indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Membedah Tips Desain Interior Ruangan Rumah Minimalis 2 Lantai

Bagi Anda yang ingin membangun rumah tingkat di atas lahan yang tidak terlalu luas atau terbatas, desain interior ruangan rumah minimalis 2 lantai mungkin bisa menjadi solusi untuk Anda.  Konsep desain interior rumah minimalis bisa membuat rumah Anda memiliki nuansa yang elegan dan berkelas. Selain itu, konsep rumah minimalis juga bisa membuat ruangan dalam rumah Anda terasa lebih luas dengan tata letak yang tepat dan pas meskipun ukuran rumahnya tidak terlalu besar. 

Jika Anda ingin membangun rumah dua lantai tetapi masih bingung dengan konsep interior di dalamnya, Kami berikan tips desain interior rumah minimalis di dalam artikel ini. Tips ini bisa membantu Anda baik dalam konsep gaya desain, tata letak furniture, maupun juga dekorasi lainnya. Agar lebih paham, yuk baca artikel ini sampai akhir!

Apa Saja Tips Mendesain Interior Ruangan Rumah Minimalis 2 Lantai?

Berikut ini adalah tips yang bisa Anda terapkan untuk desain interior ruangan rumah minimalis Anda yang memiliki dua lantai.

1. Pemilihan Tema

Bentuk rumah minimalis dengan dua lantai bisa membuat Anda untuk lebih berkreasi menggunakan dua tema berbeda atau bahkan lebih. Pilihlah tema yang sesuai dengan selera Anda. Pemilihan tema ini dapat dipilih berdasarkan hobi, film, karakter superhero atau atau apapun yang Anda sukai. Anda bisa menggunakan tema yang berbeda pada tiap masing-masing lantai sesuai keinginan. 

Jika memang memungkinkan, Anda juga bisa mendekorasi setiap sudut ruangan rumah dengan tema berbeda sesuai fungsi dari ruangan tersebut, contohnya kamar anak menggunakan karakter kartun favorit, dapur bertema monokrom dan sebagainya. Tema yang Anda pilih akan memberikan nuansa yang berbeda untuk setiap sudut ruangan rumah minimalis dua lantai, serta membuat rumah memiliki ciri khas dan karakteristik tersendiri dibandingkan dengan rumah lainnya.

2. Pemilihan Warna

Warna memiliki peranan yang penting dalam memberikan keindahan pada sebuah rumah. Pemilihan warna yang tepat dan cocok akan memberikan tampilan yang menarik pada rumah Anda. Penggunaan tema yang berbeda juga akan menciptakan warna yang berbeda. 

Anda bisa menggunakan variasi warna yang berbeda untuk lantai satu dan lantai dua. Namun, pemilihan warna yang berbeda juga harus tetap diperhatikan agar tetap selaras dan tidak menimbulkan kesan ‘nabrak’ dengan furniture dan dekorasi lainnya. 

Warna yang dipilih untuk desain interior rumah minimalis sebaiknya menggunakan warna-warna yang tidak terlalu mencolok seperti warna pastel atau monokrom. Hal ini akan membuat rumah Anda tetap terlihat elegan dan calm. Anda bisa memilih warna putih untuk menimbulkan kesan yang elegan. Warna putih selain memberikan kesan yang classy juga akan membuat ruangan terasa lebih clean dan lega. Anda bisa menerapkan warna putih pada dinding, tiang, jendela, pintu bahkan furniture.

Baca Juga: Rumah Minimalis Memiliki Banyak Unsur yang Membuatnya Unik

3. Wallpaper

Pemasangan wallpaper pada dinding rumah saat ini sedang menjadi tren yang sangat diminati. Hal tersebut dikarenakan penggunaan wallpaper dirasa sangat praktis, murah tetapi memberikan hasil yang cukup bagus untuk menambah estetika rumah Anda.

Baca Juga: 5 Cara Memasang Wallpaper Plafon Rumah dengan Tepat

Namun, jangan menggunakan wallpaper dengan motif yang terlalu ramai untuk rumah minimalis dua lantai. Hal tersebut akan membuat rumah Anda menjadi kurang menarik dan kurang cantik untuk dilihat serta akan menghilangkan kesan minimalisnya. Jadi, pilihlah wallpaper dengan motif yang tidak terlalu banyak sehingga kesan sederhana dan minimalis rumah Anda tidak hilang.

4. Furniture

Jumlah furniture pada rumah minimalis dua lantai sebaiknya jangan terlalu banyak alias dibatasi. Hal itu agar membuat rumah Anda tidak sempit karena furniture dan tetap memberikan kesan yang lega. Pemilihan furniture juga harus disesuaikan dengan tema yang sudah ditentukan di awal agar tetap indah dan enak untuk dipandang. Pemilihan konsep tema yang berbeda pada kedua lantai akan mempermudah Anda dalam memilih jenis furniture yang akan digunakan.

Baca Juga: 8 Jenis Kayu Untuk Furniture Rumah

5. Dekorasi

Pemilihan dekorasi yang tepat pada konsep rumah minimalis dua lantai dapat menjadi pelengkap keindahan dan memberikan nilai estetika lebih pada interior rumah Anda. Pilihlah dekorasi yang juga sesuai dengan tema yang telah Anda tentukan sebelumnya. Anda bisa menambahkan dekorasi ringan seperti vas bunga, lukisan, rak dinding  bahkan tanaman hias dalam rumah untuk menambah kesan keindahan rumah Anda.

6. Tata Letak yang Pas

Tata letak desain interior rumah minimalis dua lantai juga harus diperhatikan. Ruangan atau space rumah minimalis itu terbatas, sehingga tata letak seperti furniture, peralatan elektronik TV, kulkas dan perabotan lainnya harus ditata dengan baik. Tata letak pada ruangan yang asal-asalan akan membuat kesan rumah Anda menjadi sumpek dan tidak menarik lagi.

Baca Juga: 11 Ide Partisi Ruangan Rumah Minimalis yang Fungsional

Itulah dia beberapa tips desain interior dari kami untuk Anda yang memiliki rumah dua lantai dengan konsep minimalis. Dari beberapa tips di atas, kira-kira mana saja yang sudah Anda terapkan?

Pembuatan rumah dua lantai tentu memerlukan bantuan alat scaffolding untuk menjangkau konstruksi yang tinggi. Bagi Anda yang sedang membutuhkan scaffolding namun bingung dimana mendapatkannya, Anda bisa langsung mengunjungi website Indosteger. 

Di Indosteger Anda bisa membeli dan juga sewa scaffolding dengan waktu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Indosteger menawarkan harga yang cukup bersaing di kelasnya namun tetap memberikan kualitas yang terbaik. Jadi, ayo temukan scaffolding Anda sekarang juga!

Demikianlah informasi terkait desain interior ruangan rumah minimalis 2 lantai pada artikel kali ini, mudah-mudahan apa yang telah kami sampaikan dapat berguna bagi Anda yang membacanya.

Recent Articles