indosteger@gmail.com   +62218294428

News

6 Kreasi dari Pipa Paralon Untuk Menghias Rumah

Pipa paralon atau PVC adalah salah satu jenis pipa yang banyak digunakan oleh orang. Tetapi, banyak orang yang masih belum tahu bahwa pipa paralon dapat dikreasikan menjadi aneka furniture untuk menghias rumah Anda. Selain dapat membantu menjaga lingkungan, kreasi dari pipa paralon juga dapat membantu Anda mendapatkan furniture idaman di rumah Anda.

Dengan situasi global sekarang dimana semua orang menjadi semakin sering dirumah, pastinya Anda ingin membuat rumah Anda secantik mungkin agar Anda dapat menikmati hari-hari dengan nyaman. Alangkah baiknya jika kita bisa menggunakan barang-barang yang ada untuk didaur ulang kembali menjadi sesuatu yang unik, selain baik untuk lingkungan pasti juga biaya yang dikeluarkan lebih murah dibandingkan membeli sesuatu yang baru.

Apakah Anda memiliki pipa paralon atau pvc yang menganggur di rumah? Tahukah anda bahwa ada begitu banyak kreasi pipa paralon PVC yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan atau dekorasi rumah? Tidak hanya dapat digunakan sebagai saluran air atau penutup listrik saja, namun pipa PVC ini bisa dikreasikan kembali menjadi berbagai macam barang fungsional yang juga dapat membuat rumah anda semakin nyaman.

Bahan pipa paralon sangat bagus untuk berbagai kerajinan tangan karena tahan lama, ringan, dan juga harganya yang sangat ekonomis. Pipa paralon juga sangat mudah untuk dipotong, direkat, dan dikreasikan sesuka Anda. Salah satu kreasi pipa paralon PVC yang sempat menjadi viral adalah kreasi lampu hias dari pria asal Desa Kenep, Taufiq Suwandi. Ia iseng mulai melukis diatas pipa paralon dengan berbagai motif dari kupu-kupu, burung, bunga, sampai kaligrafi.

Setelah dilukis, ia melubangi paralon tersebut dan memasang bola lampu di tengah paralon. Alhasil terciptalah berbagai macam lampu hias yang akhirnya diminati oleh banyak orang. Tidak tanya lampu hias saja, berikut beberapa kerajinan dari pipa paralon PVC yang bisa Anda kreasikan untuk menghias rumah anda.

Ide Kerajinan dari Pipa Paralon (PVC)

1. Penyimpanan Alat Makan

Anda bisa menggunakan pipa paralon untuk tempat penyimpanan garpu, sendok, dan pisau di dapur anda. Pilih diameter pipa yang diinginkan dan potong sesuai dengan tinggi yang diinginkan. Praktis dan dapat membuat dapur Anda lebih rapi.

2. Penyimpanan Sepatu

Punya banyak sepatu dan kekurangan rak untuk menyimpan? Pipa paralon atau PVC bisa menjadi salah satu solusinya. Pilih pipa PVC dan sambungan pipa paralon dengan diameter sesuai dengan ukuran sepatu yang diinginkan. Selain membuat koleksi sepatu anda lebih rapih dan tertata, menggunakan pipa paralon sebagai penyimpanan sepatu relatif lebih murah dibanding membeli rak sepatu yang sudah jadi.

3. Jemuran Baju

Daripada membeli jemuran baju sejuta umat, kreasikan pipa paralon untuk membuat jemuran baju versi Anda sendiri. Anda bisa menggunakan pipa bekas atau baru dan menyusunkan pipa tersebut sesuai kebutuhan Anda. Untuk membuatnya unik, cat pipa dengan warna kesukaan Anda atau bahkan menggambarkan berbagai macam motif. Sangat simpel dan sungguh berguna.

4. Penyimpanan Alat Tulis

Anda mempunyai ruang kerja dirumah yang penuh dengan alat tulis yang berserakan? Pipa paralon dapat digunakan untuk merapikan berbagai alat tulis di meja kerja Anda, mulai dari pulpen, spidol, kuas, atau apapun yang anda butuhkan. Tempat penyimpanan tersebut bisa Anda letakkan di atas meja atau bisa juga Anda gantung di tembok ruangan. Selain untuk menyimpan alat tulis, pipa PVC juga dapat digunakan untuk menyimpan berbagai alat make up seperti kuas rias.

5. Tempat Pengering Rambut

Bagi yang rajin memakai pengering rambut, pasti sering merasa terganggu dengan harus menggulung kembali kabel pengering rambut sebelum menyimpannya kembali di laci. Bila anda ingin menaruh pengering rambut ditempat yang gampang terjangkau, seperti di dekat wastafel kamar mandi, Anda bisa menggunakan pipa PVC sebagai tempat penyimpanan tersebut. Anda hanya perlu memotong pipa sesuai dengan ukuran pengering rambut dan menambahkan pemberat di bagian bawah pipa agar stabil dan tidak mudah jatuh. Silahkan mengecat pipa paralon agar sesuai dengan warna keseluruhan ruangan Anda.

6. Lampu Tidur

Kerajinan dari pipa paralon ini dapat Anda buat bersama buah hati Anda sebagai bentuk mengasah kreativitas mereka. Lampu tidur hasil kreasi dari pipa paralon ini juga memiliki tampilan yang sangat cantik dan menarik.

Baca Juga: Cara Membuat Lampu Hias dari Paralon

Untuk membuatnya, Anda membutuhkan beberapa peralatan antara lain:

  • Amplas
  • Pisau atau Cutter
  • Karbon
  • Pensil Gambar
  • Bor Ukir

Lalu, untuk bahannya sendiri, Anda membutuhkan:

  • Karet
  • Pernis Bening
  • Colokan Listrik
  • Stop Kontak
  • Kabel
  • Dudukan Lampu
  • Pipa Paralon

Untuk membuatnya, Anda bisa mengikut langkah-langkah berikut ini:

  1. Gambar pola dengan ukuran 35 hingga 40 cm.
  2. Taruh karbon pada permukaan paralon dan letakkan gambar pola di atas karbon. Rekatkan gamabr dengan karbon menggunakan karet. Mulai gambar dengan menggunakan pensil pada permukaan paralon dengan mengikuti gambar pola yang ada.
  3. Mulailah ukir dari bagian yang terlihat mudah. Gunakan mata bor dari bor ukir agar tidak keluar dari garis yang telah digambar.
  4. Gunakan amplas untuk memperhalus permukaan yang masih kasar.
  5. Letakkan paralon yang telah diukir di atas dudukan. Lubangi dudukan sebesar diameter paralon. Beri cantolan pada bagian bawah mengikuti lubang pada dudukan.
  6. Pasang stop kontak di bagian tengah kabel dan colokan listrik pada bagian ujung kabel. Lubangi bagian kabel untuk memasukkannya.
  7. Gunakan sikat dan sabun untuk membersihkan paralon lalu keringkan. Setelah kering, semprotkan pernis bening lalu biarkan kering lagi.

Enam barang diatas hanyalah segelintir kreasi yang bisa Anda diterapkan di rumah. Masih banyak lagi kreasi pipa paralon PVC untuk membuat rumah Anda semakin nyaman. Ingat, lain kali jika Anda ingin membeli tempat penyimpanan atau dekorasi untuk dirumah, coba pikirkan apakah Anda bisa menggunakan pipa paralon PVC saja dibanding membeli barang yang baru? Sudah pasti akan lebih hemat dan hasil jadinya akan lebih unik! Nah, ada tambahan unik dari Indosteger yang bisa kamu kulik nih cara membuat air mancur dari paralon, silahkan disimak yah!

Recent Articles