indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ukuran Tangga Rumah Minimalis yang Nyaman dan Aman

Untuk merancang dan menentukan ukuran tangga rumah minimalis yang baik dan benar, tentu ada faktor tertentu yang harus diperhatikan. Tujuannya adalah selain membuat penampilan tangga yang menarik, ini juga berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan tangga itu sendiri. Berikut beberapa faktornya yang penting Anda ketahui.

  • Perhatikan posisi tangga saat hendak merancangnya. Usahakan ada di sudut atau tempat yang dapat dijangkau dengan mudah. Dengan begitu, dapat mendukung mobilitas Anda di dalam rumah. Posisi tangga yang tepat juga tidak akan memakan tempat bagi rumah minimalis Anda.

  • Kemudian, Anda dapat menentukan desainnya sesuai dengan tema atau arsitektur rumah itu sendiri. Model tangga ini bisa dengan bahan baku kayu atau besi maupun kombinasi keduanya.

  • Faktor keamanan juga menjadi hal penting diperhatikan. Mengenai hal ini, Anda wajib memasang railing tangga. Adanya railing tangga ini untuk menghindari hal yang tak diinginkan seperti terjatuh. Terlebih lagi bagi anak-anak dan para lansia.

  • Gunakanlah bahan-bahan pembuatan tangga minimalis yang berkualitas. Selain aman, pemilihan bahan yang berkualitas ini bertujuan agar tangga lebih awet.
     

Apa Saja Komponen dan Bagian Tangga Rumah Minimalis?

Setelah Anda mengetahui faktor di atas, kini saatnya bagi Anda mengetahui komponen apa saja yang harus ada pada tangga rumah minimalis. Komponen tersebut harus ada agar penggunaan tangga lebih maksimal.

  • Handrail: Komponen ini juga disebut railing tangga dan berfungsi sebagai pegangan tangan saat naik dan turun tangga. Selain itu, juga dapat mempermudah dalam penggunaan tangga untuk sirkulasi horizontal

  • Baluster: Baluster ini merupakan tiang-tiang yang vertikal dan berada pada bagian shoerail dan handrail. Tujuannya adalah sebagai pengamanan bagi siapa saja yang menggunakan tangga.

  • Shoe Rail: Adanya komponen ini digunakan untuk menopang pegangan tangan pada tangga lebih kokoh.

  • Newel: Untuk bagian komponen ini fungsinya untuk memisahkan balustrade maupun baluster

  • Riser: Riser merupakan ukuran ketinggian vertikal pada tiap langkah yang ada di tangga. Menentukannya adalah dengan membagi ketinggian secara total dengan jumlah anak tangga yang ada.

  • Nosing: Nosing ini disebut dengan bordes dan biasanya ada pada tangga datar di bagian tengah jalur tangga.

  • Tread: Ada pula yang menyebutnya dengan istilah tread yang merupakan tangga horizontal dan mendatar untuk menapak.

Baca juga: Cara Hitung Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter dengan Rumus
 

Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Tangga Rumah dengan Tepat?

Ada beberapa aspek atau faktor untuk menemukan ukuran tangga rumah minimalis yang ideal, seperti ukuran anak tangga, lebar tangga, dan lain-lain. Aspek-aspek tersebut sangat penting Anda perhatikan. Karena, jika Anda salah menghitung salah satu aspek, maka satu aspek lainnya juga akan mengalami salah hitung yang kemudian berujung pada ukuran tangga di rumah yang tidak ideal.

Berikut adalah beberapa aspek atau faktor yang harus Anda perhatikan dalam desain tangga di rumah Anda.
 

1. Lebar dan Luas Tangga

Standard ukuran tangga rumah yang ideal pertama adalah lebar dan luas tangga. Ukuran keduanya dapat mempengaruhi kenyamanan penghuni rumah saat menggunakannya.

Ada dua hal yang harus Anda perhatikan dalam menghitung lebar dan luas tangga yang Anda butuhkan; penghuni rumah dan barang bawaan.

Dari segi penghuni rumah, Anda harus memperhatikan berapa orang yang akan menggunakan tangga ini secara bersamaan? Untuk tangga yang dapat dilalui oleh satu orang secara nyaman umumnya memiliki lebar minimal 80 cm. Sementara jika terdapat dua orang yang menggunakannya, Anda membutuhkan lebar minimal 120 cm hingga 180 cm untuk memastikan keduanya nyaman menggunakan tangga.

Lalu, dari segi perabot rumah, Anda harus memikirkan barang-barang apa saja yang akan dibawa ke lantai dua menggunakan tangga. Apakah setiap perabotan yang nantinya akan diletakkan dapat dibawa melalui tangga yang Anda buat?
 

2. Sudut Kemiringan

Untuk sudut kemiringannya, usahakan memiliki kemiringan 42 derajat. Akan tetapi, untuk kondisi tertentu biasanya, tingkat kemiringan tangga bisa lebih dari ukuran tersebut. Oleh karena itu, tread tangga harus memiliki tapak paling tidak 280 mm. Sedangkan untuk bagian headroomnya paling tidak 2 meter.

Baca Juga: Rumus Anak Tangga yang Benar dan Aman Saat Digunakan
 

3. Ukuran Anak Tangga

Selain menentukan lebar tangga ideal, Anda kemudian juga harus memperhatikan tinggi dan lebar anak tangga.

Untuk mendapatkan tinggi tangga ideal, Anda bisa menggunakan pengalaman Anda. Jika Anda merasa lutut atau kaki Anda merasa lelah saat menggunakan tangga, maka anak tangga tersebut terlalu tinggi. Umumnya, tinggi anak tangga yang ideal berada di angka 15 hingga 19 cm. Hanya saja, tetap perhatikan kebiasaan orang-orang di rumah Anda untuk mendapatkan angka yang ideal.

Untuk menentukan lebar anak tangga atau aantrade, Anda juga dapat melakukan hal yang serupa. Anda bisa mencoba beberapa ukuran dan melihat ukuran mana yang membuat Anda dan anggota keluarganya lainnya merasa nyaman saat menggunakan tangga. Secara umum, angka ideal lebar anak tangga berada di angka 27 hingga 33 cm.

Lalu, anak tangga pun harus dibuat seideal dan senyaman mungkin. Ketinggian antara anak tangga yang satu dengan lainnya paling tidak adalah sekitar 15 cm. Untuk ketinggian maksimumnya adalah 22 cm. Begitu juga dengan lebarnya, setidaknya memiliki ukuran 22 cm hingga 30 cm.
 

4. Jumlah Anak Tangga

Lantas, berapa jumlah anak tangga yang ideal? Rumah minimalis yang memiliki lebih dari 36 anak tangga di satu jalur, harus memiliki paling tidak satu nosing maupun borders Bordes tersebut harus sesuai dengan lebar tangga.

Baca juga: 5 Merk Tangga Teleskopik Terbaik dan Praktis
 

5. Menentukan Ukuran Bordes

Bordes atau jeda pada tangga adalah bagian opsional dari sebuah tangga rumah. Umumnya, hunian yang menggunakan gaya minimalis modern membangun bagian ini.

Sebagai tempat jeda, area bordes pada tangga tentunya akan lebih luas daripada anak tangga. Bordes umumnya memiliki desain lurus atau berbelok.

Idealnya, bordes memiliki ukuran 80 hingga 120 cm. Lalu, bordes juga biasanya ditempatkan di tengah-tengah tangga. Semisal, tangga rumah Anda memiliki 20 anak tangga. Maka, bordes akan diletakkan setelah anak tangga rumah yang ke 10.
 

6. Handrails

Terakhir, untuk ukuran tangga rumah minimalis perhatikan handrailsnya. Ukuran railing tangga pada umumnya memiliki tinggi mulai dari 90 cm sampai 100 cm agar penggunaannya lebih nyaman.

Itulah dia cara menentukan ukuran tangga rumah minimalis yang dapat Anda jadikan panduan. Ada beberapa aspek dan faktor yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan ukuran tangga yang ideal, seperti lebar tangga, ukuran anak tangga, jumlah anak tangga, kemiringan, keamanan dan lain-lain. Dalam proses tersebut, Anda harus memastikan kenyamanan orang-orang rumah sehingga tangga minimalis di rumah Anda akan efektif.

Dan dalam proses pembuatannya sebaiknya Anda menggunakan alat yang menunjang, seperti sewa scaffolding untuk solusi keamanan pekerjaan konstruksi dengan biaya yang lebih ringan.

Demikian ulasan singkat mengenai ukuran tangga rumah minimalis yang perlu Anda ketahui. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam membuat tangga yang aman dan nyaman untuk keluarga di rumah.

Baca juga: 3 Cara Membuat Tangga Kayu Minimalis yang Nyaman dan Aman

Recent Articles