indosteger@gmail.com   +62218294428

News

8 Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah dengan Efektif

Pusing mencari cara mengusir tikus di plafon rumah? Kehadiran tikus di rumah memang sangat mengganggu karena bisa mendatangkan banyak penyakit. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengusir tikus dari plafon rumah.

Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah

Sebelum Anda berencana untuk meracuni tikus-tikus di rumah Anda, ada baiknya Anda menggunakan cara mengusir tikus dari plafon rumah yang lebih aman. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Pasang Penjebak di Jalur Tikus

Tentu saja cara mengusir tikus yang bersarang di plafon rumah yang paling ampuh adalah dengan memasang jebakan tikus. Nah, di toko online maupun offline ada banyak sekali produk penjebak tikus, mulai dari yang berbentuk lem tikus, sangkar besi, hingga penjepit. Pilih yang menurut Anda paling memudahkan proses pengusiran tikus.

Karena tikus suka bersarang di sudut-sudut terpencil, Anda perlu masuk ke dalam plafon rumah untuk bisa melihat jalur tikus dan memasang jebakan dengan efektif. Salah satu ciri yang dapat Anda perhatikan adalah dengan mencari bekas urine atau kotoran tikus yang berserakan

Untuk dapat mengusir tikus yang bersarang di plafon rumah dengan lebih efektif, pasang setidaknya 2 penjebak dengan arah berlawanan agar peluang menangkap tikus menajdi lebih besar. Lalu, taruh potongan daging di penjebak untuk memancing tikus. Anda tinggal menunggu sekitar 4 hari. Jika sampai 4 hari masih belum ada tikus yang terjebak, pindahkan posisi penjebak tikus.

Baca juga:Rangka Plafon Kayu Kaso Vs Besi Hollow Galvanis

2. Memasang Pengusir Tikus Ultrasonik

Jika Anda tidak ingin repot-repot menangkap tikus dan melepaskannya ke alam liar, maka Anda bisa menggunakan alat pengusir tikus ultrasonik. Tenang saja, alat ini tidak mengeluarkan suara bising yang mengganggu manusia karena gelombang suara ultrasonik ini sangat tinggi, yakni >20 Hz, dan hanya bisa didengar oleh hewan-hewan tertentu seperti tikus.

Anda tidak perlu memasang alat pengusir tikus ini di plafon rumah. Colok alat pengusir tikus ultrasonik di dalam rumah dan tikus pun akan terganggu dengan suaranya. Sehingga, lama kelamaan tikus akan meninggalkan sarangnya di dalam plafon rumah Anda.

3. Gunakan  Pengusir Tikus Elektromagnetik

Selain alat pengusir tikus dengan suara ultrasonik, kini ada juga pengusir tikus menggunakan tenaga elektromagnetik. Cara mengusir tikus di plafon rumah ini cocok sekali bagi Anda yang tinggal di rumah bertingkat yang cukup luas. Karena memanfaatkan elektromagnetik yang menghantarkan sinyal melalui kabel-kabel listrik di rumah Anda, maka Anda hanya membutuhkan satu alat ini saja untuk bisa mengusir tikus dari bangunan rumah Anda, tidak hanya di plafon rumah saja!

Bebas suara dan bau, alat ini menjadi pilihan karena dapat mengganggu sistem saraf tikus. Karenanya, tikus tidak akan betah berlama-lama di dalam rumah yang memasang alat pengusir tikus elektromagnetik ini.

Baca juga:Tips Memilih dan Pemasangan Motif Plafon Minimalis

4. Buat Campuran Amonia

Jika Anda tidak ingin membeli perangkap atau alat yang mahal untuk mengusir tikus dari plafon rumah, Anda sebenarnya bisa membuat campuran kimia sendiri untuk mengusir tikus. Campuran kimia ini tidak digunakan sebagai racun tikus, melainkan untuk mengusir tikus dengan aromanya yang sangat mengganggu. Meski aromanya sangat kuat, tidak akan mengganggu kesehatan Anda karena campuran ini akan ditempatkan di dalam plafon rumah.

Cara membuatnya cukup mudah, Anda membutuhkan 2 sendok detergen dari merek apa saja, ¼ gelas air, dan 2 gelas amonia. Amonia ini bisa Anda beli di e-commerce. Setelah mencampurkan semua bahannya, tuangkan campuran ke dalam wadah terbuka dan tinggalkan di dalam plafon rumah.

5. Menggunakan bahan blackpepper

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mencari bahan atau alat-alat yang rumit, maka Anda bisa beralih ke bahan-bahan dapur, seperti blackpepper, untuk mengusir tikus dari plafon.

Bahan blackpepper memiliki kandungan pipperin yang dapat membuat hidung tikus iritasi. Dengan begitu, tikus akan dengan sendirinya menjauhi area di mana Anda menaruh blackpepper tersebut.

6. Cuka

Satu lagi bahan dapur yang dapat Anda gunakan untuk mengusir tikus dari plafon rumah secara alami. Serupa dengan bahan blackpepper, cuka memiliki bau yang tidak disukai oleh tikus. Anda tinggal meneteskan air cuka pada jalur-jalur yang sering dilewati tikus untuk dapat mengusir mereka dengan mudah.

7. Daunt Mint

Bahan dapur berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk mengusir tikus dengan mudah adalah daun mint. Bahan satu ini tentu memiliki aroma yang dapat membuat manusia merasa nyaman. Namun, bagi tikus, bahan satu ini memiliki aroma yang terlalu kuat.

Untuk mengusir tikus dengan daun mint, Anda tinggal menumbuk beberapa lembar daun mint dan oleskan pada selembar kertas. Letakkan kertas tersebut pada jalur yang sering dilewati tikus.

8. Menutup lubang pada plafon rumah

Untuk mengusir sekaligus mencegah tikus kembali ke plafon rumah, Anda bisa langsung menutup lubang pada plafon. Tikus biasanya mendapatkan akses ke plafon rumah Anda melalui lubang-lubang kecil yang sulit ditemukan.

Itulah dia cara mengusir tikus di plafon rumah yang dapat Anda gunakan. Anda bisa menggunakan berbagai macam cara. Mulai dari yang tradisional dengan menggunakan jebakan atau perangkap tikus, hingga menggunakan teknologi canggih, seperti alat pengusir tikus ultrasonik dan elektromagnetik. Anda juga bisa menggunakan campuran bahan yang bisa ditemukan di dapur.

Cara-cara di atas menjadi bukti bahwa rumah Anda bisa bebas dari ancaman tikus tanpa harus membunuhnya. Anda bisa menggunakan jasa sewa scaffolding Jakarta bila ingin mengusir tikus di bangunan yang bertingkat tinggi. Semoga cara-cara mengusir tikus dari plafon rumah di atas bermanfaat bagi Anda!

Baca juga: Cara Menambal Dak Beton dari Bawah Untuk Bangunan

Recent Articles