untuk Anda yang suka dengan tanaman indah, Anda mungkin penasaran tentang cara membuat rak bunga dari besi. Rak bunga dari besi bisa membuat tanaman-tanaman kesayangan Anda tersusun rapi, sehingga terlihat lebih cantik. Cara membuat rak bunga dari besi juga tidak terlalu sulit selama Anda punya bahan dan ketelitian untuk membuatnya.
 

Tentukan Model Rak Bunga Besi yang Ingin Anda Dibuat

Pertama-tama, tentukan dulu model rak bunga besi yang Anda inginkan. Ada beberapa model rak bunga besi yang bisa Anda pilih, di antaranya:
 

1. Rak Besi Bentuk Bulat

Ini bisa menjadi model rak bunga besi terbaik untuk Anda yang suka rak bunga berwarna putih berbentuk bulat. Anda bisa menyimpan hingga lima pot bunga yang berukuran sedang dalam satu rak besi bulat ini. Baik di dalam maupun di luar rumah, rak bunga dari besi satu ini bisa Anda tempatkan di lokasi mana pun yang Anda sukai. Selain itu, harga jualnya di pasaran juga tidak terlalu tinggi. Jadi, akan makin murah bila Anda membuatnya sendiri.
 

2. Rak Bentuk dari Besi Mirip Tangga

Berbentuk mirip tangga, model rak bunga besi satu ini banyak menjadi pilihan karena desainnya yang cantik dan minimalis. Anda bisa membuat rak bunga dari besi dalam model ini jika ingin meletakkan banyak pot bunga atau tanaman dan satu rak. Karena berbentuk menyerupai tangga, Anda bisa meletakkan hingga 30 pot bunga ukuran sedang.
 

3. Rak Bunga dari Besi Berbentuk Hati

Kalau ingin model rak bunga yang feminin, Anda bisa mencoba rak bunga dari besi berbentuk hati. Rak yang mengkombinasikan warna hitam dan putih untuk kedua sisi ini bisa dibentuk dengan mudah. Agar rak bunga ini bisa berdiri tegak, Anda bisa memakai material kayu di bagian bawahnya. Model ini sangat cocok untuk Anda yang butuh rak bunga berkapasitas besar karena punya banyak koleksi tanaman.
 

4. Rak Bunga dari Besi Berbentuk Vertikal

Anda yang suka rak bunga dari besi dengan desain kekinian bisa membuat rak bunga dari besi berbentuk vertikal. Rumah-rumah modern dan rumah yang mengusung konsep tropikal kerap menggunakan model rak bunga ini karena dapat dijadikan juga sebagai Perabot Rumah Minimalis yang Unik. Tergantung selera, Anda bisa membuat rak ini dalam dua warna, yaitu hitam atau putih. Selain kedua warna paling umum tersebut, Anda juga bisa memilih warna lain jika ingin.
 
Baca juga: Cara Membuat Rak Dinding Cantik dan Elegan
 

Cara Membuat Rak Bunga dari Besi

Empat model rak bunga dari besi di atas hanyalah beberapa dari banyak model rak bunga yang bisa Anda pilih. Jika menemukan dan menyukai model rak bunga yang lain, Anda bisa membuatnya sesuai keinginan Anda. Tergantung model yang Anda pilih, langkah-langkah cara membuat rak bunga dari besi bisa berbeda dari satu model dengan model lainnya.
 
Namun, beberapa langkah umum yang bisa Anda terapkan adalah:

  1. Pertama, buat sketsa rak sesuai keinginan Anda.
  2. Sediakan besi untuk membuat rak bunga. Anda bisa membeli besi baru atau besi bekas yang masih layak pakai jika ingin menghemat budget.
  3. Bentuk besi sesuai sketsa yang sudah Anda pilih atau buat sebelumnya.
  4. Jika besi sudah dibentuk sesuai sketsa, selanjutnya Anda bisa melakukan proses pengecatan besi sesuai keinginan, bisa warna hitam, warna putih, atau kombinasi keduanya.
  5. Kemudian susun dan tempelkan besi-besi yang sudah Anda bentuk dan cat menggunakan lem besi atau dengan menggunakan las sesuai bentuk rak yang Anda inginkan.

Jika dibutuhkan, Anda bisa mengunjungi toko penjual rak bunga dari besi untuk belajar membuatnya. Atau, jika ingin belajar secara mandiri, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang dibagikan lewat video-video YouTube yang mudah diakses.
 
Baca juga: 5 Cara Menata Bunga di Teras Rumah dengan Rapi dan Indah
 

Cara Merawat Rak Bunga dari Besi

Sebagai informasi tambahan, setelah Anda membuat rak bunga dari besi buatan sendiri, jagalah baik-baik dengan mengetahui cara merawatnya. Beberapa tips untuk merawat rak bunga dari besi dengan mudah yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Pastikan Anda melapisi rak besi yang Anda buat dengan cat anti karat.
  2. Secara berkala, bersihkanlah rak besi beserta tanaman yang Anda letakkan di rak bunga dari besi yang Anda buat menggunakan lap lembut yang basah agar bebas dari debu-debu yang menempel.
  3. Amplas secara lembut hingga bersih jika beberapa bagian rak sudah berkarat dan kembali lapisi menggunakan cat anti karat untuk mempertahankan kesempurnaan penampilannya.

Itulah beberapa cara membuat rak besi dari bunga yang bisa Anda coba buat sendiri di rumah. Daripada beli, Anda bisa bikin sendiri untuk mendapatkan hasil terbaik dengan budget yang tidak terlalu tinggi. Lalu, pilihlah harga besi galvanis terbaik sebagai material utama dalam cara membuat rak bunga dari besi, ya!

Baca juga: 10 Ide Menarik Partisi Ruangan Rumah Minimalis

Recent Articles