indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Berapa Biaya Pembangunan Rumah Ukuran 10x15? Ini Perkiraannya!

Sebelum membeli rumah, sudahkah Anda mengetahui biaya pembangunan rumah ukuran 10x15 yang paling banyak ditemui di Indonesia ini? Pasalnya, dengan lahan seluas 150 meter persegi, Anda dapat mendirikan bangunan rumah dengan tipe 45 maupun tipe 90. Lantas, berapa kira- kira total biaya pembangunan rumah ukuran 10x15 yang ideal ini? Jawabannya memang relatif. Namun, untuk membantu Anda mendapatkan gambarannya, ada baiknya simak ulasan berikut ini.
 

Tipe rumah ukuran 10x15

Sebelum Anda menghitung biaya pembangunan rumah ukuran 10x15, ada baiknya untuk mengetahui jenis ukuran rumah ini. Biasanya, ada dua jenis yang cukup banyak dipilih oleh masyarakat, baik itu bangunan satu lantai dengan tiga kamar tidur maupun dua lantai dengan empat kamar tidur.

  • 1 lantai dengan 3 kamar tidur

Rumah dengan tata ruang seperti ini memang cukup besar.  Adapun desain utamanya adalah ruang tamu, ruangan untuk keluarga, ruangan makan hingga dapur. Dari segi biaya, diperkirakan lebih murah bila dibandingkan dengan rumah ukuran 10x15 dengan dua lantai.

Pada rumah jenis ini, Anda bisa membangun tiga kamar tidur yang dilengkapi satu kamar mandi pada satu kamar yang utama. Sementara, dua kamar lainnya bisa digunakan untuk kamar tidur anak-anak maupun kamar bagi tamu dan keluarga. Kamar mandinya bisa diletakkan di luar ruangan kamar tidur. Kemudian, bila ruang mencukupi, Anda bisa membangun garasi, taman bagian belakang, maupun teras.

  • 2 lantai dengan 4 kamar tidur

Keunggulan rumah 10x15 jenis yang kedua adalah ruangan dan space yang ada sangat memadai. Anda bisa merancang ruangan tersebut sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja untuk lantai pertama digunakan untuk ruang tamu, ruang makan, dapur, hingga ruang keluarga.

Lalu, lantai atas bisa digunakan untuk kamar tidur. Di sini, Anda bisa membuat kamar tidur hingga empat kamar, termasuk kamar mandi di lantai atas ini. Sedangkan untuk bagian balkon, bisa dimanfaatkan untuk bersantai atau sebagai tempat menjemur pakaian.  Jika Anda berminat dengan pilihan rumah 2 lantai, untuk informasi pelengkap mungkin Anda perlu juga untuk mengetahui Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 lantai.
 

Mulai hitung biaya pembuatan

Kini, saatnya Anda mulai menghitung biaya pembangunan rumah ukuran 10x15. Namun, dalam menghitung biaya pembangunan ini, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan. Dimulai dengan biaya pembangunan per meter persegi, biaya untuk finishing, hingga jasa arsitek dan tukang.

  • Biaya pembangunan rumah ukuran 10x15 per meter

Pertama, Anda harus tahu mengenai estimasi harga dan biaya pembangunannya untuk per meter perseginya. Anda perlu melakukan survei, mulai dari harga terendah sampai tertinggi. Hal ini tentu akan berbeda-beda di setiap wilayah. Sebagai perbandingan, secara kasar biaya per meter di kota antara lain:

  1. Biaya per meter di Kota Semarang: Rp2,4 juta hingga Rp3,5 juta
  2. Biaya per meter di Kawasan Jabodetabek: Rp3,6 juta
  3. Biaya per meter di daerah Jogja: Rp2,8 juta hingga Rp4 juta


Dengan kata lain, tanah 10x15 meter ini setara dengan 150 meter persegi. Jika demikian halnya, maka estimasi biaya total bila mengacu pada harga tersebut besarannya yakni:

  1. Rp2,4 juta x150 meter persegi = Rp360 juta
  2. Rp2,8 juta x150 meter persegi = Rp420 juta
  3. Rp3 juta x150 meter persegi = Rp450 juta
     
  • Berapa biaya untuk segi finishing-nya?

Kedua, hitung juga biaya untuk finishing-nya. Dalam menghitung biaya pembangunan rumah ukuran 10x15 dari segi finishing dipengaruhi oleh material yang dipilih. Semakin sederhana material yang digunakan membuat biayanya tidak begitu besar, demikian sebaliknya.

Ini juga termasuk biaya-biaya lain seperti biaya untuk sewa scaffolding. Harga sewa ini memang beragam tergantung berapa banyak yang dibutuhkan. Kita ambil contoh untuk harga sewa scaffolding Jakarta Selatan dipatok dengan harga Rp500-Rp1.000 tergantung pada jenis scaffolding yang digunakan.
 

  • Jasa untuk arsitek

Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah biaya untuk jasa arsitek maupun tukang yang digunakan. Biaya arsitek pun bervariasi, hal itu tergantung pada tingkat kerumitan bangunan dan estimasi waktu yang dikerjakan. 

Kisaran harganya bisa dimulai dari Rp100 ribu hingga Rp1 juta per meter persegi. Sementara bila dihitung dari angka tersebut, maka untuk biaya jasa arsitek rumah 10x15 adalah Rp15 juta hingga Rp60 jutaan. Selain itu, ada pula yang menerapkan biaya dengan sistem 7% dari nilai proyek.

Dalam membangun rumah, gunakan material terbaik dan konstruksi yang kokoh agar rumah senantiasa melindungi Anda dan keluarga dalam segala cuaca. Jika tengah mencari sewa scaffolding Jakarta Selatan, di sini tempatnya! Itulah biaya pembangunan rumah ukuran 10x15 yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat!

Recent Articles