indosteger@gmail.com   +62218294428

News

8 Cara Membersihkan Karat Pada Besi di Rumah

Siapa sih yang tidak ingin membersihkan karat pada perabotan besi di rumah? Noda karat di besi memang sulit dihindari, apalagi jika kamu tidak melakukan perawatan dengan baik. Ditambah jika kondisi udara sangat lembab seperti saat musim hujan. Namun tenang saja, karena cara membersihkan karat pada besi sebenarnya mudah dan bahan-bahan yang digunakan pun bisa kita temui dalam keseharian kita.

Bagaimana Cara Menghilangkan Karat Besi?

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara-cara untuk membersihkan karat pada besi dengan mudah menggunakan barang rumahan. Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.
 

1. Menggunakan garam, bubuk baking soda, dan air perasan jeruk

Untuk membersihkan karat pada besi dengan bahan ini caranya kamu cukup mencampurkan setengah sendok garam, setengah sendok bubuk soda kue, serta air perasan jeruk. Diamkan campuran tersebut selama kurang lebih dua jam.

Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke karat pada besi yang ingin kamu hilangkan. Setelah beberapa saat, karat pada besi akan mulai memudar hingga akhirnya menghilang. Setelah dirasa cukup, bersihkan besinya dengan kain kering. Cara ini cukup ampuh dan juga tidak akan merusak benda yang terbuat dari besi tersebut.
 

2. Menggunakan cuka

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka yang biasa kita punya di dapur. Cuka adalah salah satu bahan rumahan yang serbaguna. Kamu dapat menggunakan cuka untuk berbagai keperluan mulai dari mengatasi pipa yang tersumbat hingga membersihkan karat.

Untuk membersihkan karat pada besi menggunakan cuka, kamu cukup menuangkan cuka biasa pada benda yang berkarat dan diamkan selama kurang lebih 24 jam. Setelah itu, kamu cukup menggosok bagian karatnya dengan sikat atau spons.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Gunakan lah cuka putih yang bisa bekerja lebih cepat dalam membersihkan karat. Gunakan juga sikat atau spons yang berbahan dasar aluminium foil untuk menggosoknya agar lebih efektif dan cepat sebagai cara menghilangkan karat besi.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Besi Pada Air Sumur Bor

3. Menggunakan amplas

Walaupun biasanya digunakan untuk melakukan finishing agar permukaan sebuah benda bisa rata, amplas juga bisa digunakan untuk membersihkan karat pada besi.

Kamu cukup menggosokkan amplas ke area besi yang berkarat. Gosokkan terus menerus hingga karatnya menghilang. Namun perlu diingat, jangan menggosokkan amplasnya terlalu keras agar tidak merusak benda tersebut.

4. Menggunakan solar

Solar memang biasanya digunakan sebagai bahan bakar mesin, namun solar juga cukup ampuh lho jika digunakan untuk membersihkan karat pada besi. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu merendam bagian yang berkarat di besi ke dalam wadah yang sudah diisi oleh solar.

Diamkan rendaman selama kurang lebih 8 - 12 jam, lalu lihat reaksi yang sudah terjadi. Jika dirasa sudah cukup, angkat benda tersebut dari rendaman lalu bersihkan dengan lap/kain kering. 

5. Menggunakan kentang dan sabun cuci piring

Untuk membersihkan karat dari besi juga bisa menggunakan kentang dan sabun cuci piring lho. Tidak terpikirkan sebelumnya bukan?

Caranya juga mudah, cukup potong kentang dalam beberapa bagian lalu blender hingga halus. Setelah itu kamu perlu mencampurkannya dengan sabun cuci piring. Aduk campurannya hingga merata lalu oleskan pada bagian yang berkarat di benda tersebut. Diamkan selama beberapa saat agar campurannya meresap.

Setelah itu, kamu cukup menggosok bagian yang telah diolesi dengan sikat atau spons yang berbahan dasar aluminium foil. Jika sudah selesai, gunakan lap/kain kering untuk membersihkan benda tersebut.

6. Menggunakan soda

Membersihkan karat pada besi juga bisa menggunakan soda yang ada di minuman bersoda lho. Serupa dengan cuka, soda merupakan salah satu bahan rumahan yang memiliki banyak fungsi. Kamu bisa menggunakan soda untuk mengatasi WC mampet hingga membersihkan karat pada besi.

Kamu hanya perlu merendam bagian yang berkarat pada benda tersebut ke dalam wadah yang berisikan minuman bersoda tersebut. Diamkan hingga karatnya memudar hingga menghilang.

Setelah itu, gunakan lap/kain basah untuk membersihkannya agar tidak lengket dan gunakan lap/kain kering untuk mengeringkannya.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Cat Pada Besi dengan Mudah

7. Menggunakan Bubuk Asam Sitrat Dengan Air Hangat

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan bubuk asam sitrat yang bisa kamu beli di toko kue. Selanjutnya kamu hanya perlu merendam benda berkarat ke dalam wadah yang sudah dipenuhi oleh campuran air hangat dan asam sitrat.

Setelah beberapa saat, karat yang ada akan melunak dengan sendirinya. Setelah itu kamu hanya perlu membersihkan dan menghilangkan sisa-sisa karat dari benda tersebut dengan sikat atau spons.

8. Oli Bekas

Beberapa dari Anda mungkin tidak menyangka kalau oli bekas dapat Anda gunakan untuk menghilangkan karat pada besi. Faktanya, oli bekas sangat ampuh untuk membersihkan karat pada besi dengan cepat.

Anda cukup mengoleskan oli bekas pada permukaan besi berkarat. Setelah itu, simpan benda pada tempat yang panas. Biarkan oli bekerja untuk menghilangkan karat pada besi dengan sendirinya.

Itulah dia cara membersihkan karat pada besi yang dapat Anda jadikan panduan. Menghilangkan karat pada besi bisa Anda lakukan dengan mudah dengan menggunakan bahan-bahan rumahan. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir ketika mendapati barang di rumah Anda berkarat karena Anda kini dapat mengatasinya dengan cepat.

Jika kamu membutuhkan besi kotak untuk berbagai keperluan, kamu bisa membelinya di Indosteger. Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa mengunjungi website resmi kami. Semoga artikel tentang cara membersihkan karat pada besini ini dapat membantu.

Baca Juga: Cara Mencegah Korosi Pada Besi

 

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya