indosteger@gmail.com   +62218294428

News

4 Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana yang Inovatif

Jangan jadikan tanah yang sempit sebagai penghalang memiliki rumah bertingkat dengan tangga yang indah. Justru dari bangunan yang kecil, lahirlah beberapa desain tangga rumah sempit sederhana yang cantik dan fungsional. Selain itu, tangganya juga bisa dijadikan untuk kegunaan lain, seperti dekorasi tanaman atau gudang penyimpanan barang.

Rumah bertingkat tidak selalu dibangun di atas tanah yang luas. Ada juga orang yang memanfaatkan lahan sempit untuk membangun rumah bertingkat. Tetap saja, rumah bertingkat membutuhkan tangga sebagai penghubung setiap tingkatnya. Rumah yang kecil tetap bisa memiliki tangga yang inovatif dengan bentuk yang tidak konvensional seperti rumah pada umumnya.
 

Inspirasi Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana nan Estetik

Untuk yang memiliki rumah kecil, mereka bisa memanfaatkan desain tangga rumah sempit sederhana yang ditawarkan oleh artikel Indosteger ini.
 

1. Tangga Berbentuk Spiral

Desain tangga yang inovatif ini sangat cocok untuk rumah bertingkat yang sempit. Tangga spiral tidak lagi digunakan untuk menghubungkan lantai dasar dengan loteng atau tempat menjemur pakaian. Justru, desain tangga ini juga bisa menjadi interior rumah yang memberikan kesan futuristik dan modern.

Tidak sulit membangun tangga spiral, hanya saja penting untuk memperkirakan jumlah anak tangga yang dibangun agar bisa dijangkau. Biasanya, tangga spiral bisa dibangun hanya menggunakan material besi. Penting juga untuk mengecat tangganya dengan warna monokrom atau sesuai dengan interior ruangan lainnya, sehingga tangga spiral ini terlihat semakin estetik.
 

2. Tangga Lurus

Tangga yang lurus dan mengarah ke atas ini sangat sesuai untuk rumah yang sempit dan tidak ingin memakan ruang yang banyak. Apalagi tangga berbentuk huruf L sangat mustahil dibangun dalam rumah yang sempit, sehingga tangga lurus menjadi alternatif jawabannya. 

Meskipun modelnya lurus dan sederhana seperti tangga bangunan, Anda bisa juga mengolah kreativitas untuk memperindah tangga ini. Untuk bahan dasarnya, bisa gunakan tangga scaffolding yang juga tersedia di Indosteger. Kemudian, Anda bisa tambahkan material kayu sebagai railing tangga sehingga penghuni rumah pun tetap aman. Jangan lupa, terapkan juga warna yang sesuai dengan interior rumah sehingga tangga pun terlihat menarik dan tidak monoton.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Tangga dengan Mudah dan Akurat
 

3. Tangga Melengkung

Walaupun tidak bisa membangun tangga berbentuk huruf L, setidaknya Anda bisa membangun tangga yang dengan bentuk melengkung. Desain lengkungan pada tangganya bisa memberikan kesan futuristik pada rumah yang sempit. Tangga melengkung ini juga bisa menjadi alternatif untuk tangga lurus apabila Anda ingin memperhatikan faktor keselamatan di rumah.

Agar terlihat serasi dengan interior rumah, Anda bisa membangun tangga melengkung dengan sedikit jarak antar anak tangga yang berbentuk siku-siku. Untuk railing-nya, Anda bisa menggunakan teralis besi berjarak sehingga tidak terlihat monoton. Gunakan saja material kayu, karena tidak memakan banyak ruang di bawahnya.
 

4. Tangga Siku-Siku Mini

Pilihan terakhir adalah membangun tangga siku-siku mini yang bisa dilalui oleh satu orang dalam waktu yang sama. Bentuknya sama dengan model lengkungan, bedanya anak tangganya dibuat lebih kecil dan hanya bisa dilalui oleh satu orang. Anak tangganya bisa dibuat seperti melayang dengan cara ditanam di dindingnya.

Gunakan bahan dan material yang kuat sehingga anak tangganya mampu menopang beban yang berat. Pasang juga railing yang terbuat dari teralis besi berjarak dan kayu sehingga menghasilkan kesan yang melayang pula.

Keempat pilihan desain tangga rumah sempit sederhana di atas sangat inovatif bukan? Rumah yang kecil pun bukan jadi alasan dalam memiliki tangga yang estetik. Indosteger juga jual tangga scaffolding yang sudah dicat, sehingga cocok untuk dijadikan tangga lurus di rumah kecil Anda.

Baca juga: Cara Menghitung Sudut Kemiringan Tangga

Recent Articles