indosteger@gmail.com   +62218294428

News

10 Jenis Keramik Tangga yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

Jenis keramik tangga menjadi salah satu pertimbangan penting saat membangun elemen ini. Pemilihan keramik yang tepat akan memengaruhi tampilan interior rumah. Keramik tangga bisa dibuat sama seperti lantainya, tapi bisa pula dirancang berbeda untuk menciptakan aksen tersendiri.

Tangga merupakan konstruksi rumah yang cukup kompleks untuk proses pembangunannya. Bagaimana tidak, Anda harus mengukur anak tangganya terlebih dahulu agar lebih leluasa dilewati. Selain itu, pemilihan railing dan keramik tangga harus diperhatikan supaya serasi dan tidak terkesan ‘menabrak’ desain interior rumah lainnya.

Apa Saja Ragam Jenis Keramik Tangga untuk Rumah Anda?

Keramik tangga terdiri dari berbagai motif dan spesifikasi yang cukup menarik. Material ini ternyata tidak hanya berguna untuk keselamatan, tapi juga menunjang interior rumah.

Terlepas dari motif atau tampilannya, hal penting dalam memilih keramik tangga adalah kesesuaian ukurannya. Meski Anda menemukan motif yang cantik, percuma saja jika ukurannya kurang sesuai tangga yang sudah dibangun. Estetika tangga tetap terjaga apabila keramik yang disusun sesuai pola yang telah dibuat. Jadi, memotong keramik agar pas dengan ukuran anak tangganya bisa merusak nilai keindahannya.

Jangan khawatir, Anda bisa menyediakan berbagai motif keramik disertai ukuran yang bervariasi. Pilihan motif keramik di bawah ini cocok digunakan untuk menghias tangga rumah agar lebih indah.

1. Keramik Putih Polos

Warna putih sering digunakan karena menambah kesan elegan sekaligus nuansa ruangan terlihat lebih luas. Putih juga merupakan warna yang tak lekang oleh waktu, jadi tetap trendi untuk rumah Anda. Kesan natural dari warna ini semakin bertambah kalau tangganya terletak di outdoor atau di sebelah ruang terbuka.

Baca Juga: Inilah Dia Cara Pasang Keramik Tangga Dengan Mudah

2. Keramik Mozaik

Jika Anda ingin tampilan rumah seperti Hagia Sophia, gunakan keramik mozaik untuk tangganya. Sesuaikan motif mozaiknya dengan interior dinding atau lantai sekitar Anda. Keramik mozaik memiliki permukaan yang kasar, jadi cocok digunakan untuk tangga outdoor agar tidak licin.

3. Keramik Granit

Tambahkan keramik granit untuk melengkapi nuansa industrialis atau minimalis interior rumah Anda. Warna granit yang natural membuat tangga terkesan menyatu dengan interior sekelilingnya. Kombinasi kesan mewah dan rustic bisa dihasilkan dari jenis keramik ini.

Baca Juga: 15 Perbedaan Granit dan Keramik untuk Lantai Rumah

4. Keramik Motif Etnik

Motif ini tidak seperti mosaik, karena lebih mengusung kesan vintage. Keramik ini membuat tangga menjadi pusat perhatian, terutama saat dipadukan berbagai motif berbeda. Biasanya, keramik motif etnik lebih dikenal sebagai lantai tegel di Indonesia. Triknya, pilih motif yang sesuai interior rumah sekelilingnya agar tetap serasi.

5. Kombinasi Keramik Tangga Motif Kayu

Pilihan tangga motif kayu memiliki kelebihan. Salah satunya adalah sifat kasarnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir saat ingin menggunakan tangga dalam kondisi basah sekalipun.

Walaupun demikian, kombinasi keramik tangga motif kayu akan membuat biaya pembuatan tangga membengkak. Pasalnya, kayu yang nyaman untuk digunakan sebagai lantai tangga umumnya memiliki harga yang relatif mahal.

Paduan keramik bermotif dan kayu menghasilkan kesan tangga tradisional sekaligus modern. Kombinasinya seperti ini: pasang kayu di alas anak tangga, kemudian aplikasikan keramik bermotif di bagian riser-nya. Tangga tidak terlihat membosankan, malah semakin berwarna jika Anda memilih kombinasi ini.

6. Keramik Puzzle Custom

Pilihan lainnya, Anda bisa membuat stiker custom pada keramik tangga yang ingin digunakan. Pilihan gambarnya bebas, bisa berupa alam, monumen bangunan, dan sebagainya. Perhatikan pula ukuran dan kebutuhan jumlah keramiknya agar gambarnya pas dan tidak terpotong seperti puzzle yang tersusun.

7. Keramik Motif Batu Alam

Tambahkan nuansa rumah yang mewah dengan keramik batu alam atau marble yang indah. Daripada menggunakan batu alam asli, Anda bisa menggunakan motif keramik ini agar lebih ekonomis. Pemasangannya pun lebih mudah dibandingkan batu alam asli, bahkan keramik ini masih cocok digunakan untuk tangga outdoor.

8. Keramik Tangga Marmer

Marmer dikenal sebagai bahan rumah yang premium. Selain memiliki tampilan yang menarik, bahan marmer juga merupakan jenis keramik tangga kasar. Artinya, bahan ini memiliki sifat anti licin yang membuat orang-orang dapat menggunakan tangga dengan lebih aman.

Keramik untuk tangga satu ini juga memiliki banyak motif dan warna sehingga Anda dapat lebih leluasa untuk memadukan model keramik tangga dari marmer dengan desain rumah lebih mudah.

9. Keramik Tangga Motif 3 Dimensi

Kalau Anda sedang mencari inspirasi keramik tangga yang benar-benar unik, maka Anda bisa mencoba desain keramik dengan motif 3 dimensi (3D).

Penerapan motif keramik tangga satu ini mungkin akan lebih rumit dibandingkan dengan jenis lainnya. Anda mungkin akan membutuhkan bantuan profesional atau membuat desainnya terlebih dahulu untuk memastikan kalau Anda dapat membuat tangga motif 3D dengan lebih baik.

10. Keramik Tangga Roman

Jenis keramik tangga satu ini merupakan salah satu keramik yang sudah sangat lama ada di Indonesia. Semenjak diproduksi tahun 1970, keramik roman telah menjadi pilihan banyak orang sebagai keramik tangga atau rumah.

Mengapa orang-orang menggunakannya?

Hal ini karena keramik roman memiliki sifat daya serap air yang sangat tinggi. Selain itu, keramik roman juga memiliki sifat anti gores, noda, serta dapat menahan beban dalam jumlah yang tinggi.

Hal-hal di atas membuat keramik roman menjadi pilihan yang tepat untuk keramik tangga rumah Anda. Keramik tangga roman akan memastikan kalau tangga di rumah Anda akan aman untuk digunakan walaupun dalam kondisi basah sekalipun karena keramik roman akan menyerapnya dengan cepat dan memiliki sifat kasar.

Bagaimana cara memilih jenis keramik tangga yang tepat?

Dari sekian banyaknya jenis keramik tangga yang ada, Anda mungkin kebingungan mana yang tepat untuk hunian Anda. Untuk membantu Anda menemukan jenis keramik yang tepat, berikut adalah beberapa tips jenis keramik tangga yang tepat:

1. Pilih keramik dengan sifat anti slip

Salah satu sifat yang wajib dimiliki oleh tangga rumah adalah aman untuk digunakan. Salah satu cara menerapkannya adalah dengan menggunakan bahan keramik tangga anti slip atau anti licin.

2. Sesuaikan dengan desain rumah

Tangga rumah adalah bagian dari interior rumah. Oleh karena itu, agar suasana dalam rumah nyaman dipandang, Anda harus memastikan kalau motif serta bahan dari keramik tangga Anda sesuai dengan desain interior rumah Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Denah Rumah?

3. Sesuaikan dengan budget yang ada

Tips terakhir untuk memilih bahan keramik tangga yang tepat Adalah menentukannya dengan biaya yang dapat Anda keluarkan. Tangga kayu mungkin memiliki motif serta sifat yang tepat, namun biasanya akan memiliki biaya yang relatif lebih mahal. Anda bisa beralih pada keramik-keramik yang lebih sederhana namun tetap aman untuk mendapatkan keramik yang tepat.

Apapun pilihan motif keramiknya, perhatikan keamanan dan keselamatan kontraktor saat membangun rumah Anda. Gunakan layanan sewa scaffolding murah dari Indosteger yang siap diantar ke lokasi pembangunan Anda. Pemasangan jenis keramik tangga apapun akan lebih lengkap kalau Anda memfasilitasi proyek dengan tangga scaffolding Indosteger.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya