indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Kegunaan dan Kekuatan Besi UNP

Jika berbicara soal kekuatan besi UNP, baja ringan yang satu ini terkenal sangat kokoh dan tahan lama. Tidak heran kalau besi UNP pun sering digunakan untuk konstruksi gedung dan mulai dipakai untuk konstruksi bangunan tahan gempa. 

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan besi UNP dalam konstruksi bangunan Anda selanjutnya? Mari simak dulu kegunaan serta kekuatan besi UNP seperti uraian di bawah ini. 
 

Apa itu Besi UNP?

Besi UNP adalah satu dari dua jenis besi kanal. Besi kanal sendiri terbagi menjadi dua jenis: UNP dan CNP. Besi CNP sendiri merupakan varian besi kanal yang memiliki bentuk yang serupa dengan huruf 'C', yang membuat besi ini disebut CNP. Sementara itu, besi kanal UNP memiliki bentuk yang serupa dengan huruf U.

Kedua varian besi baja tersebut sudah sering ditemukan dalam konstruksi besi sebuah bangunan. Walaupun berasal dari jenis besi baja yang sama, kedua besi memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda-beda.

Besi kanal CNP, misalnya, adalah besi yang lebih sering digunakan dalam bidang otomotif, konstruksi sebagai rangka atap, dan juga bidang industri. Besi baja UNP, sementara itu, walaupun juga dapat digunakan dalam bidang konstruksi, memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Berikut adalah penjelasan kegunaan besi UNP.
 

Kegunaan besi UNP

Besi UNP ternyata memiliki banyak kegunaan dalam dunia bangunan. Ini berkat kekuatan besi UNP yang dianggap tangguh dengan kualitas baja yang diakui sangat kokoh. Pantas saja jika besi UNP ini menjadi salah satu material konstruksi yang banyak digunakan, baik itu untuk pembangunan rumah, gedung pencakar langit, hingga konstruksi bak mobil pick up atau truk. 

Secara umum, besi UNP lebih sering digunakan sebagai purlin. Purlin adalah balok penutup rangka atap. Kemudian, besi UNP juga dijadikan material untuk girt atau struktur horizontal yang menopang dinding. Girt ini merupakan ekuivalen dari purlin, di mana keduanya ditujukan untuk membuat bangunan lebih kokoh, tahan angin kencang, dan anti gempa.

Selain itu, tak jarang besi UNP digunakan untuk membuat kerangka bangunan dikarenakan kualitas anti gempa yang dimilikinya. Dalam beberapa proyek, besi UNP juga digunakan untuk konstruksi rangka tangga, kontainer sampah, anak blok, gardu listrik, dan bak mobil. Sangat banyak kegunaan dari besi UNP ini yang menjadikannya material bangunan yang layak Anda pertimbangkan.
 

Kelebihan besi UNP

Setelah mengetahui apa saja kegunaan besi UNP, tahukah Anda soal kelebihannya? Tentu saja penting bagi Anda untuk mengecek kelebihan dari besi UNP sebelum membelinya untuk konstruksi bangunan. Berikut ini ulasannya:
 

1. Mudah dipasang

Besi UNP sering digunakan sebagai sambungan karena termasuk dalam golongan besi yang mudah dibentuk. Apapun itu kegunaan dari besi UNP, bisa dipastikan penggunaan baja ringan ini akan lebih mudah dan efisien dari segi waktu.
 

2. Daktilitas tinggi

Daktilitas di sini artinya kemampuan besi UNP dalam menghadapi simpangan pasca-elastik dalam daya yang besar secara berkali-kali atau kemampuan besi UNP untuk menahan tegangan tarik yang terjadi. Besi UNP memiliki daktilitas yang tinggi karena tidak mudah memuai ketika harus menopang beban berat. Selain itu, kekuatan besi UNP tidak perlu diragukan lagi karena kualitasnya yang anti rayap dan anti karat.
 

3. Lebih ramah lingkungan

Karena kualitas besi UNP yang tidak mudah rusak maupun berkarat, maka besi UNP ini bisa dipakai berulang kali. Semisal besi UNP ingin dicopot dan diganti menjadi baru untuk berbagai alasan, besi UNP yang lama bisa dipakai kembali untuk kebutuhan konstruksi lain.
 

4. Alternatif yang lebih hemat

Besi UNP tahan panas dan korosi, sehingga pemakaiannya lebih awet dibanding jenis baja ringan lainnya. Anda pun tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk mengganti besi UNP secara berkala. Selain itu, instalasi besi UNP tidak memerlukan papan-papan untuk tiang beton, sehingga lebih hemat anggaran.

Baca juga: Daftar Ukuran dan Berat Besi Beton Sesuai SNI
 

Ukuran dan Berat Besi Baja UNP

Besi UNP hadir dalam berbagai ukuran dan berat yang masing-masing bisa disesuaikan untuk kebutuhan konstruksi bangunan Anda. Baik ukuran maupun berat bisa jadi pertimbangan bagi Anda, kekuatan besi UNP yang seperti apa yang dikira cocok untuk kebutuhan bangunan Anda. Daftarnya pun cukup panjang, dimulai dari ukuran 50x38x5 mm dan panjang 6 meter seberat 31 kg hingga ukuran 400x110x14 mm dan panjang 12 meter seberat 862 kg. Berikut ini daftar ukuran besi UNP beserta beratnya untuk Anda simak:

Masih ada banyak ukuran dan berat besi UNP yang bisa Anda pilih. Namun, pastikan Anda memilih distributor yang tepercaya dengan kualitas material bagus agar Anda mendapatkan harga besi unp galvanis terbaik di pasaran. Konsultasikan juga soal kebutuhan bangunan Anda kepada distributor untuk bisa menemukan kekuatan besi UNP yang paling sesuai.

Itulah dia sekilas penjelasan tentang kekuatan besi UNP dan kegunaannya. Jenis besi UNP merupakan salah satu besi yang sudah tidak asing digunakan dalam pembangunan. Pastikan Anda memahami karakteristik dan kegunaan dari jenis besi satu ini untuk dapat memanfaatkan seluruh kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari besi UNP. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Berat Besi 10 mm pada Besi Beton Polos dan Ulir Sesuai SNI

Recent Articles