indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Rincian Biaya Membuat Warung dari Baja Ringan dan Kelebihannya

Belakangan ini mulai banyak ditemukan warung kecil yang terbuat dari baja ringan dan mungkin menimbulkan pertanyaan tentang berapa biaya membuat warung baja ringan tersebut. Warung baja ringan dipilih karena bentuknya yang pas dan ringan sehingga mudah untuk dipindahkan. 

Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk membuat warung baja ringan juga dapat dikatakan lebih hemat. Berikut ini informasi lengkap mengenai biaya membuat warung baja ringan yang dapat Anda jadikan paduan.

Apa Saja Jenis Warung Baja Ringan?

Banyak sekali model warung baja ringan yang digunakan oleh pelaku usaha. Hal ini dipengaruhi oleh jenis usaha apa yang dijalankan dan lokasi usaha. Sebuah usaha sembako akan memiliki jenis warung baja ringan yang berbeda dengan usaha makanan. 

Sebelum mengetahui berapa biaya membuat warung dari baja ringan, ketahui terlebih dahulu 2 jenisnya. Adapun jenis warung baja ringan yang dapat menjadi pilihan adalah:

1. Kontainer Portabel

Warung baja ringan jenis kontainer portabel adalah jenis warung yang mudah untuk dipindahkan kapan pun ketika dibutuhkan. Anda dapat menemukan jenis kontainer portabel ini pada warung yang berada di pinggir jalan, di depan supermarket, atau bahkan di depan sebuah rumah. 

2. Kontainer Semi Portabel

Berbeda dengan sebelumnya, kontainer semi portabel adalah jenis warung baja ringan yang dibangun secara permanen di satu lokasi usaha sehingga tidak dapat dilakukan pemindahan kontainer sewaktu-waktu. Kontainer semi portabel ini harus dibangun pada tempat usaha yang pasti atau menetap dalam jangka waktu yang lama, karena pemindahan warung membutuhkan waktu yang sedikit lama.

Kontainer semi portabel dapat Anda temukan pada setiap warung baja ringan yang menetap di pinggir jalan, foodcourt, atau tempat usaha milik pribadi lainnya.

Apa Kelebihan Warung Baja Ringan?

Penggunaan warung baja ringan untuk memulai usaha memiliki berbagai kelebihan baik bagi lingkungan maupun bagi pemilik usaha itu sendiri. Kenali berbagai kelebihan warung baja ringan berikut ini:

1. Mudah Menemukan Material Baja

Baja ringan merupakan jenis baja yang dapat Anda temukan di berbagai toko material, salah satunya di Indosteger. Bahkan, pembuatan warung baja ringan dapat menggunakan sisa baja dari pembongkaran sebuah bangunan atau kontainer bekas yang sudah tidak terpakai.

2. Mengurangi Sampah Baja

Berkaitan dengan kelebihan sebelumnya, penggunaan ulang baja ringan bekas untuk sebuah warung dapat membantu mengurangi sampah baja atau besi sehingga membantu menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga: Mengenal Daur Ulang Limbah Besi

3. Harga Ekonomis

Biaya membuat warung dari baja lebih hemat dan lebih murah jika dibandingkan dengan bangunan warung permanen. Harga pembuatan warung baja ringan dapat disesuaikan dengan kebutuhan ukuran warung beserta model usaha yang akan dijalankan.

4. Lebih Praktis

Warung baja ringan dapat dengan mudah dipindahkan sekalipun pada jenis warung semi portabel. Maka dari itu, warung baja ringan cocok untuk usaha dengan sistem berpindah-pindah dan dapat digunakan di berbagai lokasi yang tidak terlalu luas. 

Baca Juga: Tips Memilih Baja Ringan Terbaik dan Rekomendasi Merknya

Berapa Biaya Membuat Kontainer dari Baja Ringan? 

Setelah mengetahui jenis dan kelebihan warung baja ringan, Anda dapat mulai membuat rincian biaya yang dibutuhkan untuk membuat warung baja ringan. Di bawah ini merupakan perkiraan harga yang dikeluarkan untuk membuat kontainer baja ringan:

1. Jenis Kontainer Portabel

Untuk warung dengan jenis kontainer portabel ukuran 100 cm x 50 cm x 180 cm, dibutuhkan biaya sebesar Rp3.600.000.

2. Jenis Kontainer Semi Portabel

Warung baja ringan jenis semi portabel dengan ukuran 120 cm x 60 cm x 200 cm membutuhkan biaya Rp4.000.000. 

3. Model Kontainer Booth

Apabila Anda membutuhkan kontainer warung dengan ukuran yang lebih besar, terdapat pilihan kontainer booth dengan ukuran 200 cm x 200 cm x 200 cm yang membutuhkan biaya Rp8.500.000. Selain itu, terdapat pula ukuran 250 cm x 200 cm x 200 cm dengan biaya pembuatan Rp9.000.000.

Biaya di atas masih dapat berubah menjadi lebih sedikit atau lebih banyak, tergantung pada kebutuhan warung dan modifikasi lain yang diinginkan. 

Bagaimana Proses Membuat Kontainer dari Baja Ringan

Warung baja ringan umumnya dibuat sesuai dengan kebutuhan usaha dan jenis usaha yang akan dijalankan. Proses pembuatan kontainer baja ringan juga relatif cepat. Berikut merupakan urutan proses pengerjaan membuat kontainer baja ringan:

  1. Membuat desain warung sesuai dengan keinginan pemilik dan kebutuhan usaha. Apabila pemilik usaha tidak menginginkan hal khusus pada kontainernya, desain dapat diserahkan langsung kepada penyedia jasa pembuatan kontainer.

  2. Kemudian, akan mulai dilakukan pembuatan kontainer dari baja ringan sesuai dengan desain yang disepakati.

  3. Setelah itu akan dipasang peredam panas dengan reflection foil agar keadaan di dalam kontainer tidak terlalu panas saat digunakan nanti.

  4. Proses selanjutnya yaitu memasang partisi pada dinding dan lantai kontainer.

  5. Setelah seluruh pembuatan dan pemasangan struktur konstruksi selesai, teknisi akan mulai melakukan instalasi listrik, lampu, air, sakelar, dan hal lain yang dibutuhkan dalam warung.

  6. Mulai pengecatan dan memasang dekorasi untuk membuat kontainer warung lebih menarik.

Demikian tadi merupakan kelebihan, jenis, proses, dan biaya membuat warung dari baja ringan. Dalam pembuatannya, warung baja ringan membutuhkan material utama holo besi galvanis dengan ukuran 4x4. 

Segera cek harga hollow baja ringan 4x4 per batang di Indosteger untuk Anda gunakan sebagai salah satu material membangun warung. Dapatkan besi hollow tersebut hanya di website Indosteger.

Temukan juga material besi galvanis berkualitas dengan berbagai ukuran dan ketebalan yang tentunya ramah lingkungan. Butuh baja ringan untuk konstruksi Anda? Hubungi Indosteger sekarang juga.

Recent Articles