indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Apa Yang Dimaksud Dengan Keselamatan Kerja?

Apa yang dimaksud dengan keselamatan kerja? Sebenarnya, keselamatan kerja masuk ke dalam bagian K3. K3 merupakan akronim dari Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja di dalam bidang konstruksi. 

Tidak dapat dimungkiri bahwa bidang konstruksi termasuk lahan pekerjaan yang diiringi dengan bahaya jika tingkat keamanan sepanjang proses pembangunan tidak terjaga. Dengan adanya K3, maka ada pengembangan kerja sama dan saling pengertian antara pengusaha/pengurus dengan tenaga kerja. Selain itu K3 juga diharapkan mampu memberikan suasana kerja yang memiliki keamanan, kesehatan terjaga, serta bebas dari pencemaran lingkungan. Efisiensi dan produktivitas kerja sudah pasti meningkat pula.

Untuk mengenal lebih dalam tentang topik kali ini, mari simak rangkumannya.

Pengertian Keselamatan Kerja

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keselamatan kerja menjadi bagian dari K3. Tentu saja peran K3 sangat penting dalam dunia konstruksi. Bahkan sudah wajib digunakan dan dimaksimalkan untuk setiap pengerjaan konstruksi bangunan apapun. Tanpa adanya usaha untuk mendapatkan keselamatan kerja yang baik, maka konstruksi bangunan tersebut tidak akan berjalan lancar.

Keselamatan kerja mampu menjaga setiap pekerja di dalam menjamin keutuhan serta kesempurnaan jasmani serta rohani. Dengan begitu, hasil kerja yang diberikan pasti maksimal dan berkualitas. Selain itu masalah seperti kecelakaan kerja dapat diminimalisir hingga sekecil mungkin.

Tujuan Keselamatan Kerja

Sebagai bagian dari K3, tentu saja keselamatan kerja memiliki tujuan tersendiri. Apalagi hal ini tercatat dalam UU No. 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Tenaga Kerja dalam BAB III mengenai syarat K3. Tujuan K3 dan keselamatan kerja meliputi: 

  1. Mencegah dan mengurangi kecelakaan.
  2. Mencegah, mengurangi dan memadamkan kebakaran.
  3. Mencegah dan mengurangi bahaya peledakan. 
  4. Memberi kesempatan atau jalan menyelamatkan diri pada waktu kebakaran atau kejadian-kejadian lain yang berbahaya. 
  5. Memberi pertolongan pada kecelakaan. 
  6. Memberi alat-alat perlindungan diri pada para pekerja. 
  7. Mencegah dan mengendalikan timbul atau menyebar luasnya suhu, kelembapan, debu, kotoran, asap, gas, uap, hembusan angin, cuaca, sinar atau radiasi, suara dan getaran. 
  8. Mencegah dan mengendalikan timbulnya penyakit akibat kerja, baik fisik maupun psikis, peracunan, infeksi, dan penularan. 
  9. Memperoleh penerangan yang cukup dan sesuai. 
  10. Menyelenggarakan suhu dan kelembaban udara yang baik. 
  11. Menyelenggarakan penyegaran udara yang cukup. 
  12. Memelihara kebersihan, kesehatan, dan ketertiban. 
  13. Memperoleh keserasian antara tenaga kerja, alat kerja, lingkungan, cara dan proses kerjanya. 
  14. Mengamankan dan memperlancar pengangkutan orang, binatang, tanaman atau barang. 
  15. Mengamankan dan memelihara segala jenis bangunan. 
  16. Mencegah terkena aliran listrik yang berbahaya. 
  17. Menyesuaikan dan menyempurnakan pengamanan pada pekerjaan yang bahaya kecelakaannya menjadi bertambah tinggi.

Dengan memahami dan memenuhi seluruh tujuan di atas, maka keselamatan kerja para pekerja, khususnya konstruksi bangunan dapat terjaga sepanjang proyek berjalan. Untuk inilah mengapa Anda harus mengingat bahwa setiap orang memiliki hak mendapatkan keselamatan kerja di dalam proses bekerja. Jadi, jangan lupa untuk terus memperhatikan keselamatan kerja.

Dengan informasi mengenai pengertian dan tujuan keselamatan kerja yang diberikan di atas, semoga Anda memahami bahwa hal ini wajib dipenuhi. Termasuk dengan menyediakan scaffolding yang dapat membantu proses konstruksi bangunan dan gedung lainnya. Untungnya Anda tidak perlu bingung mencari pilihan scaffolding terbaik dan berkualitas karena Indosteger telah hadir sebagai jawaban atas kebutuhan ini. 

Ingin menyewa scaffolding sesuai kebutuhan Anda dalam konstruksi bangunan? Indosteger siap memenuhi permintaan Anda sekarang juga. Dengan informasi apa yang dimaksud dengan keselamatan kerja, dapatkan scaffolding frame dari Indosteger sekarang juga.

Recent Articles