indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Memasang Fisher Tanpa Bor dengan Tepat

Saat Anda perlu menggantungkan barang berat ataupun ringan, Anda harus mengetahui  cara memasang fisher tanpa bor. Untuk menggantungkan barang yang ringan seperti pigura, mungkin Anda hanya memerlukan paku beton saja. Namun, jika Anda perlu menggantungkan barang yang lebih berat seperti TV, maka Anda membutuhkan alat yang disebut fisher. 

Cara kerja dari fisher ini mirip seperti jangkar, sehingga fisher juga sering disebut angkur dinding atau anchor wall. Jangkar yang terbentuk dari fisher ini akan mencengkram bagian dalam dinding setelah sekrup berhasil dimasukkan. Setelahnya, fisher akan membuat sekrup menjadi lebih stabil dan tidak goyang.
 

Cara Memasang Fisher Tanpa Bor

Fisher sendiri terdiri dari berbagai jenis. Setiap fisher memiliki bentuk yang beragam dengan fungsi dan cara kerja yang berbeda pula. Berikut beberapa jenis fisher yang bisa ditemukan di pasaran:
 

1. Fisher Bolt II

Tipe fisher ini bisa menopang beban 40% lebih berat dari fisher tipe lainnya. Fisher ini pun memiliki beragam ukuran, mulai dari M6 hingga M20.
 

2. Fisher RM

Fisher jenis ini bisa dipakai di beton dan dapat menahan beban yang cukup tinggi. Fisher RM umumnya dipakai untuk rel tangan, elemen jendela, pagar, rak tinggi, dan lainnya.

Baca juga: 5 Cara Memasang Besi Gorden dengan Benar dan Rapih
 

3. Fisher Zykon

Bentuk penguncian pada tipe fisher ini dianggap dapat memberikan keamanan yang lebih baik dari tipe fisher yang lain. Oleh karena itu, Anda bisa menemukan penggunaan fisher ini pada konstruksi baja, hanging struktur baja, pintu, fasad, pagar, tangga, dan sebagainya.
 

4. Fisher FH

Fungsi dari fisher ini sangat mirip dengan fisher zykon. Keduanya sama-sama memiliki mekanisme penguncian yang khas. Maka dari itu, fisher FH juga sering digunakan di konstruksi baja, pagar, tangga, dan lainnya.

Untuk memasang fisher di dinding rumah Anda, terdapat berbagai cara. Namun, sebelum Anda memasang fisher, akan lebih presisi jika Anda mengukur berat barang yang akan digantung terlebih dahulu. Pada umumnya, satu buah fisher dapat menopang beban mulai dari 5 kg hingga 15 kg.
 
Setelah beban sudah diukur, selanjutnya Anda tinggal memilih ukuran fisher yang sesuai dengan beban yang akan ditopang. Ukuran fisher biasanya ditandai dengan huruf S, kemudian diikuti dengan angka yang menunjukkan diameter lubang yang harus dibuat. Ukuran fisher ini berhubungan erat dengan mata bor yang harus digunakan saat memasang fisher tersebut. Namun, jika Anda tidak memiliki bor untuk memasang fisher, masih ada cara memasang fisher tanpa bor.

Cara memasang fisher tanpa bor yang adalah dengan menggunakan obeng. Pertama, tentukan lokasi barang yang akan dipasang. Jika sudah, tandai bagian dinding yang akan dipasang fisher. Anda bisa menandai dinding dengan menggunakan spidol atau pensil. Jangan lupa untuk menentukan jarak yang sesuai antara fisher jika barang yang akan digantung memerlukan lebih dari satu fisher.

Cara memasang fisher tanpa bor selanjutnya adalah menggunakan paku beton yang ukurannya sama atau mendekati fisher yang akan digunakan untuk membuat lubang kecil di bagian yang sudah ditandai. Lubang kecil ini akan menahan ujung fisher yang akan dimasukkan. Setelah itu, ambil obeng dan putar fisher searah jarum jam. Pastikan Anda memberikan tekanan yang cukup agar fisher benar-benar masuk ke dalam lubang. Jika perlu, Anda bisa memakai palu untuk memastikan fisher Anda sudah masuk semua badannya ke dalam dinding.

Selain pemasangan di dinding, fisher juga bisa dipakai untuk menyambungkan material. Biasanya material yang disambungkan akan digunakan untuk keperluan lain seperti membangun pagar, rangka kanopi, atau pegangan tangga. Hal-hal seperti pagar atau pegangan tangga ini biasanya terbuat dari besi hollow.

Besi hollow yang dibutuhkan untuk pembangunan seperti ini sekarang sudah mudah ditemukan. Sudah banyak penjual yang menyediakan besi hollow dengan harga yang kompetitif. Namun, dari sekian banyak penyedia besi hollow, Indosteger menjadi agen dan distributor yang paling tepercaya.

Indosteger menyediakan berbagai macam alat yang biasa dipakai untuk konstruksi bangunan dan juga menawarkan sewa scaffolding dengan harga yang bersahabat. Salah satu produk yang ditawarkan adalah besi hollow. Harga besi hollow yang ditawarkan oleh Indosteger tentunya cocok dengan kantong Anda. Nah, setelah mempelajari cara memasang fisher tanpa bor, kunjungi laman Indosteger untuk berbagai keperluan konstruksi Anda!

Baca juga: Cara Membuat Rak Dinding Cantik

Recent Articles