indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Pembuatan Pagar Sliding Belok

Soal eksterior rumah, pagar sliding belok kini merupakan menjadi pilihan banyak orang. Pagar merupakan satu elemen penting yang perlu diperhatikan. Selain mempunyai fungsi memberikan perlindungan terhadap bangunan rumah, pagar juga dapat membuat keindahan rumah secara keseluruhan menjadi lebih sempurna. Itulah mengapa Anda perlu memilih jenis pagar yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Dari banyaknya jenis pagar yang tersedia, Anda tentu bisa memilih pagar sliding belok. Mari simak informasinya berikut!
 

Mengenal Jenis Pagar Rumah yang Umum Digunakan

Beragamnya jenis pagar rumah yang bisa Anda pilih bisa membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan. Oleh karena itu, mari kenali dulu jenis pagar rumah yang umum digunakan berikut agar Anda bisa yakin dan tahu jenis pagar apa yang paling sesuai dengan konsep rumah Anda.
 

1. Pagar Geser atau Pagar Sliding Belok

Dari banyaknya jenis pagar yang ada, pagar geser atau sliding adalah salah satu jenis yang umum digunakan untuk banyak rumah. Keunggulannya terletak pada kemudahan dan praktis dipakai sebagai akses jalan masuk dan keluar kendaraan rumah Anda. Jenis pagar ini bisa menjadi pilihan yang sangat baik selama Anda memilih jenis rel terbaik.
 

2. Pagar Jenis Ayun

Sangat mudah untuk didorong membuat pagar jenis ini disukai. Untuk pagar jenis ayun, elemen yang perlu Anda perhatikan adalah bagian engsel karana sangat mudah rusak. Anda bisa melakukan perawatan dengan melumuri engsel pagar menggunakan oli atau minyak apabila Anda merasa pintu seret saat diayun. Anda perlu memperhatikan hal ini untuk mencegah munculnya karat karena oksidasi udara.
 

3. Pagar Lipat

Jika rumah Anda memiliki ruang yang terbatas, pagar lipat untuk menarik untuk dipertimbangkan. Hal ini karena saat sedang dalam kondisi terbuka, pagar lipat sama sekali tidak membutuhkan ruang karena memiliki engsel yang bentuknya seperti roda di bagian atas yang memungkinkannya dilipat secara mendatar saat dibuka.

Baca juga: Jenis Roda Pintu Geser yang Memperindah dan Memudahkan Akses
 

Cara Pembuatan Pagar Sliding Belok

Pagar sliding belok mempunyai kelebihan pada sisi mudah didorong jika menggunakan roda yang berkualitas. Adapun beberapa langkah mudah untuk membuat pagar sliding belok bisa Anda simak di bawah ini.

 

1. Siapkan Bahan yang Diperlukan

  • Material besi: Pertama, Anda perlu menyiapkan material besi pagar yang bisa Anda beli, baik yang masih baru maupun yang bekas (selama masih layak pakai). 
  • Peralatan las: Selain material besi, siapkan juga peralatan las yang dipakai untuk menyambung besi-besi. Anda juga bisa membawa pekerjaan las ke tukang las jika Anda tidak mempunyai peralatan las.
  • Meteran: Ini mempunyai fungsi mengukur panjang besi pagar sekaligus luas yang ingin Anda bangun.
  • Cat Minyak: Biar tampilan pagar makin cantik, cat minyak dipakai untuk finishing akhir. Anda bisa memilih cat minyak dengan warna yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
     

2. Langkah-Langkah Pembuatan

  • Pertama-tama, ukur dulu lebar dan tinggi pagar yang ingin Anda buat. Anda perlu memastikan bahwa area kerja Anda bersih dan bebas dari penghalang yang bisa menyebabkan gangguan selama proses pembuatan. Agar proporsinya sempurna, pastikan Anda menyesuaikan tinggi dan lebar pagar halaman rumah Anda.Saat Anda sudah menentukan ukuran, selanjutnya Anda bisa memulai proses pemotongan besi-besi menjadi beberapa bagian yang disesuaikan dengan ukuran dan model pagar yang Anda mau. Setelah itu, Anda bisa merangkai besi-besi yang sudah dipotong tersebut menjadi rangkaian besi pagar sesuai dengan desain pagar yang sudah Anda tentukan.
  • Jika potongan-potongan besi sudah Anda susun dengan rapi, gunakan alat las untuk dilas atau bawa ke tukang las agar proses las dapat dilakukan oleh tukang las.
  • Anda perlu memastikan untuk memakai tekanan arus yang tepat jika ingin mengelas sendiri karena hal ini akan berpengaruh terhadap hasil pengelasan. Besarnya arus yang dipakai dapat dibaca pada skala arus yang terletak di pesawat las.
  • Selanjutnya lakukan pengecatan pada pagar dengan menyiapkan cat minyak dan lakukan secara keseluruhan m dengan satu lapis. Jika masih belum puas dengan hasilnya, Anda bisa menambahkan beberapa lapis cat untuk mendapatkan hasil yang memang Anda inginkan. 
  • Terakhir, Anda tentu perlu memasang roda-roda di bagian bawah pagar agar pagar Anda menjadi pagar sliding. Untuk belokannya, bisa Anda sesuaikan dengan are apagar Anda. Setelah roda-roda terpasang, Anda tinggal pasang pagar  di tempat yang telah disediakan lengkap dengan jalur roda yang sudah terpasang dengan rapi.

Sudah siap membuat pagar sliding belok Anda sendiri dengan informasi di atas? Jangan lupa untuk mencari harga roda nylon terbaik untuk membuat pagar sliding belok yang terbaik pula dari Indosteger. Anda juga bisa menemukan berbagai produk menarik lainnya yang mungkin Anda butuhkan untuk kebutuhan pagar sliding belok di bangunan Anda. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Tanaman Pagar Berbunga dan Kelebihannya

Recent Articles