indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Membuat Tangga Lipat dari Kayu DIY Untuk Anda

Cara membuat tangga lipat dari kayu DIY sangatlah mudah. Tangga lipat menjadi sebuah kewajiban bagi tiap rumah tangga. Benda yang satu ini sangat berguna jika Anda ingin mencapai tempat yang tinggi. Ketika ingin mengganti bohlam lampu, membersihkan langit-langit atau mengecat dinding. Anda bisa saja membelinya di toko bangunan, namun ada suatu DIY yang bisa Anda praktikkan. Tangga lipat dari kayu menjadi hal yang bisa dibuat dari rumah ketika memiliki alat dan bahan yang tepat. Di bawah ini adalah panduan yang bisa diikuti ketika ingin membuat tangga yang satu ini.
 

Cara Membuat Tangga Lipat dari Kayu

Untuk membuat tangga lipat dari kayu, Anda akan membutuhkan:

  • Baut carriage harus berupa baut tipe M6, dan harus berukuran 55 – 60mm.
  • Baut washer juga harus M6.
  • Kunci baut washer juga harus M6.
  • Kayu berukuran 95 x 20 x 850mm.

Jumlah kayu yang dibutuhkan untuk membeli akan tergantung pada ketinggian tangga lipat Anda. Berdasarkan jumlah perangkat keras yang dibutuhkan, papan kayu harus sekitar 7 sampai 10 buah.

Berikut ini adalah alat yang diperlukan untuk melakukan tugas:

  • Bor
  • Gergaji
  • Gergaji ukir
  • Bor tekan
  • Amplas 
  • Pelindung mata 
  • Penutup telinga
     

Langkah-langkah Membangun Tangga

Setelah Anda membeli bahan dan alat berikut, Anda akhirnya siap untuk membuat tangga langkah Anda sendiri. Berikut langkah-langkahnya:
 

1. Pelajari Konsep Tangga

Anda harus terlebih dahulu memahami berbagai bagian tangga agar Anda dapat memahami cara pembuatannya. Pertama adalah sisi-sisinya yang merupakan potongan samping dengan ujung membulat. Dua diantaranya harus dibutuhkan karena akan berfungsi sebagai salah satu penopang utama tangga. Berikutnya adalah back support yang merupakan dua sisi yang memiliki tandu. Ini juga memiliki sendi pantat. Anak tangga berupa lempengan kayu datar yang dihubungkan dengan penyangga samping, sedangkan bagian atasnya berupa lempengan kayu yang lebih besar yang berfungsi sebagai anak tangga terakhir pada puncak tangga.
 

2. Potong Kayunya

Selanjutnya adalah memotong papan kayu sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Gunakan gergaji untuk memotong bahan kayu dengan benar sesuai dengan tampilan yang Anda inginkan. Anda dapat secara kreatif atau pada dasarnya membuat model tangga Anda sendiri. 

Pastikan untuk memotong penyangga tergantung pada ketinggian yang Anda inginkan. Jumlah anak tangga yang diperlukan akan tergantung pada ketinggian penyangga samping. Semua anak tangga harus memiliki ukuran yang sama. Untuk penyangga belakang, Anda harus membuat dua papan kayu dengan ukuran yang sama dengan penyangga samping. Anda juga akan menggunakan papan kayu yang lebih kecil yang akan berfungsi sebagai fondasi penyangga. Bagian atas harus memiliki ukuran yang lebih tinggi daripada anak tangga. Bor lubang pada penyangga samping dan belakang.
 

3. Pasang Anak Tangga dan Bagian Atas

Tempatkan penyangga samping untuk membangun anak tangga. Penyangga samping harus memiliki lubang yang dibor, sedangkan anak tangga harus memiliki potongan kayu yang sesuai dengan lubang yang Anda bor. 

Anak tangga atas harus dipasang dengan benar ke puncak penyangga samping dan belakang. Kencangkan menggunakan baut. Anda juga dapat menggunakan paku. Yang harus Anda lakukan adalah menyambungkan penyangga ke bagian bawah anak tangga teratas, dan memasangnya bersama-sama untuk membentuk tangga sepenuhnya.

Seperti inilah cara membuat tangga lipat dari kayu, semoga informasi ini berguna dan jika Anda membutuhkan tangga scaffolding sebagai pengganti tangga untuk konstruksi, maka Indosteger jual tangga scaffolding khusus. Yuk, kunjungi website kami sekarang juga! 

Baca juga: Cara Menghitung Volume Tangga dengan Mudah dan Akurat

Recent Articles