indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Inilah Cara Menghitung Biaya Cor Dak yang Bisa Anda Pelajari

Pengetahuan tentang cara menghitung biaya cor dak tidak boleh disepelekan. Biaya cor dak ini termasuk material bangunan yang akan digunakan. Penghitungan yang tepat akan menghindari penggunaan material yang mubazir atau kurang dari yang dibutuhkan. 

Jika Anda belum menguasai cara menghitungnya, jangan khawatir. Indosteger akan menjelaskan skema penghitungan biaya cor dak yang lengkap.

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Cor Dak yang Tepat?

Dak adalah jenis konstruksi yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan bangunannya. Biasanya, pembuatan atau cor dak digunakan kala membangun rumah bertingkat. Pasalnya, dak berguna sebagai panel lantai atas dan bawah.

Tidak hanya bangunan bertingkat, dak berguna pula untuk rumah minimalis. Biasanya, penggunaan dak untuk rumah minimalis diperlukan untuk menciptakan aksen kantilever. Alhasil, ada bagian bangunan yang lebih menonjol pada satu ujungnya, menciptakan kesan rumah modern.

Dak beton merupakan salah satu jenis cor dak yang sering dilakukan di berbagai bangunan. Anda harus membuat betonnya terlebih dulu dari material semen, pasir, dan kerikil. Agar lebih kokoh, dibutuhkan besi tulangan untuk membuat kerangkanya.

Meski konvensional, cara ini masih dipilih oleh banyak orang untuk membuat cor dak. Alasannya sederhana, dak beton konvensional mudah dicocokkan dengan bentuk denah rumah yang bervariasi. Mencari materialnya juga tidak sulit karena bisa didapatkan di berbagai toko bangunan.

Bagaimana cara menghitung biaya cor daknya? Lakukan beberapa langkah di bawah ini dengan tepat dan berurutan.

1. Hitung Luas dan Volume Area Pembangunan

Banyak sedikitnya jumlah material yang dibutuhkan tergantung pada luas area pembangunannya. Misalnya, Anda hendak membangun cor dak di area rumah. Panjang 16m dan lebar 10m. Jika luasnya dihitung, hasilnya 160m².

Lakukan pengukuran secara tepat dan rinci agar mendapat hasil yang sesuai. Cor dak ini lebih mudah dilakukan saat membangun rumah dari awal karena Anda sudah tahu panjang dan lebar rumah atau ruangannya.

2. Hitung Material yang Dibutuhkan

Material untuk membangun cor dak beton beragam.  Rincian di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai patokan untuk mengetahui jumlah materialnya.

  • Besi

Besi yang digunakan biasanya berdiameter 10 mm. Jarak pemasangan antar besinya 20 cm. Artinya, dibutuhkan lima besi yang dipasang dua lapis.  Secara keseluruhan, Anda membutuhkan 20 besi.

Masing-masing besinya memiliki panjang 1m, jadi total besi yang dibutuhkan sepanjang 20m (20 besi x 1m). Satu batang besi memiliki panjang 12m. Jadi,  total besi yang dibutuhkan: 1,666, bulatkan menjadi 2 buah.

  • Beton

Ketebalan dak beton idealnya 12 cm, dikonversi ke satuan meter jadi 0,12m. Volume beton yang dibutuhkan per m² yakni 1mx1mx0,12m = 0,12m³.

  • Material Pembentuk Beton (Semen, Pasir, Kerikil)

Untuk membuat beton, dibutuhkan tiga bahan di atas dengan perbandingan 1:2:3. Cara penghitungannya: rasio pembanding per jumlah perbandingan dikali volume beton di atas. Berikut ini rinciannya:

  • Semen: 0.17 x 0,12m³ = 0,02m³. 

Untuk 1 sak semen ukuran 50 kg bisa digunakan untuk dak beton bervolume 0,024m³.

  • Pasir: 2/6 x 0,12m³ = 0,04m³.
  • Kerikil: 3/6 x 0,12m³ = 0,06m³.
  • Triplek

Baca Juga: Rumus Campuran Beton yang Aman, Kokoh dan Sesuai SNI

Biasanya, luas triplek ketebalan 8mm adalah 2,88m². Artinya, satu dak beton membutuhkan ? lembar triplek.

3. Hitung Biayanya

Setelah menghitung semua pengukuran di atas, kalikan kebutuhan materialnya dengan harga terkini. Anda bisa melakukan survey terlebih dulu untuk mendapatkan harga material termurah. Namun, tetap perhatikan kualitas bahan bangunan yang digunakan agar cor daknya semakin bagus.

4. Tambahkan Biaya Lainnya

Mungkin Anda membutuhkan material tambahan, seperti bambu. Ada juga biaya lainnya, yakni biaya jasa borongan dan upah tukangnya. Untuk ini, Anda bisa pertimbangkan sendiri dan bernegosiasi bersama tukang mengenai upah mereka.

Baca Juga: Apa Itu Kontraktor? Pakai Jasa Kontraktor Bangunan atau Borongan?

Keamanan pengerjaan cor dak beton akan lebih terjamin kalau Anda menyediakan tangga steger atau scaffolding. Anda tidak perlu membelinya, cukup sewa steger dari Indosteger yang harganya lebih efisien. Hubungi kami untuk penyewaannya dan tangga steger siap dikirimkan ke lokasi pembangunan.

Simpan cara menghitung biaya cor dak ini sebagai panduan Anda.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya