indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Tips Membuat Dinding Rumah Baja Ringan yang Bisa Anda Ikuti

Rangka dinding rumah baja ringan bisa menjadi struktur bangunan yang tidak kalah kokoh. Tidak hanya atap, baja ringan juga bisa dibuat sebagai struktur dinding. Sayangnya, masih banyak yang awam dengan penggunaan baja ringan sebagai dinding, padahal material ini memiliki banyak manfaat. Indosteger akan memberikan panduan lengkap membangun dinding rumah dari baja ringan.

Langkah-Langkah Membuat Dinding Rumah Baja Ringan

Anda bisa memilih baja ringan sebagai alternatif material fondasi selain besi kolom dan beton. Baja ringan lebih praktis digunakan karena memiliki bobot yang lebih sedikit. Anda hanya perlu memotong dan menyambungkan baja ringan hingga membentuk struktur dinding yang kuat. Struktur baja ringan memiliki ketahanan tinggi terhadap cuaca dan suhu, jadi tidak mudah berkarat.

Anda bisa menggunakan baja ringan untuk membangun ruang tambahan di rumah. Proses renovasi jadi lebih mudah karena Anda cukup membuat dinding partisi dengan material ini. Anda bisa menghemat biaya dan waktu hanya dengan menggunakan baja ringan sebagai struktur dinding.

Tertarik untuk membangun dinding dengan baja ringan? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Atur Ukuran Dinding

Anda harus mengetahui ukuran dinding yang hendak dibuat untuk membangunnya. Hitunglah panjang dan tinggi dindingnya sebagai patokan ukuran baja ringan yang hendak disusun menjadi tiang. Tandai juga area (space) di lantai sebagai tempat pemasangan tiang baja ringan.

2. Pasang Baja Ringan di Lantai

Buat susunan baja ringan dengan ukuran panjang dinding yang sudah ditentukan. Pasang baja ringan tersebut dengan bor di area lantai yang sudah ditandai sebelumnya. Gunakan paku bor yang sesuai untuk baja ringan agar konstruksinya tidak bergeser.

Fungsi baja ringan (track) di lantai adalah menyangga tiang dinding yang akan dibentuk. Anda juga harus membuat track dengan ukuran yang sama untuk dipasang di bagian langit-langit.

3. Buat Rangka Dinding dengan Baja Ringan

Langkah selanjutnya adalah membuat tiang baja ringan sebagai rangka dinding. Rata-rata baja ringan memiliki panjang 6 meter, jadi bisa dibagi menjadi dua atau tiga bagian. Potong baja ringan dengan ukuran tinggi dinding yang ingin dibangun.

Baca Juga: Jenis dan Ukuran Baja Ringan Terlengkap

Semakin banyak tiang baja ringan yang dibuat, semakin kuat pula struktur dindingnya. Setelah membuat tiangnya, bor dua tiang baja ringan di track lantai yang sudah dipasang sebelumnya. Posisi dua tiang ini masing-masing harus berada di ujung track.

Jangan langsung mengebor semua tiangnya, karena kita harus membangun penyangga di langit-langit terlebih dulu.

4. Buat Penyangga di Langit-Langit

Pastikan posisi track dan tiang baja ringan sudah kokoh dan tidak bergeser lagi sehingga pemasangan penyangga (track) di langit-langit lebih mudah. Bentuk track dan tiang harus dalam keadaan tegak lurus.

Pasang baja ringan sebagai track di langit-langit dan letakkan di ujung tiang dinding yang terpasang. Bor track tersebut di langit-langit dengan jarak antar pakunya 60 cm. Setelahnya, pasang tiang baja ringan yang tersisa sebagai struktur dinding vertikal dengan jarak masing-masing 40-60 cm.

5. Pasang Drywall

Terakhir, Anda bisa memasang drywall dari papan gipsum untuk membangun sekatnya. Untuk memasangnya, Anda bisa memotong drywall sebesar 40-60 cm, mengikuti jarak  antar tiangnya. Pasang potongan drywall tersebut dengan cara dibor hingga seluruh rangkanya tertutup. Ulangi langkah ini untuk sisi dinding yang lainnya.

Itulah dia langkah membuat dinding rumah baja ringan yang dapat Anda jadikan panduan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, pastikan Anda hanya menggunakan baja ringan dengan kualitas terbaik.

Gunakan baja ringan dari Indosteger yang sudah dijamin kualitasnya agar struktur dinding tetap kokoh. Dapatkan harga hollow baja ringan 4x4 per batang yang terjangkau hanya di Indosteger.

Selamat mempraktikkan cara membuat dinding rumah baja ringan dengan tips di atas!

Recent Articles