indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Harga Genteng Baja Ringan dan Daftar Ukuran Untuk Biaya Renovasi Rumah

Anda berencana merenovasi rumah, terutama bagian genteng? Ingin model atap yang awet dan tahan lama? Tenang, kami punya solusinya untuk Anda, yaitu atap baja ringan yang sekarang ini banyak diaplikasikan pada rumah-rumah di Indonesia. 

Namun, sebelum tahu harga genteng baja ringan, Anda harus tahu dulu kisaran biaya untuk renovasi rumah. Untuk rincian biayanya, kami sudah ulas lengkap di artikel bedah biaya renovasi rumah, ya. Kalau Anda sudah baca, mari cari tahu soal harga genteng!

Apa itu genteng baja ringan?

Genteng baja ringan sekarang ini jadi solusi rumah-rumah perkotaan yang menginginkan atap awet dari panas sinar matahari maupun guyuran air hujan. Model genteng dari baja ringan biasa dikenal pula sebagai genteng metal pasir yang terbuat dari material metal atau logam. 

Ciri khas genteng baja ringan adalah permukaannya yang memiliki lapisan kasar, seolah berpasir. Hal ini dikarenakan material pembuat genteng, yaitu baja galvalume az 100, campuran coraltex, zinc phospat, dan zincalume yang membuat lapisannya tidak licin atau kesat. Namun, permukaan berpasir ini sengaja dibuat demikian agar sorot sinar matahari tidak masuk ke rumah. Begitu juga dengan suara hujan yang mampu diredam oleh lapisan berpasir agar suasana di dalam tidak berisik. 

Baca juga: Macam-Macam Jenis Baja Ringan untuk Partisi

Ukuran dan harga genteng baja ringan

Melihat keunggulannya yang mampu menahan terik matahari dan suara gemuruh hujan, Anda mungkin mengira kalau harga genteng baja ringan sangatlah mahal. Padahal, harga genteng jenis ini sebenarnya sangatlah terjangkau. Jadi, walaupun bujet renovasi Anda lumayan terbatas, genteng baja ringan masih bisa dijadikan alternatif. Berikut daftar merek, ukuran, dan harga genteng baja ringan:

Nama genteng

Ukuran

Harga per lembar

Multi Roof 2×5 Batuan

77×80 cm (tinggi 0,25 cm)

Rp112.000

Multi Roof 1×5 Color

77×80 cm (tinggi 0,25 cm)

Rp95.000

Sakura 2×4 Batuan

77x80 cm (tinggi 0,25 cm)

Rp60.000

Sakura 2×4 Color

77×80 cm (tinggi 0,25 cm)

Rp42.000

Surya 2×4

77x80 cm (tinggi 0,30 cm)

Rp70.000


Surya 1×4

38,5×80 cm (tinggi 0,30 cm)

Rp37.000

Addesia 2×4 Metal Batuan

77×80 cm (tinggi 0,25 cm)

Rp30.000


Surya 2×4 Batuan

77x80 cm (tinggi 0,25 cm)

 

Rp57.000

Super 2×4 Batuan

77x80 cm (tinggi 0,25 cm)

Rp46.000

Super 1×4 Batuan

38,5×80 cm (tinggi 0,25 cm)

Rp24.000

Inti Roof 2×4 Batuan

77x80 cm (tinggi 0,35 cm)

Rp67.000

Inti Roof 2×4 Batuan

77x80 cm (tinggi 0,30 cm)

Rp60.000

Inti Roof 2×4 Batuan

77×80 cm (tinggi 0,25 cm)

Rp58.000

Inti Roof 1×4 Batuan

38,5×80 cm (tinggi 0,35 cm)

Rp36.000

Inti Roof 1×4 Batuan

38,5×80 cm (tinggi 0,30 cm)

Rp30.000

Inti Roof 1×4 Batuan

38,5×80 cm (tinggi 0,25 cm)

Rp28.000

 

Apa kelebihan genteng baja ringan?

Materi baja ringan sendiri dikenal sebagai salah satu alternatif terbaik bagi kayu dalam proses konstruksi. Sifat yang muncul karena bahannya yang anti karat membuat baja ringan digemari banyak orang. Lalu, bagaimana dengan baja ringan? Apa saja kelebihan genteng baja ringan yang dapat Anda rasakan?

Berikut adalah penjelasannya:

1. Pemasangan yang mudah

Baja ringan, sesuai dengan namanya, dikenal memiliki berat yang sangat ringan. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda ketika akan melakukan proses pemasangan jika dibandingkan dengan jenis atap atau genteng lainnya.

Anda bahkan dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan tukang atau profesional lainnya.

2. Mudah dipotong dan disambung

Baja ringan juga dikenal sangat mudah untuk Anda kelola. Anda dapat dengan mudah memotong serta menyambung baja ringan. Hal ini tentunya dapat membantu Anda ketika dalam proses pemasangan.

Anda dapat dengan mudah menyesuaikan bentuk genteng baja ringan sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan.

3. Lentur

Sesuai dengan sifat yang sebelumnya, genteng baja ringan memiliki sifat yang lentur. Hal ini membuat Anda semakin mudah memasangnya serta tidak perlu khawatir tentang kerusakan karena sifat lenturnya dapat membuat genteng baja ringan mendapat cukup banyak tekanan.

4. Anti Karat

Genteng baja ringan terbuat dari bahan yang membuatnya memiliki sifat anti panas dan karat. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir ketika hujan serta panas menyerang karena genteng baja ringan Anda dapat menahan itu semua dengan baik.

5. Anti Rayap

Alasan baja ringan menjadi bahan alternatif bagi kayu adalah karena sifatnya yang anti rayap. Hal ini juga berarti genteng baja ringan Anda dapat menahan serangan rayap dengan baik.

Apa saja kekurangan genteng baja ringan?

Dengan segala kelebihannya, genteng baja ringan mungkin terlihat seperti bahan atap rumah yang ideal bagi hunian Anda. Namun, ada beberapa kekurangan genteng baja ringan yang harus Anda pahami sebelum benar-benar memutuskan untuk menggunakannya.

Berikut adalah beberapa kekurangan genteng baja ringan yang harus Anda pahami:

1. Mudah terbawa angin

Karena sifat ringannya, tidak jarang genteng baja ringan dapat terbawa oleh angin. Tentu hal ini umumnya hanya terjadi ketika angin kencang terjadi. Pada kondisi hujan lebat biasa, genteng baja ringan masih dapat terpasang dengan aman.

2. Butuh banyak perlengkapan

Anda bisa saja sebenarnya mencegah genteng baja ringan tidak terbawa angin kencang. Namun, untuk melakukan itu, Anda membutuhkan banyak perlengkapan, seperti alumunium foil, sekrup, hingga genteng metal tambahan. Hal ini tentu akan menambah biaya pemasangan genteng hunian Anda.

3. Kurang estetik

Walaupun mudah dipasang, proses pemasangan genteng baja ringan tidak memiliki banyak pola. Hal ini lah yang membuat genteng baja ringan dinilai kurang estetik.

Tidak hanya itu, genteng baja ringan juga tidak dapat anda ekspos sebagai mana genteng dari bahan kayu. Hal ini karena genteng baja ringan menyerap panas yang nantinya dapat membuat suasana di dalam rumah Anda menjadi lebih panas dari biasanya.

4. Kurang variatif

Karena genteng baja ringan adalah hasil olahan pabrik, maka variasi yang ada di pasaran juga tidak terlalu banyak. Walaupun hal itu juga untuk menjaga kualitas dari materi genteng baja ringan itu sendiri.

Ternyata, harga genteng baja ringan tidak semahal yang Anda pikirkan, bukan? Apalagi ada begitu banyak manfaat yang akan didapat dari penggunaan genteng tersebut, rasanya akan semakin menguntungkan bagi Anda. Selain itu, lengkapi pula renovasi dengan pemasangan kanopi untuk melindungi rumah dari panas dan hujan. Tak perlu khawatir soal pembuatan rangka kanopi, Indosteger telah menyediakan besi hollow galvanis untuk dijual maupun disewa

Besi hollow galvanis  memiliki nilai plus karena kuat, kokoh, anti karat, dan aman terkena cuaca ekstrem.  Indosteger juga menyediakan jasa sewa scaffolding sekitar daerah JABODETABEK dan sekitarnya. 

Baca juga: Cara Mudah Menghitung Kekuatan Scaffolding

 

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya