indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Inilah Cara Menghitung Volume Tangga

Cara menghitung volume tangga adalah salah satu hal yang harus Anda ketahui ketika ingin membangun rumah atau tempat usaha yang akan memiliki lantai lebih dari satu. Tangga merupakan salah satu bagian penting dari sebuah bangunan, membantu orang untuk mengakses lantai yang berbeda di sebuah gedung. 

Untuk bisa membuat sebuah tangga yang berfungsi dengan baik, maka ada sebuah cara atau rumus yang bisa Anda ikuti dalam menentukan volume tangga. Kali ini, kita akan coba membahas cara tersebut. Yuk mari kita mulai.

Cara Menghitung Volume Tangga

Dalam banyak hal, tugas menata tangga mirip dengan tata letak rangka atap. Rasio tingginya pijakan anak tangga juga ikut berperan. Sebelum kita mulai mencari tahu cara menghitung volume tangga, ada baiknya juga kita mengenal berbagai istilah yang banyak digunakan dalam proses pembuatan tangga.

Step/Anak Tangga:
Bagian pada tangga yang terdiri dari tapak dan riser alisa bagian vertikal dari anak tangga yang memungkinkan Anda untuk naik dan turun dari satu lantai ke lantai lainnya.

Tapak:
Bagian atas horizontal dari anak tangga tempat kaki ditempatkan di tangga ketika ingin naik ataupun turun.

Riser:
Bagian vertikal dari anak tangga yang menopang tapak.

Landing/Bordes:
Sebuah platform atau tempat berpijak yang disediakan.

Pelat tangga
Bagian yang akan menjadi tempat letak dari anak tangga.

Untuk bisa menghitung volume tangga serta merencanakannya, ukuran tinggi dan lebar anak tangga harus bisa dihitung dengan benar. Yang dimaksud dengan lebar anak tangga (Antrede) adalah ukuran area pada anak tangga dimana kaki menjejak alias tapak. Sedangkan tinggi anak tangga (Optrade) adalah perbedaan tinggi antara satu anak tangga dengan anak tangga lainnya alias riser.

Satu lagi aturan baku ketika ingin membuat tangga adalah, setiap ketinggian maksimum 12 anak tangga (setinggi 1,5 – 2m) harus dibuat bordes alias landing, platform datar yang cukup luas untuk tempat berhenti sebelum melangkah ke tangga selanjutnya.

Dengan memperhatikan kedua aturan ini, Anda akan bisa membuat tangga yang nyaman untuk digunakan. Untuk menghitung volume tangga, Anda bisa mulai dengan beberapa cara ini.

Baca juga: Cara Menghitung Sudut Kemiringan Tangga
 

Menghitung Volume Anak Tangga

Volume satu anak tangga = ½ x tinggi anak tangga x lebar anak tangga x lebar tangga/panjang anak tangga. Kita ambil contoh sebuah tangga yang berjumlah 12 anak tangga, dengan lebar tangga sebesar 1 m, kemudian tinggi anak tangga adalah 20 cm, dan lebar anak tangga adalah 25 cm. Sehingga perhitungan untuk volume anak tangga adalah:

½ x 0,2 x 0,25 x 1 = 0,025 m

Ini akan menjadi volume 1 anak tangga, sehingga untuk 12 anak tangga, maka volume totalnya menjadi:

0,025 x 12 = 0.3 m3
 

Menghitung Volume Pelat Tangga

Untuk menghitung volume beton untuk pelat pinggang kita perlu mengetahui panjang pelat tersebut, ketebalannya, dan lebarnya. Untuk mengetahui volumenya, Anda akan bisa mengalikan ketiganya. Contohnya adalah sebuah tangga yang memiliki lebar 1 m akan memiliki panjang pelat berjumlah 2,55 m, dan juga ketebalan sebesar 10 cm. Untuk bisa mengetahui volumenya, cara yang bisa kita lakukan adalah:

2,55 x 0,1 x 1 = 0,255 m3
 

Menghitung Volume Landing/Bordes

Menghitung volume bordes tidak terlalu sulit, rumusnya adalah:

Panjang bordes x lebar bordes x tinggi (ketebalan) bordes

Contohnya adalah sebuah bordes yang memiliki panjang 2 m dan lebar 1 m. Bordes ini akan dibuat dengan ketebalan 12 cm. Maka volume dari bordes ini adalah

2 x 1 x 0,12 = 0,24m3

Baca juga: Ukuran Tangga Rumah Minimalis
 

Volume Total Tangga

Sehingga, secara keseluruhan volume dari 1 tangga adalah penjumlahan dari volume anak tangga dan volume pelat tangga. Dari contoh di atas maka volume totalnya adalah:

0,025 + 0,255 = 0,28 m3

Dan jika tangga tersebut menggunakan bordes, artinya akan ada tangga kedua, sehingga volume diatas akan dikalikan dengan 2 dan ditambah dengan volume bordes. Maka volume total dari contoh tangga ini adalah: 

(0,28 x 2) + 0,24 = 0,8 m3

Nah, itulah cara yang digunakan untuk menghitung volume tangga. Semoga informasi mengenai cara menghitung volume tangga ini berguna dan jika Anda membutuhkan tangga scaffolding dalam pembangunan tangga, maka Indosteger jual tangga scaffolding khusus. Yuk, kunjungi website kami sekarang juga! 

Baca juga: Jenis-jenis Tangga di Dalam Rumah Minimalis

Recent Articles