indosteger@gmail.com   +62218294428

News

4 Jenis Baja Ringan untuk Kanopi Rumah Anda

Pemilihan jenis baja ringan untuk kanopi merupakan langkah persiapan yang tidak boleh dilewatkan. Berbagai jenis material baja ringan tersedia di pasaran, tapi tidak semuanya cocok dipasang sebagai kanopi. Jenis baja ringan yang sesuai tidak hanya menghasilkan kanopi yang kuat, tapi desain yang indah pada tampilan eksterior rumah Anda.

Kanopi memiliki kegunaan yang sama seperti atap, yakni sebagai pelindung dari sinar matahari atau hujan saat berteduh. Layaknya komponen rumah lainnya, kanopi juga membutuhkan rangka sebagai penopangnya. Salah satu material terbaik untuk membangun rangka kanopi adalah baja ringan.

Mengapa Memilih Baja Ringan untuk Kanopi?

Baja ringan menjadi material pilihan yang digunakan untuk membuat struktur bangunan, mulai dari fondasi, tulangan atap, hingga kanopi. Keunggulan baja ringan sebagai bahan bangunan sudah tidak diragukan lagi.

Kelebihan pertama terletak pada sifatnya yang anti karat. Meski terbuat dari logam, baja ringan ternyata tahan terhadap cuaca apapun. Anda dapat membuat rangka kanopi, atap, atau plafon dari baja ringan dan tidak akan menemukan karat dalam jangka waktu lama. Perawatannya juga lebih mudah, Anda dapat melapisi dengan cat untuk menambah ketahanan permukaannya.

Baca Juga: 7 Kelebihan Kanopi Galvalum Untuk Bangunan

Pemasangan rangka kanopi lebih mudah jika Anda menggunakan baja ringan. Bobotnya pun ringan, jadi bisa dipasang pada ketinggian apapun tanpa memerlukan waktu yang lama. Material ini juga tidak gampang memuai dan menyusut, sehingga bentuknya tetap terjaga selama proses pembangunan. Meski tergolong ringan, baja ringan ternyata memiliki tegangan tarik yang tinggi sehingga lebih lentur dibandingkan bahan logam lainnya.

Terakhir, baja ringan merupakan material yang mudah dibentuk menjadi model kanopi apapun. Namun, Anda tetap harus memerhatikan ketelitian struktur dalam pembangunannya. Artinya, dibutuhkan penghitungan yang akurat untuk mendapatkan model kanopi yang indah dan sedap dipandang. Jadi, jangan manfaatkan kelebihan baja ringan ini untuk membuat sembarang model karena justru akan berpengaruh pada tampilan eksterior secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Kanopi Dari Besi Hollow dengan Mudah

Apa Saja Pilihan Jenis Baja Ringan untuk Kanopi?

Keunggulan di atas cukup membuktikan bahwa baja ringan merupakan material terbaik untuk konstruksi kanopi Anda. Namun, Anda harus tahu bahwa banyak sekali jenis baja ringan yang dijual di pasaran. Semua jenis baja ringan memiliki karakteristik dan keunggulannya sendiri, jadi Anda harus memilih jenis yang tepat untuk membangun kanopi.

Apa saja jenis baja ringan yang cocok untuk membangun kanopi? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Baja Ringan Kaso

Jenis baja ringan ini dikenal dengan istilah trus dan memiliki dua profil yang berbeda, yakni profil C dan profil W. Perbedaan kedua profil ini terletak pada ukurannya, di mana profil C lebih kecil dibandingkan profil W. Bahan baja ringan kaso dilapisi campuran seng dan aluminium yang disebut zincalume.

Anda dapat menggunakan baja ringan kaso untuk membuat tiang penopang kanopi. Lagipula, bobot kanopi tidak terlalu berat, hanya terdiri dari rangka dan material penutupnya. Baja ringan juga bisa disesuaikan hingga membentuk model tiang kanopi yang Anda inginkan.

2. Baja Ringan Reng

Bentuk trapesium yang menyerupai huruf W menjadi ciri khas baja ringan reng. Pasalnya, baja ringan ini kerap dijadikan sebagai tumpuan genting atau bagian dari atap. Material baja ringan reng terbuat dari seng, sehingga tahan terhadap karat yang diakibatkan oleh perubahan cuaca.

Anda dapat memilih profil reng yang tinggi untuk membangun kanopi. Jika berencana membangun model kanopi yang unik dan sedikit menonjol, gunakan saja baja ringan ini. Ukuran yang tersedia pun bervariasi, jadi Anda tidak terlalu khawatir apabila kanopinya terlalu mencolok di antara rumah di sekitarnya.

3. Baja Ringan Taso

Baja ringan taso berbentuk huruf A dan tampilannya terlihat seperti balok kecil dengan desain menjorok ke dalam. Biasanya, material ini dipasang untuk menyusun rangka atap dan tiang utama sebuah bangunan.

Jenis baja ringan ini dapat dipilih sebagai pengikat material reng yang dipasang sebagai kanopi. Profil baja ringan taso yang tipis akan membuat tampilan kanopi terlihat lebih indah. Karakteristik baja ringan taso yang kuat akan menjaga rangka plafon agar tidak mudah rubuh.

4. Besi Hollow Galvanis

Sejatinya, besi hollow galvanis merupakan bagian dari jenis baja ringan taso. Besi ini memiliki rongga di tengahnya, jadi dikenal pula sebagai besi hollow. Selain galvanis, besi hollow juga tersedia dalam material lainnya di pasaran, yakni gipsum dan plafon.

Material besi hollow terbaik untuk membangun kanopi adalah galvanis. Adanya lapisan seng pada besi atau baja memberikan ketahanan sehingga tidak mudah berkarat saat cuaca tertentu. Jadi, Anda dapat memanfaatkan besi hollow untuk membuat eksterior bangunan lainnya, tidak hanya kanopi. Lapisan galvanis membuat besi menjadi halus sehingga tampilan kanopi terlihat lebih indah dan menarik.

Tertarik membangun kanopi dari besi hollow galvanis setelah membaca keunggulannya di atas? Anda bisa mendapatkan material ini secara online di Indosteger dan kami akan mengantarkannya hingga ke lokasi pembangunan. Harga besi hollow galvanis 4x8 juga terjangkau, jadi Anda akan mendapatkan harga hemat jika berbelanja di toko kami. Hubungi tim Indosteger segera untuk mendapatkan material unggulan ini dan mulailah membangun kanopi impian Anda.

Ada empat macam baja ringan, yaitu baja ringan kaso, reng, taso, dan besi hollow galvanis. Semuanya memiliki bentuk yang berbeda, tapi cocok digunakan untuk membangun kanopi karena sifatnya yang tahan karat dan mudah dibentuk. Dari keempat jenis baja ringan untuk kanopi di atas, mana yang menjadi pilihan unggulan untuk rumah atau gedung Anda?

Recent Articles