indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Inilah Cara Menghitung Anak Tangga Leter L

Salah satu tugas para kontraktor dalam membangun rumah dua lantai adalah memahami cara menghitung anak tangga leter L. Akhir-akhir ini, permintaan terhadap rumah dua lantai semakin meningkat, terutama di daerah metropolitan. Permintaan yang banyak ini membuat orang juga membangun rumah dua lantai sebagai investasi di bidang properti.

Di antara sekian banyak jenis tangga, bentuk leter L lebih umum digunakan di rumah dua lantai. Banyak sekali alasan untuk memilihnya, mulai dari keamanan hingga kenyamanan saat menaiki tangga. Perlu dicatat bahwa ada rumus tersendiri dalam membuat tangga leter L yang nyaman dilewati.

Rumus Cara Menghitung Anak Tangga Leter L

Tangga bukan lagi ornamen penunjang dalam rumah, tapi sudah menjadi bagian utama dalam bangunan berlantai. Karena itu, pembuatan tangga pun harus dirancang dengan hati-hati, jangan sampai membahayakan penghuni rumahnya.

Membangun tangga berarti memperhatikan aspek kenyamanan saat melewatinya. Anda pasti mendambakan tangga yang tidak terlalu sempit untuk dilewati, juga jarak antar anak tangga yang tidak terlalu tinggi. Risiko keamanan yang fatal dari membangun tangga secara sembarangan adalah orang yang melewatinya bisa saja terjatuh.

Baca Juga: Ketahui Ukuran Tangga Rumah Minimalis yang Tepat

Selain itu, pembuatan tangga dalam rumah juga tidak murah, karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan materialnya. Apabila ukuran dan jumlah anak tangganya, bisa mengakibatkan pemborosan biaya yang tidak diinginkan.

Apapun desain tangga leter L yang hendak digunakan dalam rumah, Anda harus menghitung dulu jumlah anak tangga yang diperlukan dalam membangunnya. Untuk menghitungnya, Anda bisa menggunakan rumus tinggi tangga secara keseluruhan (h) dibagi tinggi setiap anak tangganya (t), kemudian dikurangi satu. Singkatnya, rumus menghitung anak tangga adalah (h/t)-1. 

Rekomendasi kami adalah: anak tangga harus dibuat setinggi 16-20 cm sehingga mudah dinaiki. Ada pun lebar ideal adalah 26-30 cm, sehingga seluruh bagian kaki bisa berpijak tanpa resiko terpeleset. Secara keseluruhan, lebar anak tangga harus mencapai 120 cm, jadi bisa dilewati oleh dua orang dalam waktu yang bersamaan.

Misalkan, Anda hendak membangun tangga setinggi 320 cm, yang menjadi jarak antara lantai satu dengan plafonnya. Tinggi anak tangga yang dibuat adalah 16 cm. Ketika dihitung, akan mendapatkan hasil 19 anak tangga.

Jadi, Anda harus membuat 19 anak tangga dengan tinggi 16 cm setiap anak tangganya. Tinggi tiap anak tangga harus dibuat sama, sehingga aman saat dilangkahi dan tidak berisiko terjatuh.

Tangga leter L juga memiliki bordes sebagai tempat perhentian atau ‘pit stop’ saat dilewati. Biasanya, bordes ini dibuat dengan panjang 90-120 cm, sesuaikan saja dengan space yang ada di dalam rumah.

Karena anak tangganya berjumlah 19, Anda harus memasang railing sehingga tangga dilewati dengan aman. Dinding sebagai alternatif railing hanya disarankan untuk konstruksi 5 anak tangga saja. Jangan lupa memasang pagar pembatas di setiap ujung anak tangga apabila ada anak kecil di dalam rumah.

Selain itu, perhatikan pula peletakannya, sehingga tangga mudah diakses oleh penghuni rumah. Pastikan tangga mudah dijangkau atau setidaknya orang bisa melihatnya dengan jelas. Idealnya, tangga harus terletak maksimal 20 meter dari ruang yang paling ujung.

Poin paling penting adalah hafalkan cara menghitung anak tangga leter L saat membangun rumah atau gedung bertingkat, yaitu (h/t)-1.

Membangun tangga juga merupakan pekerjaan yang berisiko dan bisa membahayakan keselamatan kontraktor apabila tidak dilengkapi peralatan yang tepat. Lebih baik Anda menyediakan tangga scaffolding dari Indosteger yang kuat sehingga keamanan pekerja bangunan tetap terjaga dan informasi cara menghitung anak tangga leter L dapat diterapkan.

Recent Articles