indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Menghilangkan Cat Pada Besi yang Mudah

Cara menghilangkan cat pada besi tidak sulit dilakukan. Cat besi merupakan cat yang khusus digunakan untuk melapisi benda dengan material besi. Pelapisan benda material besi ditujukan agar benda tersebut tidak mengalami proses korosi atau berkarat. Namun lapisan cat pada besi juga tidak bertahan selamanya, Anda masih perlu melapisi besi dalam jangka periode tertentu. 

Oleh karena itu, saat tiba waktunya cat tersebut mulai mengelupas, Anda bisa membersihkan cat yang mengelupas dan melakukan pelapisan ulang. Melakukan pembersihan cat terlebih dahulu sebelum Anda melapisinya dengan cat yang baru penting dilakukan, agar besi dapat terlindung dari proses korosi dengan sempurna. Ada alat dan bahan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan cat, simak selengkapnya di bawah ini. 

7 Cara Ampuh Hilangkan Cat Pada Besi Yang Bisa Anda Coba

Saat Anda ingin membersihkan besi dari cat, pastikan untuk memakai sarung tangan, masker dan kacamata untuk melindungi Anda dari reaksi kimia yang terjadi pada saat proses pembersihan. Kalau begitu langsung saja kita bahas cara menghilangkan cat pada besi. 

1. Alat Pengikis Cat Pull Scrapers

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan alat pengikis cat. Anda hanya perlu mengikis cat dengan perlahan pada bagian cat yang ingin Anda hilangkan. Meskipun terdengar mudah, mengikis cat sulit dilakukan karena jika sembarangan akan membuat goresan permanen pada besi. 

2. Amplas

Mengikis cat dengan amplas sebenarnya memberikan keamanan dalam menjaga besi Anda dari goresan berlebihan akibat alat pengikis. Namun pengerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Meskipun begitu, jika Anda terus menggosok cat yang ada pada besi, maka cat tersebut bisa terkelupas dengan baik. 

3. Mesin Sander

Jika Anda lelah menggunakan amplas, Anda sebenarnya bisa menggunakan mesin amplas atau mesin sander. Jika Anda memiliki mesin ini di rumah, Anda perlu menggunakannya agar cat bisa terkelupas dengan baik. Penggunaan mesin ini pada dasarnya hampir sama dengan amplas, hanya saja yang membedakan adalah tenaga listrik yang digunakan pada mesin sander. 

Dengan menggunakan mesin sander, cat bisa terkelupas dalam waktu yang singkat. Tentu saja mesin ini akan membantu menghemat waktu yang Anda miliki untuk melanjutkan proses pengecatan yang perlu dilakukan. 

4. Bensin

Bensin juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan cat pada besi. Anda hanya perlu menyiapkan kain atau lap kering yang sudah tidak digunakan. Kemudian tuanglah bensin ke lap tersebut. Lalu Anda dapat mulai menghilangkan cat dengan mengelap seluruh permukaan besi yang tertutup cat. Anda tidak perlu menggunakan seluruh kekuatan Anda untuk membersihkannya dengan bensin, Anda hanya perlu mendiamkan besi yang sudah dilap dengan bensin hingga cat mengelupas dengan sendirinya. 

5. Soda Api

Soda api adalah salah satu bahan rumahan yang memiliki banyak manfaat. Bahan ini umumnya digunakan untuk membersihkan saluran yang tersumbat, seperti saluran WC atau pipa paralon yang tersumbat. Tetapi, soda api juga bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk menghilangkan cat dengan efektif. Anda hanya perlu mengoleskan atau menyemprotkan soda api ke seluruh permukaan besi yang tertutupi oleh cat. Diamkan selama beberapa waktu hingga cat meleleh dengan sendirinya. 

6. Tiner

Jika Anda tidak menemukan soda api, Anda bisa membeli tiner untuk menghilangkan lapisan cat pada besi. Cara menggunakannya juga mudah. Anda hanya perlu melapisi atau mengolesi seluruh permukaan besi yang tertutup cat dengan tiner. Lalu Anda bisa mengikis cat tersebut dengan amplas atau alat pengikis untuk membersihkan cat tersebut. Kegunaan dari tiner adalah untuk membuat cat menguap, sehingga Anda lebih mudah membersihkan cat tersebut. 

7. Paint Remover

Jika semua bahan sebelumnya tidak bisa Anda temukan di toko material dekat rumah Anda, coba tanyakan apakah ada paint remover untuk menghilangkan cat pada besi. Biasanya paint remover tersedia di toko-toko material. Penggunaan paint remover juga sama dengan cairan lainnya, yakni Anda tinggal mengolesi seluruh permukaan yang tertutup cat. Lalu diamkan dalam beberapa waktu hingga cat mengelupas dengan sendirinya.

Baca Juga: Perbaharui Pagar dengan Cara Mengecat Pagar Besi Berkarat yang Benar Ini

Itulah dia 7 cara menghilangkan cat pada besi yang dapat Anda coba. Dengan cara-cara di atas, Anda bisa menghilangkan cat dengan mudah. Namun apabila Anda terlambat untuk membersihkan cat yang mulai mengelupas, sehingga besi sudah berkarat, Anda bisa membeli yang baru di Indosteger. Jika besi tersebut adalah pagar atau rangka atap rumah Anda, Anda dapat membeli besi hollow dengan mudah di Indosteger. 

Harga yang ada juga terjangkau dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda bisa langsung mengecek harga besi hollow 5x10 dan harga besi hollow ukuran lainnya di Indosteger. Semuanya mudah dilakukan, hanya dari gadget Anda. Berakhir sudah penjelasan cara menghilangkan cat pada besi, semoga Anda berhasil melakukannya.

Recent Articles