indosteger@gmail.com   +62218294428

News

10 Contoh Teknologi Konstruksi yang Telah Ditemukan

Anda dapat menemukan contoh teknologi konstruksi yang kian canggih dari tahun ke tahun. Kemajuan teknologi juga menyentuh dunia konstruksi, sehingga kita dapat melihat berbagai infrastruktur, sarana dan prasarana, serta bangunan yang lebih modern dibandingkan zaman sebelumnya. Teknologi konstruksi mengutamakan fungsi bangunan dibandingkan dekorasi atau ornamen yang menghiasinya.

Apa Itu Teknologi Konstruksi?

Teknologi konstruksi merupakan pemanfaatan atau penerapan teknologi untuk membangun infrastruktur, arsitektur, atau bangunan demi mencapai tujuan dan kegunaannya. Kemajuan teknologi ini hadir seiring meningkatnya peradaban dan ilmu pengetahuan di dunia konstruksi. Masalah dan kebutuhan yang kian kompleks terkait konstruksi juga melahirkan solusi baru dalam perkembangan teknologinya.

Kemajuan teknologi di bidang konstruksi memiliki fungsi besar saat diterapkan. Proses pembangunan gedung menjadi lebih mudah dan bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Kontraktor atau pemborong semakin mudah dalam bekerja berkat kemajuan teknologi ini. Fungsi terakhir terlihat pada nilai tambah sebuah infrastruktur atau gedung yang terletak pada fungsionalitasnya, bukan rancangan bangunan semata.

Apa Saja Contoh Teknologi Konstruksi di Sekitar Anda?

Pada zaman Renaissance, contohnya, Anda dapat menemukan arsitektur bangunan bernilai seni tinggi dan menggunakan batu-batuan sebagai fondasinya. Kemajuan teknologi di dunia konstruksi membuktikan bahwa material logam seperti baja ringan ternyata bisa dijadikan sebagai struktur bangunan.

Contoh implementasi teknologi konstruksi tidak hanya terletak pada bangunan saja. Konstruksi melibatkan aspek infrastruktur yang lebih luas, mulai dari jalan, jembatan, lapangan, bahkan rel kereta api. Apabila Anda bandingkan dengan konstruksi zaman dulu, beberapa infrastruktur mulai dibangun dengan cara yang lebih modern dan memanfaatkan kemajuan teknologi konstruksi.

Apa saja penerapan teknologi konstruksi yang bisa kita lihat dewasa ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Drone

Drone alias kamera terbang tentu diciptakan untuk tujuan tertentu, salah satunya di bidang konstruksi. Drone berguna agar monitoring pembangunan gedung bertingkat dilakukan lebih mudah. Kecacatan pada proses konstruksi dapat dideteksi lebih cepat menggunakan alat ini, sehingga bisa langsung diperbaiki saat itu juga. Drone juga berguna untuk melakukan pemetaan lokasi pembangunan dari langit alias bird-eye mode.

2. Saluran Pengairan dari Beton

Beberapa daerah membutuhkan sistem irigasi atau pengairan untuk lahan pertanian atau perkebunannya. Kemajuan teknologi terlihat pada penggunaan beton sebagai sistem irigasi. Alhasil, proses pengairan pun lebih lancar dan air langsung mengalir hingga mencapai area yang dibutuhkan. Sifat beton yang kuat dan tidak mudah hancur membuat sistem irigasi tetap terjaga.

3. Pembangunan Perumahan Massal

Zaman dulu, orang membangun rumah hanya untuk kepentingannya sendiri. Kini, banyak perumahan yang dibangun secara massal, baik oleh pemerintah atau developer swasta. Konstruksi perumahan massal membutuhkan pertimbangan lebih besar karena harus memerhatikan beberapa aspek, seperti aliran listrik, saluran air, dan lain-lain. Rencana pembangunan tersebut dapat terwujud dengan baik berkat kemajuan teknologi konstruksi.

4. Pembangunan Infrastruktur Komersil

Infrastruktur komersil ini merupakan proyek pemerintah atau perusahaan swasta, seperti bandara, jalan raya, pelabuhan, mal, dan lain-lain. Agar bertahan lama, infrastruktur harus memiliki metode pembangunan dan bahan yang lebih kompleks. Teknologi konstruksi yang kian canggih mewujudkan pembangunan infrastruktur komersil agar bisa berjalan sesuai fungsinya, di samping tampilan yang megah dan apik.

5. Jembatan

Masih banyak daerah pelosok yang tidak memiliki akses jalan memadai serta bentuk wilayah yang asimetris dan rumit. Kondisi ini berpengaruh pada kemudahan proses pembangunan jembatan. Penerapan teknologi konstruksi dibutuhkan agar jembatan bisa dibangun di atas jalan yang berliku, bahkan bisa melintasi batu-batuan, sungai, dan rintangan lainnya.

6. Penambalan Jalan

Jalan yang berlubang dan hancur kini bisa diatasi dengan prosedur penambalan yang cepat dan efektif. Teknologi konstruksi yang diterapkan untuk masalah ini adalah tambal cepat. Kemajuan teknologi ini semakin lengkap dengan hasil yang tahan lama, biaya eksekusi yang cukup murah, serta tenaga mesin yang canggih sehingga mengurangi potensi human error.

7. Jalan Pintar (Smart Road)

Teknologi konstruksi ini hadir seiring meningkatnya orang yang memiliki mobil listrik. Konsep smart road adalah jalan raya yang bisa menghantarkan listrik. Jalan listrik ini berguna agar mobil listrik bisa dikendarai secara otomatis. Pada masa depan, smart road diharapkan menjadi solusi untuk mengurangi polusi udara seiring bertambahnya pengguna mobil listrik.

8. Beton HPC

Kemajuan teknologi konstruksi memproduksi beton berjenis high performance concrete (HPC). Material ini lebih istimewa dibandingkan beton konvensional, terutama pada keseragaman (uniformity) dan proses pembuatannya. Prosesnya lebih rumit, tapi dapat membawa keuntungan yang lebih besar daripada beton konvensional, seperti ketahanan dan kekuatannya.

9. APD Konstruksi Pintar

APD konstruksi yang berteknologi canggih adalah sepatu bot dan helm. Sepatu bot dilengkapi sensor yang bisa mendeteksi bahaya selama proses konstruksi. Untuk helm, APD ini dilengkapi teknologi Augmented Reality (AR) dengan fungsi yang sama seperti sepatu bot. Selain mendeteksi potensi bahaya, APD pintar ini mampu mengenali kondisi kesehatan dan keselamatan pekerja.

Baca Juga: 7 Alat Keselamatan Kerja dan Fungsinya di Lapangan

10. Besi Hollow Galvanis

Hasil teknologi konstruksi terlihat pada material besi hollow galvanis. Material ini dilapisi seng, sehingga dikenal dengan istilah galvanis. Lapisan seng ini berguna untuk melindungi besi dan baja dari karat sehingga aman digunakan untuk konstruksi eksterior, seperti atap dan kanopi.

Anda tertarik menggunakan baja ringan sebagai bahan bangunan untuk rumah? Kabar bagusnya, Anda bisa mendapatkan material ini secara online dan mudah di Indosteger. Kami menawarkan harga besi hollow 5x10 yang terjangkau dan sesuai budget proyek pembangunan rumah Anda. Dapatkan besi hollow ini dengan menghubungi tim Indosteger dan kami akan mengirimkannya ke lokasi proyek pembangunan.

Manakah contoh teknologi konstruksi yang paling berkesan bagi Anda?

Recent Articles