indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ikuti Cara Menghilangkan Bau Besi pada Air Sumur Bor yang Mudah Ini

Bagaimana cara menghilangkan bau besi pada air sumur bor yang sangat mengganggu? Pertanyaan ini sering terlintas di benak warga yang masih menggunakan sumur bor sebagai sumber utama airnya. Meski airnya jernih, bau besi yang tercium tetap menimbulkan rasa tidak nyaman saat digunakan.

Sumur bor yang tersedia di suatu daerah dimanfaatkan untuk menyuplai air rumah di sekitarnya. Artinya, sumur bor digunakan untuk kepentingan bersama. Kebersihan dan kualitas air harus dijaga agar warga bisa menggunakan sumur bor dengan nyaman. Berikut adalah beberapa cara mengatasi air sumur yang masih tercium bau besi yang bisa Anda jadikan panduan.

Kenapa Sumur Bor Airnya Bau Besi?

Sebelum mengetahui cara menghilangkan bau besi pada air sumur bor, Anda mungkin bertanya-tanya, "Darimana datangnya bau besi pada air sumur?"

Bau pada air sumur datang dari kandungan air sumur itu sendiri. Air sumur memiliki kandungan zat besi (Fe) dan mangan (Mg). Kandungan kedua zat tersebut yang berlebihan dapat membuat bau besi muncul pada bau air disertai dengan warna air yang keruh.

Kandungan dua unsur yang berlebihan tersebut menimbulkan karat pada pipa dan sambungannya. Bagian pipa yang berkarat akan tersumbat, sehingga tekanan air yang keluar dari keran pun berkurang.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Besi pada Air Sumur Bor?

Meski kualitasnya masih terjamin, air sumur bau besi ini tidak boleh digunakan. Air yang keruh meninggalkan noda kuning pada area yang digunakan, seperti dapur dan kamar mandi. Masalahnya juga berpengaruh pada kesehatan, terbukti dari timbulnya berbagai penyakit kulit dan diare.

Membaca uraian di atas, Anda harus menjernihkan air sumur Anda terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya. Ikuti tips rekomendasi Indosteger di bawah ini untuk menghilangkan air bau besi dan keruh agar nyaman digunakan.

1. Gunakan Filter Air Sumur

Filter air menjadi cara ampuh untuk membasmi bau besi dan warna keruh dari air sumur bor. Caranya sederhana, pasang saja filter air di pipa dekat torennya. Namun, Anda perlu melakukan perawatan secara berkala dengan mengganti filter airnya. Jika filternya tidak pernah diganti, solusi air bau karat ini malah berujung sia-sia.

Baca Juga: Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC Dengan Mudah

2. Gunakan Bak Penampungan

Langkah lainnya adalah membuat bak penampungan. Air dari sumur ditampung dahulu selama beberapa hari hingga baunya hilang. Cara ini juga efektif jika Anda menggunakan air sumur bor untuk dikonsumsi, hanya saja airnya harus direbus dahulu.

3. Gali Sumur Bor

Galian sumur bor yang kurang dalam menjadi alasan airnya bau karat dan keruh. Solusinya, perdalam galian sumur hingga mencapai kedalaman yang pas. Anda bisa meminta bantuan tukang gali yang paham kedalaman air sumur yang tepat untuk proyek ini. Mereka paham sumber air sumur yang pas dan tidak terkontaminasi dengan zat lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Sumur Bor Menggunakan Paralon

4. Gunakan Air Tawas

Air tawas atau kaporit memiliki dua manfaat: menghilangkan bau besi sekaligus menjernihkan warna air sumur bor. Anda perlu menampung airnya dahulu di bak penampungan, kemudian taburkan air tawas atau kaporit ke dalamnya. Meski lebih cepat, cara ini memiliki risiko, yakni airnya jadi kurang aman untuk dikonsumsi.

Berapa Lama Air Sumur Bor Baru Bisa Jernih?

Setelah Anda mencoba beberapa cara menghilangkan bau besi pada air sumur bor di atas, sekarang saatnya Anda menunggu agar air sumur bor Anda kembali jernih.

Pertanyaannya adalah, "Berapa lama saya harus menunggu?"

Secara umum, proses penjernihan air sumur bor memakan waktu hingga tiga hari.

Selama tiga hari tersebut, Anda sebaiknya tidak menggunakan air sumur sama sekali dan mencari sumber air alternatif. Hal ini untuk memastikan kalau Anda tidak akan terkena dampak dari air sumur yang terkontaminasi.

Anda tidak perlu khawatir efek samping yang ditimbulkan dari air keruh dan bau besi setelah melakukan empat cara di atas. Apabila Anda berencana membangun sumur bor, gunakan saja besi hollow dari Indosteger yang kualitasnya aman dan terjamin. Dapatkan harga besi hollow galvanis 4x8 yang terjangkau hanya di Indosteger, supplier besi hollow terbesar di Indonesia. Hubungi kami untuk informasi lebih lengkap tentang produk besi kami.

Air sumur bor yang bau besi dan keruh tidak hanya mengurangi kenyamanan, tapi juga mengganggu kesehatan Anda. Lakukan saja cara menghilangkan bau besi pada air sumur bor di atas untuk mengantisipasinya.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya