indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Bagaimana Cara Memasang Besi Gorden dengan Tepat?

Tahukah Anda, ternyata cara memasang besi gorden sangatlah mudah dan cepat. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri tanpa perlu memanggil bantuan tukang.

Jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk memasang gorden pada beberapa sisi atau jendela di rumah untuk menutup ruangan yang terpapar terlalu banyak sinar matahari, maka di dalam artikel ini, akan ada informasi penting seputar cara memasang besi gorden dengan mudah.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membeli besi gorden beserta kain gorden yang baru. Pastikan besi gorden yang Anda pilih sudah sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Setelah Anda mendapatkan besi gorden dan juga kain gorden yang dibutuhkan, maka silakan ikuti panduan untuk memasang besi gorden dengan tepat di bawah ini.

Bagaimana Cara Memasang Besi Gorden?

Berikut ini, Anda dapat mengikuti 5 cara memasang besi gorden dengan benar dan mudah, yaitu:

1. Lakukan Pengukuran

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam memasang besi gorden adalah melakukan pengukuran terlebih dahulu. Ukur panjang besi gorden yang telah Anda siapkan dan samakan dengan panjang tembok tempat besi gorden akan dipasang.

Saat melakukan pengukuran, Anda perlu menandai lokasi bracket atau tempat untuk memasang sekrup besi gorden. Pastikan masing-masing titik sudah ditandai dengan tepat sesuai dengan ukuran besi gorden Anda.

2. Membuat Lubang

Setelah semua lokasi bracket telah ditandai, sekarang Anda dapat mulai melubangi titik tersebut dengan menggunakan bor. Pastikan lubang yang Anda buat sesuai dengan lokasi bracket dan juga kedalamannya pas, tidak terlalu dalam ataupun tidak terlalu luar.

3. Pasang Besi Gorden

Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu memasang besi gorden. Ketika Anda akan memasang sekrup, pastikan jangkar sekrup yang digunakan terbuat dari plastik. Namun, apabila tidak ingin menggunakan jangkar sekrup, Anda dapat menggunakan sekrup bawaan dari produsen yang menjual besi gorden tersebut.

Baca juga: Cara Memasang Pagar Besi dengan Aman agar Tetap Awet

4. Periksa Hasil Pemasangan Besi Gorden

Sebelum sampai pada langkah terakhir, Anda perlu memeriksa hasil pemasangan besi gorden. Cek kembali apakah besi gorden telah terpasang dengan betul dan seimbang serta pastikan hasil pemasangan sekrup telah terpasang dengan kuat.

Untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang tepat, Anda dapat menggunakan mistar tukang kayu untuk mengetahui dengan pasti apakah besi gorden yang terpasang sudah seimbang atau belum. Jika besi gorden dipastikan sudah seimbang, maka Anda sudah dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.

5. Memasang Gorden

Setelah seluruh proses di atas terlewati dengan baik, maka Anda sudah dapat memasang kain gorden sebagai langkah terakhir. Untuk memasang kain gorden, Anda harus memasang cincin yang dapat menghubungkan kain gorden dengan besinya terlebih dahulu.

Pada bagian ujung gorden di atas, Anda dapat melihat bagian tekstur kain yang lebih tebal dan di sanalah cincin perlu dipasang pada setiap bagian yang tebal tersebut. Kemudian, masukkan cincin gorden ke dalam besinya atau batang gorden secara satu persatu hingga kain gorden terpasang dengan sempurna.

Apa Saja Tips Memilih Gorden Untuk Rumah?

Pemilihan gorden mungkin terdengar sepele. Tetapi, pemilihan gorden, baik jenis gorden atau warnanya, yang baik akan membuat suasana di rumah Anda semakin berwarna. Berikut adalah beberapa tips memilih gorden untuk rumah Anda.

1. Memilih Warna Yang Tepat

Serupa seperti elemen pada rumah lainnya, warna adalah salah satu bagian terpenting pada gorden yang harus Anda perhatikan. Salah satu pilihan yang aman adalah dengan memilih warna netral.

Dengan warna netral, Anda dapat membuat kesan lebih luas pada sebuah ruangan. Selain itu, dengan warna netral, Anda akan semakin mudah memadukan furnitur lainnya dengan gorden yang dipasang pada sebuah ruangan.

2. Perhatikan Jenis Kain

Mungkin tidak banyak orang yang memperhatikan bagian ini. Tetapi, ada baiknya Anda memperhatikan jenis kain pada gorden di rumah Anda karena jenis kain akan menentukan keawetan gorden rumah Anda.

Untuk rumah minimalis, Anda ingin menghindari memasang gorden yang memiliki kain yang terlihat berat. Selain membutuhkan batang rel yang lebih kuat, kain gorden yang tebal akan membuat gorden terasa penuh.

Pilihlah gorden dengan jenis kain linen, beludru, atau sutra untuk mendapatkan tampilan yang lebih bersih.

3. Tentukan Jenis Gorden

Setelah berhasil menemukan jenis kain gorden, sekarang saatnya Anda menentukan jenis gorden untuk rumah Anda.

Jika Anda mencari kesan minimalis, maka Anda sangat disarankan untuk menghindari jenis gorden yang memiliki banyak rumbai atau hiasan.

4. Pilih Motif Gorden

Terakhir, Anda harus menentukan motif gorden yang akan gunakan. Anda bisa menemukan berbagai jenis motif mulai dari yang 'ramai' seperti motif bunga hingga motif yang sangat simpel seperti motif garis-garis.

Pastikan motif yang Anda pilih sesuai dengan suasana ruangan yang ingin Anda bangun.

Jadi, itulah informasi seputar cara memasang besi gorden dengan tepat yang dapat kami berikan untuk Anda. Kelima cara memasang besi gorden di atas sangatlah mudah, bukan?

Bagi Anda yang ingin memasang besi gorden pada area yang tinggi dan tangga biasa tidak dapat mencapai area tersebut, Indosteger memiliki jasa sewa scaffolding yang dapat digunakan sesuai dengan keperluan. Jika Anda membutuhkan scaffolding tersebut, silakan hubungi sekarang juga untuk melakukan pemesanan atau informasi lebih lanjut.

Baca juga: 5 Cara Pasang Baja Ringan yang Bisa Dilakukan Sendiri

Recent Articles