indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Apa Itu Catwalk Pada Scaffolding dan Kegunaannya?

Catwalk Scaffolding adalah peralatan penting dalam sacaffolding.  Memang ssecara umum scaffolding atau perancah menjadi peralatan krusial dalam berbagai proyek pembangunan rumah, gudang, ataupun gedung perkantoran.

Keberadaannya berguna untuk membantu pekerja ketika ingin membangun bangunan dengan ketinggian melebihi 2 meter. Pemasangan scaffolding bersifat sementara dan ketinggiannya juga bisa diatur sesuai dengan tingkat kebutuhan. 

Terdapat berbagai jenis scaffolding yang biasa digunakan dalam proyek pembangunan. Setiap jenis scaffolding tersebut, dibangun dengan menggabungkan berbagai jenis komponen. Namun, apakah Anda sudah tahu apa itu catwalk? Jawabannya, bisa Anda temukan dalam artikel ini. 

 

Apa Itu Catwalk Scaffolding

Pemakaian catwalk pada scaffolding mampu memastikan pengerjaan proyek pembangunan berjalan lancar dan aman. Hal ini berkaitan dengan definisi apa itu catwalk. Komponen ini merupakan pijakan yang digunakan sebagai tempat berdiri atau bekerja pada scaffolding. Tingkat kebutuhan catwalk dalam sebuah proyek cukup variatif. Untuk proyek berskala kecil, terkadang Anda hanya memerlukan 1 catwalk. 

Catwalk pada scaffolding umumnya mempunyai lebar mencapai 0,5 meter dan panjang 1,8 meter. Cara pemasangannya cukup variatif, dapat disesuaikan kondisi di lapangan. Anda dapat menempatkannya di antara 2 main frame ataupun ladder frame. Hal terpenting, penempatan catwalk tersebut memberi kemudahan serta keselamatan bagi para pekerja. 

Berkaitan dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 1 Tahun 1980 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi Bangunan, catwalk harus dibuat dengan bahan yang kokoh. Jenis material yang sering digunakan untuk catwalk adalah baja berkualitas. Dengan tingkat kekohan tinggi baja tersebut, catwalk sanggup menahan beban berat, tidak hanya pekerja tetapi juga berbagai jenis peralatan dalam proyek konstruksi. 

 

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Catwalk Scaffolding

Kegunaan utama catwalk pada scaffolding adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Oleh karenanya, Anda perlu memilih catwalk secara cermat. Terdapat beberapa parameter penting yang harus diperhatikan, yaitu: 

1. Tingkat kekuatan

Sampai di sini, Anda tentu sudah paham apa itu catwalk dan fungsinya di tempat proyek konstruksi.  Agar fungsinya bisa dimanfaatkan secara maksimal, catwalk perlu memiliki ketahanan tinggi dalam menopang beban berat. 

Material baja jadi pilihan utama kalau ingin mencari catwalk scaffolding. Selain itu, perhatikan pula tingkat ketebalannya. Hal yang tak kalah penting, cermati pula bagian pengait catwalk. Pastikan bahwa pengait tersebut mampu tidak mudah terlepas ataupun patah. 

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Scaffolding Agar Jumlahnya Tepat

 

2. Kenyamanan

Parameter selanjutnya yang perlu diperhatikan saat mencari catwalk scaffolding adalah tingkat kenyamanan pemakaiannya. Catwalk yang tidak nyaman digunakan berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja. Apalagi, kalau catwalk tersebut berukuran terlalu kecil dan memiliki permukaan yang licin. 

 

3. Keselamatan

Faktor terakhir adalah keselamatan. Penggunaan catwalk scaffolding harus dibarengi dengan keberadaan perlengkapan keselamatan lain. Salah satunya adalah keberadaan pagar pelindung ditempatkan pada bagian tepi. Pemasangan pagar pelindung bertujuan untuk mencegah adanya pekerja yang jatuh dan tergelincir saat bekerja. 

 

4. Jenis Catwalk Scaffolding

Pilihan jenis catwalk yang bisa dimanfaatkan untuk memperlancar pengerjaan proyek bangunan cukup variatif. Dari sekian banyak tipe catwalk, ada 2 pilihan yang sering digunakan, yakni painted catwalk scaffolding dan galvanized catwalk scaffolding. 

Kedua jenis catwalk tersebut sama-sama dibuat dengan material baja. Painted catwalk scaffolding dibuat dengan adanya pelapisan cat pelindung. Sementara itu, galvanized catwalk merupakan catwalk yang sudah menjalani proses pelapisan galvanis. 

Meski dibangun dengan bahan yang sama, kedua jenis catwalk tersebut punya tingkat ketahanan berbeda. Painted catwalk memiliki harga relatif lebih murah. Sementara itu, catwalk galvanis menjanjikan tingkat ketahanan tinggi. 

Nah, demikianlah penjabaran lengkap tentang apa itu catwalk scaffolding. Untuk pilihan catwalk terbaik, Anda bisa mendapatkannya di Indosteger  Anda bisa memilih untuk membeli ataupun  sewa scaffolding. Indosteger juga menyediakan berbagai macam produk seperti UNP, CNP besi galvanis, dan Besi Hollow Galvanis. 

Baca juga: Harga Catwalk Plank Galvanized

Recent Articles