indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Berikut Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow Dengan Tepat

Salah satu langkah untuk menyelesaikan proyek pembangunan Anda adalah mengetahui cara pasang plafon GRC rangka hollow akan bisa sangat membantu. Salah satu bentuk rangka plafon yang paling umum digunakan adalah rangka yang terbuat dari besi hollow. Untuk melengkapi rangka atap ini, Anda bisa menggunakan plafon yang terbuat dari GRC. Kombinasi dari keduanya akan bisa memberikan Anda langit-langit yang baik dan bagus untuk rumah atau bangunan yang dibangun. Nah, untuk bisa melakukan instalasi ini dengan benar, maka informasi mengenai cara memasang plafon GRC pada rangka hollow di bawah ini bisa membantu Anda.

5 Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow yang Bisa Anda Coba

Berbeda dengan gypsum yang memiliki ketahanan yang lebih rendah, GRC sering menjadi pilihan untuk digunakan pada bangunan yang butuh ketahanan lebih kuat. Sama halnya dengan pemilihan besi hollow sebagai material dasar membuat rangka plafon. Besi jenis ini mudah untuk dipasang serta memiliki kekokohan yang dibutuhkan pada bangunan modern. Ditambah lagi dengan kemampuannya yang bisa menahan panas dengan baik dan tahan akan karat, membuatnya tahan terhadap korosi yang bisa dihasilkan oleh udara di dalam ruangan.

Baca Juga: Tips Memilih dan Pemasangan Motif Plafon Minimalis

Untuk bisa memadukan keduanya dengan baik, maka cara pemasangan plafon GRC pada rangka besi hollow ini akan bisa Anda coba.

1. Perhatikan Tingkat Elevasi Plafon

Anda harus mengukur garis ketinggian pada langit-langit ruangan, caranya adalah dengan membuat empat titik pada tiap sudut ruangan menggunakan waterpass. Selanjutnya tarik garis lurus dari satu titik ke titik lainnya menggunakan pensil. Garis elevasi akan berguna untuk menjadi panduan pemasangan rangka hollow plafon pada dinding.

2. Gunakan Wall Angel Untuk Menopang Plafon

Wall angle ini akan Anda tempatkan pada tiap garis lurus yang sebelumnya sudah dibuat. Jika sudah dirasa berada pada posisi yang pas, maka pastikan posisinya menggunakan paku beton dengan jarak antar paku minimal 30 cm. Selanjutnya Anda bisa mengukur jarak yang akan digunakan oleh besi hollow bentangan tengah. Jarak 60 cm pada tiap rangka adalah pilihan yang tepat. Selanjutnya, ukur panjang dan lebar dinding setelah pemasangan wall angle. Dengan begitu Anda bisa mengukur besi hollow yang akan digunakan nantinya.

3. Tempatkan Bentangan Hollow Tengah

Ukur kembali panjang dari tanda yang sudah dibuat dan cocokkan dengan panjang hollow. Pada sisi atas wall angle, pasang besi hollow yang sudah Anda ukur. Kemudian kencangkan posisinya dengan sekrup.

4. Memasang Bentangan Hollow Atas

Agar tidak goyang, maka bentangan hollow bagian atas akan menjadi penguat dan mengunci hollow bagian bawah. Jika pengukuran pada hollow atas dilakukan pada sisi dinding yang panjang, maka hollow bawah dilakukan pada sisi dinding yang lebar, sehingga nantinya akan terlihat menyilang. Tambahkan juga penggantung rangka plafon, dengan jarak antar gantungan mulai dari 80 cm, 100 cm, hingga 120 cm. Ukurlah jarak hollow bagian atas dengan rangka atap agar bisa dilakukan pemasangan sekrup nantinya. Sekrup juga komponen bawah pada bagian hollow atas dan hollow bawah. Jika semua gantungan sudah terpasang, pastikan sekrup sudah kuat dan tidak longgar lagi.

5. Memasang GRC

Anda tinggal memasang GRC pada rangka plafon yang sudah dibuat. Gunakan sekrup untuk memperkuat posisinya. Setelah itu tambahkan dempul agar permukaannya bisa rata dengan sempurna. Terakhir Anda bisa mengecat agar terlihat rapi dan bagus.

Itulah informasi yang bisa kami berikan untuk Anda terkait cara pasang plafon GRC rangka hollow. Untuk mempermudah proses ini, Anda bisa sewa scaffolding murah di Indosteger. Prosesnya gampang dan tidak ribet. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi berguna lainnya seperti cara pasang plafon GRC rangka hollow ini.

Recent Articles