indosteger@gmail.com   +62218294428

News

4 Kelebihan dan Kekurangan Konstruksi Atap Besi CNP

Konstruksi atap besi CNP merupakan salah satu pilihan untuk membuat struktur atap yang tidak kalah kuat. Layaknya material bangunan lainnya, besi CNP memiliki kelebihan dan kekurangan saat dijadikan struktur bangunan. Anda harus mempertimbangkan material ini sesuai dengan jenis gedung atau rumah yang ingin dibangun.

Artikel Indosteger ini bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih besi CNP untuk konstruksi atap rumah Anda.

Apa Saja Kelebihan Konstruksi Atap Besi CNP?

Besi CNP berbentuk huruf C, jadi sering dikenal pula dengan kanal C atau profil C di dunia konstruksi. Bahannya terbuat dari plat koil yang dibentuk dengan metode pemotongan (cutting) berbentuk huruf C. Material ini tersedia dalam berbagai ketebalan dan tipe di pasaran, mulai dari 1,6 mm hingga 2 mm.

Penggunaan besi CNP sebagai konstruksi atap lazim ditemukan di proyek pembangunan gedung atau rumah. Tidak hanya atap, besi CNP juga digunakan saat pembuatan rangka kanopi

Alasan utama orang memilih besi CNP sebagai rangka atap adalah kekuatan dan sifat tahan lamanya. Namun, ada kelebihan lain yang membuat besi CNP lebih unggul dibandingkan material lainnya.

1. Memiliki Kelenturan yang Tinggi

Pembangunan konstruksi atap wajib memperhatikan kelenturan bahannya. Alasannya, kelenturan bahan memengaruhi tegangan tarik atap supaya bisa menyerap energi yang lebih banyak lagi. Besi CNP memiliki tegangan tarik yang lebih besar dibandingkan baja konvensional, jadi material ini mampu menyerap beban atap yang lebih banyak.

2. Proses Pemasangannya Mudah

Besi CNP memiliki bobot yang cukup ringan daripada baja konvensional. Bobot yang ringan ini membuat besi CNP mudah dipotong dan dirangkai membentuk struktur atap. Anda bisa membuat konstruksi atap besi CNP sendiri tanpa bantuan tukang, asalkan paham dengan langkah pembuatannya.

3. Bisa Dibuat Variasi Bentuk Atap

Bobot besi CNP yang ringan membuatnya fleksibel dan mudah dibentuk. Anda bisa merancang bentuk konstruksi atap yang diinginkan hanya dengan material ini. Hanya saja, bentuk rangka atapnya harus sesuai dengan beban yang ditumpu agar tidak mudah roboh.

4. Hemat dan Bisa Didaur Ulang

Besi CNP bersifat serbaguna, jadi bisa dimanfaatkan untuk membangun struktur atau bagian bangunan lainnya. Anda bisa memanfaatkan sisa potongan besi CNP untuk membangun pagar atau railing tangga. Material ini juga berguna untuk membangun rangka furnitur bertema industrialis.

3 Kekurangan Konstruksi Atap Besi CNP

Di balik semua kelebihan tersebut, besi CNP juga memiliki kekurangan saat digunakan sebagai rangka atap. Anda harus mempertimbangkan beberapa kekurangan ini, terutama jika ingin membuat struktur bangunan yang lebih kompleks.

1. Rangka Atap Kurang Estetis

Anda harus mempertimbangkan kelemahan ini apabila ingin menggunakan besi CNP sebagai rangka atap. Jarak antar besi harus cukup rapat agar strukturnya tetap kuat, tapi malah mengurangi nilai estetikanya. Untungnya, Anda bisa melapisi struktur atap ini dengan material lainnya untuk menunjang penampilan sekaligus melindungi rangka atapnya.

2. Pemasangannya Harus Teliti

Anda boleh memasang struktur atap dengan besi CNP, tapi lakukan dengan teliti dan benar. Perhatikan jarak antar besinya agar tidak mudah roboh hanya karena berjauhan. Anda bisa berkonsultasi dengan arsitek untuk mengetahui potensi pemuaian dan penyusutan baja ringan ini.

3. Mudah Terbawa Angin

Bobot besi CNP yang ringan membuatnya rentan terbawa angin. Anda harus mempertimbangkan hal ini dan membangun rangka atap dengan jarak yang lebih rapat sebagai solusinya. Pilihlah baut yang lebih kuat untuk memasang besi CNP ini.

Itulah dia kelebihan dan kekurangan konstruksi atap besi CNP yang dapat Anda jadikan panduan. Besi CNP merupakan salah satu material yang mulai sering digunakan banyak orang untuk membangun atap rumah. Hal ini bukan tanpa alasan. Besi CNP memiliki banyak kelebihan, mulai dari sifat yang lentur, proses pemasangan yang mudah, hingga ramah lingkungan. Tetapi, CNP bukanlah material yang sempurna. Ada beberapa kekurangan yang harus Anda pahami, seperti bentuk yang tidak estetis hingga mudah terbawa angin, sebelum Anda memilih untuk menggunakannya.

Terlepas dari berbagai kekurangan yang ada, besi CNP masih unggul digunakan sebagai konstruksi atap. Gunakan besi CNP Galvanis yang tahan karat dan berkualitas tinggi sebagai rangka atap Anda. Konstruksi atap besi CNP semakin kokoh hanya dengan menggunakan material dari Indosteger.

Recent Articles