indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Membuat Lemari Baju dari Besi Hollow

Ingin memiliki lemari baju dari besi hollow tapi terhalang harga yang mahal? Jangan dulu bersedih, Anda pun bisa membuat lemari baju dari besi hollow sendiri. Bila sudah mahir, bukan tidak mungkin Anda bisa menjadikan ini sebagai profesi baru. Daripada penasaran, mari kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
 

Keuntungan memiliki lemari baju dari besi hollow

Lemari baju kebanyakan memang terbuat dari material kayu. Namun, sekarang permintaan pasar akan lemari baju dari besi hollow pun terus meningkat karena perabotan bergaya modern yang semakin populer. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan bila memilih lemari baju dari besi hollow, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Anti rayap, tidak seperti kayu.
  2. Lebih kuat dan awet, walau dipakai bertahun-tahun.
  3. Kokoh, bisa digunakan untuk menyimpan pakaian, sepatu, tas, hingga koper yang berat sekalipun. 
  4. Tampilan yang minimalis modern, serta menambah kesan industrialis yang sekarang lagi ngetren.
  5. Tidak gampang berkarat, terlebih jika memakai material besi hollow galvanis dan galvalum. 

Jadi, Anda tidak perlu ragu memiliki lemari baju dari besi hollow karena sifatnya yang tidak mudah berkarat. Satu tips dari kami, saat memasang lemari baju ke dalam ruangan, sebaiknya lapisi lantai dengan kardus agar material besi hollow tidak menggores lantai kesayangan Anda.
 

Cara membuat lemari baju dari besi hollow

Nah, kini kita lanjutkan dengan cara membuat lemari baju dari besi hollow. Sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan Anda memiliki keterampilan yang cukup serta peralatan yang memadai. Beberapa peralatan yang harus Anda siapkan antara lain mesin las, gerinda, cat epoxy, amplas, cat besi, kertasive, baut, bor, dan engsel sendok. Berikut ini langkah-langkah membuat lemari baju dari besi hollow.
 

1. Membuat desain lemari baju

Apakah Anda ingin membuat lemari baju 2 pintu, 3 pintu, atau 4 pintu? Atau Anda justru ingin desain lemari baju yang lebih minimalis, seperti walk in closet tanpa pintu? Apapun itu pilihan Anda, penting sekali untuk terlebih dahulu tahu lokasi lemari baju akan ditempatkan. Ukur ruangan dan catat. Selanjutnya, tentukan jenis lemari baju yang ingin dibuat. Tinggal cari referensi desain lemari baju yang paling pas dengan selera Anda di internet. 

Buat sketsa desain lemari baju beserta rincian ukurannya. Pada panduan kali ini, kami akan mengambil contoh lemari baju 3 pintu berukuran 170x100x50 cm. Tentunya detail ini bisa Anda sesuaikan lagi dengan kebutuhan.
 

2. Siapkan potongan besi hollow

Anda memerlukan besi hollow 2x4 untuk rangka pintu, tiang dinding, dan sekat, serta besi hollow 4x4 untuk rangka alas. Setelah potongan besi hollow sudah disiapkan sesuai dengan desain lemari baju Anda, mari buat rangka alas berbentuk persegi panjang dengan ukuran 130x50 cm. Buat 3 frame berukuran sama, di mana 2 frame akan disambungkan dengan besi hollow 4x4 sepanjang 10 cm sementara 1 frame sisanya akan dijadikan rangka atas lemari. Lalu, siapkan potongan besi hollow untuk tiang dinding dan sekat.
 

3. Las rangka lemari

Bila semua potongan besi hollow sudah siap, saatnya untuk menyusun keseluruhan rangka lemari. Gunakan mesin las untuk menyambungkan setiap potongan besi hollow. Lakukan dengan hati-hati dan teliti. Setelah proses las, ambil gerinda dan pasang mata amplas untuk menghaluskan bagian-bagian sudut luar yang sudah diamplas. Tujuannya agar ketika rangka lemari disemprot cat, hasilnya lebih mulus bak lemari baju yang dijual di toko furniture. 

Ketika memasang rangka lemari, tambahkan juga besi dudukan di setiap sekat lemari. Lalu, bor beberapa lubang di sekitar rangka sebagai tempat untuk baut saat memasang multiplex di dalam rangka.
 

4. Beri lapisan cat

Saatnya memberi lapisan cat pada rangka lemari baju yang sudah dibuat. Untuk memulai, semprotkan cat epoxy ke seluruh bagian rangka lemari baju. Setelah mengering, semprotkan cat dasar yang sudah Anda pilih. Anda bisa menggunakan cat berwarna putih maupun hitam, tergantung selera. Sebagai tips, pilih cat otomotif agar hasilnya lebih tahan lama dan menarik.
 

5. Lapisi multiplex dengan kertasive

Kini, Anda perlu menempelkan kertasive bermotif alur kayu ke setiap lembar multiplex. Pastikan saja ukuran lembar multiplex sudah sesuai dengan rangka lemari yang sudah dibuat. Cara memasang kertasive sangat mudah, tinggal melepas kertas perekat dan tempelkan ke multiplex secara perlahan menggunakan penggaris untuk meratakan tempelan. Pastikan semua permukaan multiplex sudah terlapisi kertasive.
 

6. Pasangkan multiplex ke rangka lemari

Terakhir, Anda cukup memasang lembar multiplex ke rangka lemari. Pasang baut dengan kencang agar semua sekat dan dinding terpasang sempurna. Jangan lupa untuk memasangkan engsel ke bagian pintu lemari, ya. 

Untuk membuat lemari baju dari besi hollow, dapatkan harga besi hollow terbaik dari Indosteger. Semoga cara membuat lemari baju dari besi hollow di atas bisa membantu Anda!

Baca juga: Cara Membuat Rak Besi Sendiri

Recent Articles