indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Membuat Tenda dengan Pipa PVC di Saat Darurat

Dalam menggelar acara di ruangan terbuka atau outdoor ada beberapa hal yang penting untuk disiapkan. Salah satunya adalah tenda. Sebenarnya, Anda bisa membuat tenda dengan pipa PVC di rumah. Caranya pun cukup mudah dan dapat digunakan dalam berbagai acara. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan./p>

Persiapkan Materialnya Terlebih Dahulu

Sebagai langkah awal dalam membuat tenda dengan pipa PVC adalah dengan mempersiapkan segala materialnya. Adapun material utamanya adalah pipa PVC dengan diameter 1 ½ inci sebanyak 10 batang. Lalu, siapkan elbownya sebanyak 1 ½ inci sekitar 90 derajat sebanyak 8 buah. Tee 1 ½ inci 16 buah dan lem pipa PVC 2 tube dan gergaji tangan. Kemudian, sediakan pula roll meter dan spidol.

Langkah Pembuatan

Membuat tenda dengan pipa PVC ini dapat dilakukan dengan ukuran 3 x 3 meter dan tinggi 2 meter berbentuk segi empat. Proses dan langkah tersebut sebenarnya mudah dilakukan. Berikut beberapa di antaranya yang perlu diperhatikan agar tenda tersebut menjadi semakin baik dan tidak mudah rusak.

  • Pengukuran dan Pemotongan

Untuk pengukurannya, Anda bisa menggunakan meteran dan spidol yang digunakan untuk penandaan pipa PVC. Lalu, setelah itu bisa dilakukan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Potonglah pipa PVC menjadi ½ meteran kurang lebih 16 buah

  2. Pipa PVC 8 batang yang masing-masingnya dipotong pada bagian tengah dan menjadi 16 buah.

  3. 16 buah pipa PVC dengan panjang ½ meter tersebut digunakan untuk sudut atau pojokan pada ruang segi empat yakni atas dan bawah.

  4. Kemudian, pipa PVC 2 meter 8 buah yang digunakan untuk tiang atau palang horizontalnya yang berbentuk segi empat pada bagian atas dan bawah.

  5. Untuk tiangnya, sediakan pipa PVC sepanjang 2 meter berjumlah 8 buah.

  • Siapkan Kerangkanya

Dalam membuat kerangkanya, Anda dapat menggunakan pipa PVC berukuran panjang sekitar ½ meter sebanyak 2 buah lalu sambung dengan menggunakan elbow menjadi seperti bentuk ‘L’.  lakukan hal tersebut hingga 8 set letter ‘L’ untuk penggunaan 4 set pada bagian pojok atas, dan 4 lainnya untuk bagian bawahnya.

Untuk membuat palang horizontalnya, Anda bisa menggunakan pipa PVC sepanjang 2 meter dan pasang tee di kedua ujungnya. Lakukanlah hal sama sampai terkumpul kurang lebih 8 set untuk pemasangannya.

  • Lakukan Perangkaan

Setelah rangka disiapkan, maka proses dan cara membuat tenda dari pipa PVC adalah merangkainya. Untuk itu Anda bisa menempatkan 4 set sambungan pipa ‘L’ tersebut di posisi yang cukup berjauhan. Lalu, hubungkanlah semuanya dan sambungkan 4 buah palang secara horizontal. Dari situ, kemudian terbentuk rangkaian berupa segi empat dengan ukuran dimensinya yakni 3 x 3 meter.

Anda dapat melakukan hal yang sama di bagian pipa lainnya. Dengan begitu, sudah terbentuk 2 buah set rangkaian persegi empat. Untuk rangkaian kedua tersebut digunakan sebagai atapnya, maka dari itulah Anda harus memastikan jika semua Tee-nya menghadap ke bawah dengan baik.

  • Proses Building

Langkah berikutnya adalah proses building tenda dari pipa PVC. Untuk hal ini Anda dapat menggunakan 4 buah pipa PVC panjang dengan ukuran 4 meter sebagai tiangnya. Tancapkanlah pada 4 buah tee yang ada di rangkaian kakinya. Ketika mengangkat rangkaian ini, diperlukan sekitar empat dalam memasang rangkaiannya seperti pada bagian segi empat dan pasangkanlah tee sebanyak 4 buah tadi ke empat ujung tiang.

Pada saat proses ini jangan lupa menggunakan lem untuk pipa PVC khusus agar semakin kuat dan tidak lepas. Untuk itu, Anda harus memilih lem dengan kualitas terbaik dan cepat kering. Tunggulah selama beberapa saat sampai berdiri dengan sempurna.

Agar tenda dari pipa PVC ini semakin terlihat menarik, Anda dapat menambahkan berbagai ornamen lainnya. Misalnya seperti hiasan tanaman dan bunga. Atau menambahkan tirai pada bagian sisinya.

Mudah bukan cara membuat tenda dari pipa PVC tersebut? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk berbagai keperluan Anda di rumah!

 

You May Also Like