indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Cara Praktis Menyambung Baja Ringan

Baja ringan saat ini menjadi pilihan yang populer untuk dijadikan material dalam pembangunan rumah. Bahan konstruksi ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Tidak hanya dijadikan untuk rangka dari atap rumah, di sisi lain juga bisa digunakan untuk menjadi pagar.

Kemudian, baja ringan yang tersedia dalam berbagai varian pun memiliki harga yang cukup  murah membuatnya semakin dimintai masyarakat. Terlebih, sebagai sebuah produk pabrik, baja ringan telah memiliki stAndarisasi ukuran dan bentuknya sendiri

Namun, untuk pemasangan komponen rumah yang bermaterial baja ringan, Anda harus memastikan bahwa besi ringan tersebut dipotong dan disambungkan secara baik dan sesuai dengan standar agar mendapatkan hasil yang diinginkan dan juga kokoh. Berikut ini adalah cara praktis menyambung baja ringan yang perlu Anda perhatikan.

Persiapkan Alat dan Bahan

Untuk menyambung baja ringan, tentu diperlukan alat-alat dan bahan. Sebelum menyambungkan baja ringan, pastikan alat dan bahan ini sudah dipersiakan dengan baik dan sesuai kebutuhan. Untuk alatnya sendiri, setiap balok baja ringan yang ingin disambungkan akan membutuhkan drilling screw atau sekrup yang memiliki bentuk ujung seperti mata bor.

Selain itu, tentu saja persiapkan bahannya atau balok baja ringan yang telah dipotong sesuai ukuran. Anda bisa meletakkan potongan-potongan baja ringan tersebut pada ruang terbuka yang luas agar memudahkan proses merangkainya nanti.

Pasang Sesuai Tempatnya

Jika bahan dan alat sudah siap, Anda bisa mulai memasang balok-balok baja ringan tersebut sesuai dengan tempatnya. Apabila titik-titik pemasangan dinilai sudah tepat, Anda bisa menyambungkannya satu sama lain dengan menggunakan sekrup bermata tajam.

Dalam pemasangan balok-balok baja ringan pada sambungan, Anda bisa memberikan tiga buah sekrup dalam satu sambungan. Hal ini dimaksudkan untuk membuat sambungan berada dalam kondisi yang lebih kuat dibandingkan hanya dengan memberikan dua sekrup. Akibatnya, jika ada satu sekrup yang kemungkinan lepas, masih ada sekrup lainnya yang menopang beban sambungan apabila tiga sekrup dipasangkan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Pasang Baja Ringan yang Tepat? Semua Dibahas Di Sini

Sambungkan dengan Dynabolt

Setelah balok-balok baja ringan tersambung dengan baik, Anda bisa menyambungkannya dengan tumpuan konstruksi baja ringan (kuda-kuda) dengan dynabolt. Anda bisa menyambungkannya dengan cara  memasukkan dynabolt ke dalam beton yang sebelumnya sudah Anda bor dengan ukuran yang sesuai dengan dynabolt yang akan dipakai.

Kencangkan Baut

Jika dynabolt telah terpasang pada tempatnya dengan baik, Anda bisa mengencangkan kembali baut-baut yang ada padanya. Mengencangkan baut pada dynabolt akan membuat batang dynabolt itu sendiri akan tertarik dan bagian sayapnya akan mencengekram beton dengan kuat.

Baca Juga : 5 Faktor Penting dalam Perencanaan Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan

Pasang Bracket pada Sambungan

Jika Anda tidak dapat langsung menyambungkan balok baja ringan ke tembok, Anda bisa menggunakan cara lain yaitu dengan memasangkan bracket yang disambungkan pada kuda-kuda terlebih dahulu. Setelahnya, Anda bisa memasangkannya ke tembok. Lalu baut-baut pada balok baja ringan bisa Anda kencangkan untuk menarik bagian yang akan ditempelkan ke tembok.

 

Demikian ulasan mengenai lima cara praktis menyambung baja ringan yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah Anda. Cukup mudah untuk dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

You May Also Like