indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengenal Variasi Lisplang Baja Ringan serta Kelebihannya

Saat ini, telah banyak orang menggunakan berbagai macam variasi lisplang baja ringan pada tepi atap. Lisplang baja ringan memiliki berbagai fungsi dalam bangunan terutama rumah. Lisplang dapat diartikan sebagai sebuah bilah papan yang berada pada tepi atap untuk melindungi atap dari masuknya sinar matahari atau air hujan secara langsung. 

Artinya, lisplang dapat mencegah merembesnya air hujan dari tepi atap yang memicu terjadinya kebocoran. Lisplang juga berfungsi sebagai komponen atap yang memastikan rangka atap tetap pada posisi yang sesuai. Jenis lisplang terbagi sesuai bahan pembuatan, seperti kayu, besi, dan baja ringan. Pada artikel kali ini, Indosteger akan membagikan variasi lisplang baja ringan untuk Anda.

Apa Keunggulan Lisplang Baja Ringan?

Lisplang baja ringan banyak dipilih untuk komponen atap pada bangunan saat ini karena memiliki nilai estetika yang menarik sekaligus dapat melindungi rumah dalam segala kondisi cuaca. Sebelum mulai mengenal berbagai variasi lisplang baja ringan, ketahui terlebih dahulu berbagai keunggulan lisplang baja ringan berikut ini:

1. Tahan Karat dan Rayap

Penggunaan baja ringan pada lisplang dapat mencegah munculnya karat dan rayap saat digunakan, terlebih pada kondisi yang berubah-ubah. Material baja ringan merupakan salah satu logam anti karat yang mampu bertahan meskipun terkena hujan dan panas.

Perawatan lisplang baja ringan juga cukup mudah sebab material lisplang telah tersedia pada hampir seluruh toko material.

2. Tahan Lama

Material yang tidak mudah berkarat dan terkena rayap tadi menjadikan lisplang baja ringan lebih tahan lama dibandingkan jenis lisplang lainnya. Meskipun lebih lentur dibandingkan material lisplang lain, namun lisplang dengan bahan baja ringan mampu menjaga bangunan tetap stabil. 

3. Harga Ekonomis

Saat membangun rumah atau bangunan lainnya, biaya merupakan salah satu hal utama yang harus dipertimbangkan. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan lisplang baja ringan karena memiliki harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan jenis lisplang besi dan kayu. 

Meski demikian Anda tidak perlu khawatir soal kualitas, lisplang baja ringan tetap memiliki kualitas yang baik dan dapat bertahan di segala kondisi cuaca.

4. Pemasangan yang Mudah

Lisplang baja ringan memiliki kemudahan saat pemasangan. Kemudahan ini disebabkan oleh bentuk lisplang baja ringan yang tipis, ringan, dan mudah dipotong serta dibentuk. Hal tersebut tentu akan memberikan keuntungan bagi Anda dalam jumlah biaya pemasangan yang cukup murah dan waktu pengerjaan yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan jenis lisplang lainnya.

Baca Juga: Bagaimana Memilih Baja Ringan yang Terbaik?

Apa Saja Variasi Lisplang Baja Ringan Untuk Hunian?

Untuk melindungi atap rumah Anda, terdapat beberapa variasi lisplang baja ringan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini merupakan rekomendasi variasi lisplang baja ringan:

1. Lisplang Kanopi 

Variasi lisplang baja ringan yang pertama adalah kanopi. Variasi kanopi ini dapat melindungi dan memperindah area teras atau carport dengan biaya yang ekonomis. Pemasangan lisplang kanopi baja ringan dapat langsung dilakukan pada dinding untuk menahan beban tanpa dibutuhkan tiang atau penyangga tambahan.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Kanopi Dari Besi Hollow dengan Mudah

Variasi lisplang baja ringan kanopi dapat Anda kombinasikan dengan penggunaan polycarbonate pada bagian atap kanopi untuk menambah estetika pada rumah atau bangunan lainnya. 

2. Lisplang Horizontal

Lisplang baja ringan horizontal adalah variasi lisplang yang dibuat dengan bentuk menyesuaikan bagian tepi atap secara mendatar. Pemasangan lisplang horizontal dimulai dengan membuat penyangga lisplang terlebih dahulu, lalu dilanjutkan memasang lisplang baja ringan menggunakan sekrup pada 2 sisi dengan jarak sekitar 20 cm sampai  40 cm.

Umumnya, penyangga lisplang dibentuk dari permukaan yang kuat sehingga pemasangan lisplang horizontal baja ringan dapat lebih kokoh dan aman. 

3. Lisplang Vertikal

Lisplang vertikal adalah variasi lisplang baja ringan yang dipasang dalam bentuk tegak lurus menyesuaikan bentuk dinding. Dalam pemasangan lisplang baja ringan vertikal, dinding menjadi patokan atau permukaan utama dan hanya membutuhkan sekrup untuk mengikat lisplang dengan penyangga.

Tetapi, lisplang baja ringan vertikal tidak disarankan untuk dijadikan pilihan utama untuk perlindungan atap pada umumnya. Hal ini dikarenakan lisplang baja ringan vertikal tidak memiliki kekuatan penyanggaan yang maksimal dan dikhawatirkan akan jatuh ketika dipasang di rumah tinggal. 

Anda dapat mengkonsultasikan pada ahlinya apabila tertarik pada pemasangan lisplang baja ringan vertikal ini.   

Itulah tadi berbagai macam lisplang baja ringan yang dapat menjadi referensi untuk pemasangan lisplang pada rumah Anda. Sesuaikan pilihan variasi lisplang baja ringan dengan kebutuhan bangunan agar berfungsi secara maksimal dan tentunya aman dari bahaya jatuhnya lisplang yang mungkin terjadi.  

Setelah mengetahui kebutuhan akan bentuk lisplang variasi baja, Anda dapat mulai melakukan pembelian material dan kebutuhan lainnya. Indosteger menyediakan berbagai kebutuhan pembangunan seperti scaffolding hingga besi galvanis. 

Anda juga dapat melakukan pengecekan harga hollow baja ringan 4x4 per batang dan berbagai produk lainnya pada situs web Indosteger. Bersamaan dengan informasi variasi lisplang baja ringan, temukan berbagai produk kebutuhan bangunan kualitas terbaik di Indosteger sekarang juga.

Recent Articles