indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Model Kanopi Tanpa Tiang yang Estetik dan Aman Digunakan

Halaman rumah yang tidak terlalu luas bisa dilengkapi dengan eksterior berupa kanopi tanpa tiang. Tidak sulit membangunnya, asalkan menggunakan material berupa baja ringan yang kokoh dan tahan lama. Desain eksterior yang dihasilkan juga bervariasi, bahkan bisa dimanfaatkan sebagai tempat berteduh di sore hari.

Kanopi tanpa tiang juga lebih ekonomis dalam biaya dan tidak memakan tempat yang banyak. Bila menggunakan tiang sebagai penyangga kanopi, makin banyak material baja ringan yang harus kita gunakan. Artinya, biaya yang dikeluarkan pun semakin mahal. Belum lagi, kita harus memiliki tempat yang luas untuk membangun tiangnya.

Tidak hanya halaman depan yang bisa dibangun kanopi tanpa tiang, tapi juga teras, garasi atau halaman belakang. Kalaupun tidak ada ruang untuk membangun garasi, kanopi ini juga berguna untuk melindungi kendaraan kita dari panas dan hujan sehingga tetap terawat.
 

Inspirasi Model Kanopi Tanpa Tiang yang Tidak Kalah Kuat

Tanpa tiang sebagai penyangganya, kanopi pun tetap berdiri kokoh asalkan dibangun dengan material dan peralatan yang kuat. Selain itu, proses pembangunannya juga harus teliti sehingga mampu menahan beban material lain yang ada di atasnya. Material lain tersebut berupa kaca, atap asbes, kayu, dan sejenisnya yang bisa menambah keindahan kanopi tanpa tiang.

Alih-alih menggunakan tiang, jenis kanopi ini diperkuat dengan penyangga yang ditanam pada salah satu sisi tembok. Penyangga yang terbuat dari baja ringan ini akan menahan material kanopi tersebut agar tidak jatuh. Hanya saja, ukuran kanopi harus sesuai dengan penyangga yang telah dibuat, tidak boleh terlalu lebar atau terlalu kecil.

Sebagai inspirasi, Indosteger akan memberikan model kanopi yang bisa diaplikasikan sebagai eksterior andalan rumah Anda.
 

1. Kanopi Atap Kaca

Material kaca ini sangat multifungsi karena bisa diterapkan di mana saja, termasuk kanopi. Kanopi model atap kaca ini sangat berguna bila halaman rumah Anda sering dijadikan sebagai ruang untuk menjemur pakaian. Tidak hanya kaca, lahan untuk memarkir mobil pun dipasangi kanopi ini.
 

2. Kanopi Baja Gantung

Sesuai namanya, penyangga pada kanopi baja gantung dibuat dengan model yang menggantung. Di bagian atasnya, ada tiang horizontal yang bisa ditempeli dengan kanopinya. Sayangnya, kanopi baja gantung ini harus ditopang oleh bangunan kuat di atasnya, sehingga bisa menjadi tempat untuk mengaitkan tiang kanopi tersebut.
 

3. Kanopi Atap Spandek

Kanopi ini menggunakan bahan spandek sebagai penutup kerangkanya, sehingga terlihat sempurna dan tidak mudah rapuh. Spandek juga memiliki banyak keunggulan saat dijadikan atap, yaitu meredam suara hujan saat turun. Belum lagi, spandek ini tahan terhadap cuaca dan rayap sehingga tidak mudah terkena korosi.

Baca juga: 5 Cara Pasang Baja Ringan yang Bisa Dilakukan Sendiri
 

4. Kanopi Atap Asbes

Anda juga bisa memanfaatkan asbes sebagai kanopi karena bisa memberikan kesan teduh, apalagi cuaca kota metropolitan yang cenderung panas ini. Selain itu, harga asbes juga terjangkau sehingga bisa menekan biaya pengeluaran kanopi ini. Hanya saja, bahan asbes mudah pecah apabila terkena benturan benda yang keras.
 

5. Kanopi Minimalis

Perbedaan kanopi minimalis dengan model kanopi tanpa tiang lainnya adalah ukurannya yang lebih kecil. Kanopi minimalis tidak menutupi seluruh bagian halaman atau teras rumah, jadi lebih cocok bila diaplikasikan pada rumah berukuran terbatas. Bentuknya juga lebih simpel dan ringan jadi lebih mudah untuk membangunnya.

Berbagai model kanopi tanpa tiang yang disebutkan di atas bisa menjadi inspirasi eksterior untuk rumah minimalis. Yang paling penting adalah menggunakan material baja ringan dari Indosteger agar kanopinya tetap kokoh meskipun tidak menggunakan tiang penyangga. Harga hollow baja ringan 4x4 per batang dari kami juga akan menjamin mutu dan ketahanan baja tersebut.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Pembuatan Kanopi

Recent Articles