indosteger@gmail.com   +62218294428

News

3 Cara Menghitung Luas Tanah dengan Benar

Ada beberapa cara menghitung luas tanah yang wajib Anda pahami. Memiliki aset dalam bentuk properti seperti rumah dan tanah harus didukung oleh pengetahuan terkait perhitungan ini. Apalagi sangat sulit untuk menebak sendiri berapa luas tanah tersebut. 

Jika Anda ingin membeli atau menjual tanah, maka tiga cara menghitung luas tanah yang diberikan di bawah ini menjadi informasi penting. Simak rangkumannya.

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Rumus

Cara pertama dan termasuk yang paling lazim dilakukan adalah menghitung luas tanah dengan rumus. Rumus perhitungan luas ini sendiri sebenarnya telah Anda pelajari pada saat mengenyam bangku pendidikan formal.

Jika bentuk tanahnya persegi panjang, maka gunakan rumus panjang kali lebar. Jika bentuknya segitiga, gunakan rumus alas dikali tinggi dibagi dua. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan ini:

Menghitung luas tanah berbentuk persegi panjang:

Panjang: 5 meter
Lebar: 10 meter
Luas: 5 meter x 10 meter = 50 meter persegi

Jadi, luas tanah berbentuk persegi panjang tersebut adalah 50 meter persegi. Mudah, bukan?

Untuk perhitungan tanah berbentuk persegi panjang memang lebih mudah jika dibandingkan dengan tanah berbentuk segitiga. Untungnya, mayoritas tanah yang tersedia pada saat ini berbentuk persegi panjang. Jadi Anda akan lebih sering menggunakan rumus di atas.

Menghitung Luas Tanah dengan AutoCAD

Ya, Anda dapat menghitung luas tanah dengan software bernama AutoCAD. Aplikasi ini memiliki beberapa pilihan fitur. Namun untuk menghitung luas tanah, Anda dapat menggunakan fitur DraftSight. Lisensi fitur ini bisa didapatkan gratis. Inilah yang membuat banyak orang memanfaatkannya. 

Jika kamu sudah menyiapkan DraftSight, sekarang ikuti cara menghitung luas dari tanah:

  • Coba buat gambar denah dengan garis polyline agar seluruh garis saling menyatu dan tidak terputus.
  • Klik garis yang telah digambar agar semuanya ter-block. Tanda yang terlihat jika sudah ter-block adalah garis tersambung secara jelas menjadi putus-putus.
  • Kemudian ketik “li” pada command section, lalu tekan tombol Enter pada keyboard. 
  • Anda akan melihat halaman baru yang keluar. Di dalamnya terdapat informasi area dari tanah yang telah Anda gambar. Sangat mudah, bukan?

Dalam penggunaan AutoCAD harus ada satu poin lagi yang wajib Anda ingat. Anda harus memiliki kemampuan gambar yang mumpuni agar bisa mendapatkan perhitungan akurat.

Menghitung Luas Tanah dengan Google Maps

Selain menggunakan software AutoCAD, Anda juga dapat menggunakan Google Maps. Pasti Anda sendiri pernah memanfaatkan Google Maps untuk memberitahu soal jarak tempuh, kondisi lalu lintas, serta lokasi yang ingin dituju. Aplikasi dari Google ini juga dapat menghitung luas tanah secara sederhana dan cepat:

Cari lokasi tanah melalui Google Maps lalu klik gambar satelit untuk mengubah tampilannya menjadi muka bumi.
Cari titik tarik awal pada tanah tersebut.
Kemudian cari titik akhir tanah tersebut. 
Untuk mendapatkan penempatan titik yang akurat, jangan lupa untuk melakukan zoom in.
Sekarang Anda dapat mengukur jarak luas dari tanah tersebut dengan mudah.

Tapi ingat, penggunaan Google Maps termasuk yang paling tidak akurat dibandingkan dua cara lainnya. Anda dapat memanfaatkannya untuk memberikan gambaran luas tanah tersebut. Lebih baik tetap manfaatkan perhitungan manual.

Mengetahui luas tanah yang anda miliki atau akan anda miliki sangat penting dalam banyak hal, seperti saat akan membeli atau menjual tanah, atau saat akan menghitung pajak bumi dan bangunan.

Memiliki tanah untuk dibangun rumah atau gedung lainnya tidak akan lengkap tanpa menggunakan bahan material berkualitas, khususnya untuk pagar. Untungnya sekarang telah hadir Indosteger yang dapat memberikan Anda besi hollow berkualitas. Dengan informasi cara menghitung luas tanah, dapatkan harga besi hollow 4x4 untuk pagar dari Indosteger sekarang juga.

Recent Articles