indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Kenali Faktor Fatigue di Material yang Berbahaya

Konstruksi bangunan yang baik tentunya harus memenuhi berbagai macam penilaian yang tepat serta sesuai dengan aturan agar bisa tahan lama dan kokoh. Di dalam konstruksi bangunan sendiri, juga terdiri dari berbagai macam bahan material yang beragam. Masing-masing bahan material memiliki kegunaannya masing-masing yang digabungkan agar bisa membuat bangunan baik.

Jika Anda melihat secara seksama bagian dari bangunan yang ada di sekitar Anda, pastinya Anda akan menyadari suatu hal yaitu adanya bahan material yang kekuatannya berkurang, alias mulai tidak sebaik dan sekokoh pada awalnya. Kondisi ini disebut fatigue, atau kelelahan, dari konstruksi bangunan tersebut.

Baca Juga : 5 Jenis Pondasi Terbaik untuk Konstruksi Bangunan Rumah

Fatigue adalah kondisi di mana material bangunan yang sudah dipakai selama bertahun-tahun, bahkan hingga belasan atau puluhan tahun, mulai mengalami perkurangan kualitas ketahanan. Kondisi ini sebenarnya terhitung lumrah saja karena pada dasarnya, seiring berjalannya waktu, maka akan ada material bangunan yang mulai berkurang kualitasnya.

Namun jika dilihat secara lebih jauh, kondisi ini juga berbahaya. Mengapa berbahaya? Karena dengan kondisi material yang terkenal fatigue, maka bisa dipastikan ada masalah keamanan yang dipertaruhkan juga. Dengan fatigue material, maka kualitas yang menurun bisa membuat keamanan dari konstruksi bangunan tersebut berkurang dengan sendirinya.

Untuk mengenal tentang fatigue di material yang bisa membahayakan juga, di bawah ini dijelaskan kondisi fatigue di material secara lengkap. Dari pengertiannya hingga jenis-jenis fatigue yang bisa terlihat di dalam material bangunan. Berikut ulasannya.

Pengertian fatigue

Jika di atas sudah dijelaskan secara luas tentang fatigue dari material, maka ada juga penjelasan lebih komprehensif dan ilmiah dari kondisi ini. Fatigue adalah kegagalan yang terjadi di dalam suatu desain atau konstruksi sebuah bangunan. Selain itu, fatigue adalah salah satu jenis kerusakan atau kegagalan yang diakibatkan oleh beban berulang.

Dari dua penjelasan di atas, sudah terlihat jelas kalau fatigue menjadi sebuah kondisi yang berdampak negatif untuk konstruksi bangunan. Ditambah lagi, adanya penjelasan kalau fatigue dari material bangunan bisa terjadi akibat beban yang terus berulang sepanjang waktu.

Tentu saja dengan dampak negatif yang terjadi, keamanan konstruksi bangunan sudah pasti tidak terjamin lagi. Hal ini bisa membawa masalah pada masa mendatang. Maka dari itu, diperlukan pengecekan lebih khusus dan fokus jika sudah mulai terlihat adanya fatigue dari material atau konstruksi bangunan yang ada.

Tahapan fatigue di material

Pengertian fatigue sudah dibahas di atas. Sekarang giliran tahapan fatigue di dalam material bangunan. Dengan bahaya yang mengintai ketika adanya fatigue di material, maka Anda perlu tahu apa saja jenis-jenis fatigue yang bisa terjadi secara alamiah.

Untuk tahapan fatigue yang ada, biasanya dimulai dari crack initiation. Proses ini disebut sebagai pintu awal dari kondisi fatigue material. Mulai ada retakan di dalam material tersebut. Lalu mulai ada stage I crack growth. Kondisi ini merupakan mulai menyebarnya retakan di dalam material.

Kemudian dilanjutkan dengan stage II crack growth. Lanjutan dari stage I, retakan pun semakin membesar lagi. Pada saat ini, sebenarnya sudah bisa terlihat dengan mata secara langsung bagaimana kondisi fatigue di material bangunan. Dan tahapan fatigue yang terakhir adalah ultimate failure, yang artinya adalah kerusakan material secara total dan tidak bisa digunakan lagi. Jika sudah masuk ke tahap terakhir ini, maka bahaya dari fatigue di dalam material bangunan bisa langsung berdampak kepada Anda.

 

Itulah faktor fatigue di material yang bisa membahayakan diri Anda dan juga konstruksi bangunan tersebut. Daripada terlambat, sebaiknya cek kondisi material bangunan yang sudah berdiri kokoh selama ini untuk mengecek apakah ada fatigue yang terjadi. Lakukan pengecekan itu sebelum terlambat.

You May Also Like