indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Beragam Jenis Jenis Proyek Konstruksi serta Contohnya

Jenis-jenis proyek konstruksi yang bisa disaksikan disekitar Anda merupakan salah satu aktivitas pembangunan yang terbagi berdasarkan fungsinya. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa proyek konstruksi adalah rangkaian proses yang sejalan sebagai upaya pembangunan suatu bangunan untuk mencapai tujuan tertentu. Lalu apa saja jenis proyek konstruksi? Baca penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Saja Jenis Proyek Konstruksi?

Dalam pelaksanaannya, pembangunan terbagi menjadi beberapa jenis proyek konstruksi. Jenis jenis proyek konstruksi ini terbagi berdasarkan fungsi dan kegunaan bangunan. Adapun jenis jenis proyek konstruksi tersebut antara lain:

1. Proyek Konstruksi Jalan Raya

Proyek konstruksi jalan raya umumnya dilakukan atas perintah pemerintah baik pusat maupun daerah, khususnya departemen pekerjaan umum. Proses pembangunan jalan dilakukan mulai dari penggalian, pengukuran, konstruksi dan pengerasan.  

Pembangunan jalan raya juga termasuk dengan kegiatan pembenahan dan konstruksi lain yang masih berada pada lingkup jalan raya seperti drainase dan jembatan. Dalam proyek ini, konstruksi harus ditangani oleh orang yang ahli dalam perencanaan dan pembangunan.

Baca Juga: 7 Tugas Manajer Proyek dalam Proses Konstruksi

2. Proyek Konstruksi Perumahan

Proyek konstruksi perumahan tidak hanya berupa perencanaan dan pembangunan perumahan, tetapi juga perbaikan dan pemodelan ulang struktur perumahan secara keseluruhan. Selain itu, konstruksi ini juga mencakup proyek rumah tinggal yang lebih besar dan digunakan bersama seperti rumah susun, apartemen, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apa Itu Konstruksi dan Bagian-Bagiannya

3. Proyek Konstruksi Teknik Sipil

Jenis proyek konstruksi sipil merupakan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan masyarakat banyak dan dilakukan oleh pemerintah. Proyek ini dapat berupa perbaikan dalam bidang komunikasi, perkeretaapian, pembangunan terowongan, dan bendungan. 

Dalam proses perencanaan dan pembangunan, proyek konstruksi ini tidak mengambil keuntungan sedikit pun sebab pemenuhan kebutuhan dan kepentingan masyarakat menjadi hal yang utama.

4. Proyek Konstruksi Bangunan Air

Jenis proyek konstruksi bangunan air merupakan salah satu proyek besar yang dilakukan oleh pemerintah. Sama dengan proyek konstruksi teknik sipil, proyek konstruksi bangunan air juga dikerjakan untuk memenuhi kepentingan umum. 

Meski proyek milik pemerintah, siapa pun memiliki kesempatan untuk membiayai konstruksi ini. Contoh dari proyek konstruksi bangunan air adalah pemasangan pipa, pembuatan waduk, pemeliharaan bendungan, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Instalasi Pipa Air yang Benar dan Aman dari Bocor

5. Proyek Konstruksi Gedung

Jenis proyek konstruksi gedung ini banyak Anda temukan terutama pada kota-kota besar. Hal ini disebabkan proyek konstruksi ini dilakukan untuk membangun atau memperbaiki sebuah gedung dengan memperhatikan pertimbangan pembangunan dan teknologi serta peraturan yang berlaku pada lokasi pembangunan.

6. Proyek Konstruksi Sekolah

Jenis proyek konstruksi sekolah sebenarnya juga termasuk pada konstruksi gedung. Kegunaan dari pelaksanaan pembangunan gedung sekolah ini tentu untuk menciptakan tempat menuntut ilmu yang baik dan layak sehingga dapat mencerdaskan masyarakat.

Pendanaan dalam pembangunan atau perbaikan sekolah ini dilakukan oleh pemerintah pada seluruh sekolah negeri. Tetapi, terdapat pula sekolah swasta yang sumber dananya dari pihak yang mendirikan sekolah tersebut. 

7. Proyek Konstruksi Jembatan

Proyek konstruksi jembatan merupakan bangunan yang digunakan untuk menghubungkan dua tempat dikarenakan adanya penghalang antara kedua jalan. Penghalang tersebut dapat berupa sungai, waduk, lembah, dan lain-lain. 

Proyek konstruksi jembatan juga dapat dikategorikan sebagai proyek konstruksi teknik sipil ketika pembangunan dilakukan oleh pemerintah dan berguna sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat umum.

Baca Juga: 6 Tahapan Pekerjaan Konstruksi Bangunan

8. Proyek Konstruksi Bangunan Industri

Melaksanakan proyek konstruksi industri membutuhkan keahlian khusus dan spesialisasi pada bidang tersebut sebab akan melibatkan pembuatan struktur bangunan khusus. 

Meskipun jenis proyek konstruksi ini memiliki bagian kecil dalam pembangunan gedung industri, tetapi tetap dibutuhkan kemampuan dalam bidang perencanaan, konstruksi, dan desain. Proyek ini umumnya dilakukan oleh perusahaan industri seperti minyak, energi, listrik, dan lain sebagainya.

9. Proyek Konstruksi Rumah Ibadah

Proyek konstruksi rumah ibadah dapat menjadi proyek yang dilakukan pemerintah maupun pihak swasta. Namun, sebagian besar rumah ibadah cenderung didirikan oleh pihak swasta masing-masing agama. Pembangunan ini tentu berguna untuk menciptakan tempat yang nyaman dan aman untuk beribadah.

Itulah tadi beragam jenis proyek konstruksi yang dapat menambah informasi dan pengetahuan Anda pada bidang pembangunan. Singkatnya, tahapan melakukan konstruksi sebuah bangunan ialah perencanaan, perancangan, dan mulai pembangunan. 

Dalam proses perencanaan, Anda tidak hanya membutuhkan perencanaan pada bidang biaya dan desain, tetapi juga penggunaan material pembangunan sehingga dapat menciptakan hasil yang maksimal. Indosteger menyediakan berbagai kebutuhan pembangunan Anda termasuk sewa scaffolding dengan bahan unggulan dan berkualitas sehingga terjamin aman.

Jika Anda akan membangun salah satu jenis jenis proyek konstruksi di atas, penuhi kebutuhan pembangunan Anda dengan menghubungi Indosteger sekarang juga.

Recent Articles