indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Cara Merakit Rangka Kanopi Baja Ringan

Ingin tahu cara merakit rangka kanopi baja ringan untuk mempercantik tampilan teras maupun garasi rumah? Fungsi dari rangka kanopi sebenarnya juga untuk melindungi bagian bawah rumah dari cuaca panas dan hujan. Selain itu, kanopi pun bisa menambah kesan artistik pada rumah Anda. Cara merakit rangka kanopi baja ringan sebenarnya tidak begitu sulit, asalkan Anda tahu tips dan triknya. Berikut beberapa hal yang wajib Anda perhatikan dalam merakit rangka kanopi baja ringan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Mengapa memilih rangka baja ringan sebagai atap kanopi?

Banyak orang memilih atap baja ringan sebagai pilihan utama sebagai bahan atap kanopi mereka. Mengapa hal ini terjadi? Berikut adalah beberapa alasan mengapa material atap baja ringan digemari oleh banyak orang.

1. Anti karat

Material baja ringan dikenal sebagai bahan yang anti karat. Sifat ini datang dari kandungan alumunium dan zinc yang terkandung di dalam baja ringan. Walaupun disebut 'anti karat', baja ringan tetap mengalamai proses oksidasi seperti besi pada umumnya.

Baca Juga: Beragam Penyebab Besi Berkarat dan Cara Mengatasinya

Namun, kandungan alumunium dan zinc dapat membuat proses karat terjadi relatif lebih lama dibandingkan besi lainnya.

2. Pemasangan atap yang mudah

Pemasangan atap baja ringan juga dikenal mudah dan cepat. Hal ini karena sifat baja ringan yang sesuai dengan namanya; ringan. Karena sifat ringannya ini, Anda dapat mengolah dan merakit bahan satu ini dengan lebih mudah dan cepat.

3. Harga yang relatif lebih murah

Kalau berbicara perihal pemilihan bahan, harga umumnya menjadi salah satu faktor utama. Dari segi harga, baja ringan menawarkan nilai yang lebih murah dibandingkan dengan material atap kanopi lainnya.

Baca Juga: 5 Merk Baja Ringan dan Harganya untuk Atap Bangunan

Harga yang murah ini tidak hanya datang dari harga per-batangnya, namun juga biaya dalam jangka panjang. Karena sifatnya yang anti karat, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk merawatnya dan menggantinya. Pemasangan yang mudah juga membuat Anda dapat dengan leluasa merakit dan memasangnya sendiri tanpa perlu bantuan ahli.

Bagaimana cara merakit rangka kanopi baja ringan dengan tepat?

Setelah Anda memahami mengapa baja ringan adalah pilihan yang tepat untuk atap kanopi rumah, berikut adalah cara merakit rangka kanopi baja ringan yang dapat Anda jadikan panduan:

1. Siapkan Bahan dan Peralatan Untuk Cara Merakit Rangka Kanopi Baja Ringan

Sebagai langkah awal dalam merakit rangka kanopi baja ringan, Anda perlu menyiapkan bahan maupun peralatannya. Beberapa peralatan dasar yang harus disiapkan di antaranya adalah baja ringan kaso, baut, reng, baut khusus, mata bor, dan juga baja ringan. Selain itu, siapkan juga penggaris siku, meteran, gunting khusus, dan pulpen/pensil/spidol/kapur.

Selanjutnya, bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah baja ringan dengan ukuran 5-6 meter sesuai kebutuhan. Untuk harganya sendiri memang beragam, biasanya berkisar mulai dari Rp70 ribu. Lalu, jangan lupa untuk mempersiapkan atap spandek dan juga reng baja ringan sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda.

2. Membuat Sketsa

Cara merakit rangka kanopi baja ringan selain harus dilakukan secara hati-hati, juga harus terperinci. Demi mendapatkan hasil terbaik, Anda perlu membuat sketsa rangka kanopi terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sketsa kanopi ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Luas lahan yang akan digunakan — hitung panjang dan lebar lahan yang akan dipasangi kanopi nantinya.

  • Ketinggian tiang kanopi — pastikan ukuran tiang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek. Pasanglah secara tegak lurus agar semakin kuat.

  • Rangka atap — buat dengan jarak 1 meter. Jarak yang semakin rapat menjadikan rangka kanopi semakin kuat untuk menahan beban yang ditanggung. Dalam hal tersebut, Anda juga perlu untuk menghitung jumlah beban agar tetap kuat dan tidak ambruk saat dipasang.

3. Buat Tiang Penyangganya

Selanjutnya, setelah Anda membuat rancangan atau sketsa yang tepat, lanjutkan dengan proses pembuatan tiang penyangga rangka kanopi. Bahan material utama dalam membuat tiang penyangga kanopi ini adalah baja ringan kasau. 

Di sini, Anda bisa membuatnya sesuai dengan keinginan maupun ketersediaan bahan. Usahakan penyangga pasak yang digunakan cukup kuat. Lalu, pertimbangkan pula tingkat kemiringan atap untuk bisa mengalirkan air pada saat hujan.

Baca juga: 5 Langkah Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow

4. Perhatikan Tingkat Kemiringan Atap

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam cara merakit rangka kanopi baja ringan adalah mengecek tingkat kemiringan atap. Dari tingkat kemiringan ini, nantinya Anda bisa menemukan sudut yang tepat dan mengetahui berapa banyak baja ringan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Mengetahui Cara Menghitung Kemiringan Atap Rumah

Cara mengukur tingkat kemiringan kanopi sebenarnya cukup mudah. Anda bisa menggunakan waterpass maupun alat pengukur lainnya. Lakukanlah hal ini setelah tiang sudah dirangkai. Lanjutkan dengan pemasangan antar tiang. Hal lain yang perlu untuk Anda perhatikan ialah kelurusan tiang, atau biasa disebut dengan siku. Pasanglah siku ini dari sisa baja ringan saat tiang sudah didirikan tegak.

5. Lakukan pemasangan dengan Benar

Jika cara merakit rangka kanopi baja ringan di atas sudah Anda lakukan, maka kini saatnya melakukan proses pemasangan. Agar lebih mudah, Anda bisa memasang baja ringan berdasarkan tanda yang sudah dibuat. Begitu pula untuk baja ringan yang akan dipasang secara miring. Kencangkanlah bagian sisinya dengan menggunakan plat L agar lebih stabil.

Pasangkan juga ring sebagai penyambung dan pastikan ring sudah terpasang sesuai kolom dengan kuat. Lanjutkan dengan pemasangan bracing sebagai penahan. Setelah semuanya selesai, periksa kembali hasil pemasangannya agar tidak ada bagian yang terpasang dengan pola yang salah. Sebab, jika dipasang menggunakan pola yang salah, malah akan membuatnya cepat rusak serta mengganggu kenyamanan.

Kini, setelah mengetahui cara merakit rangka kanopi baja ringan di atas, Anda bisa mempraktikkannya langsung di rumah dengan bantuan tenaga profesional. Untuk baja ringan terbaik, Anda bisa menggunakan besi UNP yang berkualitas tinggi. Semoga informasi mengenai cara merakit rangka kanopi baja ringan di atas bermanfaat bagi Anda.

Baca juga: 4 Macam Model Kanopi Baja Ringan untuk Garasi Rumah

Recent Articles