indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Pengertian Fatigue dalam Dunia Konstruksi

Konstruksi bangunan yang baik tentunya harus memenuhi berbagai macam penilaian yang tepat serta sesuai dengan aturan agar bisa tahan lama dan kokoh. Di dalam konstruksi bangunan sendiri, juga terdiri dari berbagai macam bahan material yang beragam. Masing-masing bahan material memiliki kegunaannya masing-masing yang digabungkan agar bisa membuat bangunan baik.

Jika Anda melihat secara seksama bagian dari bangunan yang ada di sekitar Anda, pastinya Anda akan menyadari suatu hal yaitu adanya bahan material yang kekuatannya berkurang, alias mulai tidak sebaik dan sekokoh pada awalnya. Kondisi ini disebut fatigue, atau kelelahan, dari konstruksi bangunan tersebut.

Fatigue adalah kondisi di mana material bangunan yang sudah dipakai selama bertahun-tahun, bahkan hingga belasan atau puluhan tahun, mulai mengalami perkurangan kualitas ketahanan. Kondisi ini sebenarnya terhitung lumrah saja karena pada dasarnya, seiring berjalannya waktu, maka akan ada material bangunan yang mulai berkurang kualitasnya.

Namun jika dilihat secara lebih jauh, kondisi ini juga berbahaya. Mengapa berbahaya? Karena dengan kondisi material yang terkenal fatigue, maka bisa dipastikan ada masalah keamanan yang dipertaruhkan juga. Dengan fatigue material, maka kualitas yang menurun bisa membuat keamanan dari konstruksi bangunan tersebut berkurang dengan sendirinya.

Untuk mengenal tentang fatigue di material yang bisa membahayakan juga, di bawah ini dijelaskan kondisi fatigue di material secara lengkap. Dari pengertiannya hingga jenis-jenis fatigue yang bisa terlihat di dalam material bangunan. Berikut ulasannya.
 

Pengertian Fatigue

Kelelahan tidak hanya dapat dialami oleh manusia, tetapi juga manusia. Dalam ilmu konstruksi, fatigue adalah kegagalan yang terjadi di dalam suatu desain atau konstruksi sebuah bangunan. Selain kegagalan dalam desain, fatigue juga dapat disebabkan beban yang berulang. Anda bisa mengibaratkan sebagaimana orang yang mengalami kondisi kelelahan mental akibat stress yang teru menerus.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan kalau fatigue adalah fenomena ketika sebuah material mengalami kegagalan akibat berbagai hal seperti menahan beban sepanjang waktu. Material tidak ubahnya orang yang dapat mengalami lelah fisik jika terus mengalami stres secara terus menerus.

Lalu sebagaimana seseorang yang dapat menyebabkan kecelakaan atau gangguan ketika Ia sedang merasa lelah, material yang sedang mengalami faigue dapat membawa masalah di kemudian hari. Oleh karena itu Anda harus rajin-rajin melakukan pengecekan untuk memastikan kalau material bangunan Anda mengalami kelalahan atau tidak. Anda tidak ubahnya seperti seorang doktor yang melakukan aktivitas check-up rutin untuk mengetahui apakah pasien Anda, dalam hal ini material bangunan, mengalami kelelahan atau tidak.
 

Jenis-Jenis Fatigue Pada Material

Sebagaimana terdapat beberapa penyakit yang dapat menyerang manusia, terdapat beberapa jenis kelelahan yang dapat menyerang sebuah material. Gejala, tanda, serta penyebab tiap kelelahan pun berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis kelelahan pada material yang harus Anda ketahui untuk menjaga kesehatan material bangunan Anda.
 

1. Kelelahan Thermal

Dari namanya, sakit atau kelalahan pada material diakibatkan oleh perubahan suhu. Umumnya, kelelahan ini dialami oleh material yang ditempatkan di tempat tertutup dengan suhu atau temperatur yang tinggi. Kenaikan atau tingginya suhu ini dapat menyebabkan retakan muncul pada sebuah material yang jika tidak ditangani dengan benar akan dapat melukai aset Anda dengan cukup seriues.
 

2. Kelelahan Korosi

Kelelahan satu ini umumnya terjadi ketika sebuah material yang ditempatkan di lingkungan yang memiliki zat yang dapat mengakibatkan korosi dengan cepat. Kelelahan yang dialami oleh sebuah material secara alami akan menjadi lebih cepat merusak material ketika sebuah retakan muncul. Maka dari itu Anda dapat melakukan pencegahan untuk memperpanjang usia material bangunan dengan mengetahui Cara Mencegah Korosi Pada Besi.
 

3. Kelelahan Getaran

Kelelahan jenis ini dapat terjadi pada seluruh material yang dapat mengalami guncangan atau getaran yang hebat, misalnya dinding di pabrik yang memakai banyak mesin. Getaran ini akan mengakibatkan keretakan muncul pada sebuah material secara perlahan. Ketika sebuah retakan muncul, maka proses kelelahan pun akan berjalan lebih cepat karena material tidak bisa menahan sekuat sebelum material tersebut mengalami keretakan.
 

4. Kelelahan Struktural

Kelelahan satu ini merupakan penyakit yang merupakan campuran dari beberapa sumber kelelahan. Jenis fatigue satu ini umumnya dialami oleh material pada bangunan-bangunan publik atau umum, seperti jalan, jembatan, gedung, dan lain-lain. Faktor yang menyebabkan kelelahan ini antara lain lalu lintas atau lalu lalang orang-orang di sekitar bangunan, penggunaan yang sering, cuaca, dan suhu yang dapat membebani material bangunan di luar batas wajar.

Baca juga: Ketahui Cara Tepat Cek Kualitas Besi Bangunan
 

Tahapan Fatigue Di Material

Pengertian fatigue sudah dibahas di atas. Sekarang giliran tahapan fatigue di dalam material bangunan. Dengan bahaya yang mengintai ketika adanya fatigue di material, maka Anda perlu tahu apa saja jenis-jenis fatigue yang bisa terjadi secara alamiah.

Untuk tahapan fatigue yang ada, biasanya dimulai dari crack initiation. Proses ini disebut sebagai pintu awal dari kondisi fatigue material. Mulai ada retakan di dalam material tersebut. Lalu mulai ada stage I crack growth. Kondisi ini merupakan mulai menyebarnya retakan di dalam material.

Kemudian dilanjutkan dengan stage II crack growth. Lanjutan dari stage I, retakan pun semakin membesar lagi. Pada saat ini, sebenarnya sudah bisa terlihat dengan mata secara langsung bagaimana kondisi fatigue di material bangunan. Dan tahapan fatigue yang terakhir adalah ultimate failure, yang artinya adalah kerusakan material secara total dan tidak bisa digunakan lagi. Jika sudah masuk ke tahap terakhir ini, maka bahaya dari fatigue di dalam material bangunan bisa langsung berdampak kepada Anda.

Itulah pengertian fatigue serta jenis-jenisnya dalam dunia konstruksi. Fatigue adalah kelelahan yang dialami oleh material. Sebagaimana manusia yang dapat mudah jatuh sakit ketika kelelahan, material juga dapat dengan mudah rusak ketika kelelahan menahan beban secara terus menerus. Faktor-faktor lingkungan juga membantu material menjadi lebih cepat lelah yang berarti lebih cepat rusak. Pastikan Anda dapat berperan sebagai dokter untuk terus mengawasi kesehatan bangunan Anda untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Untuk melakukan pengecekan pada bangunan yang sudah berumur dengan aman, sebaiknya Anda menggunakan peralatan yang cukup seperti sewa scaffolding.

Recent Articles