indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Kenali Macam-macam Sambungan Pipa Paralon yang Lazim Digunakan

Setiap bangunan pasti memiliki saluran-saluran air untuk mengalirkan air dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pipa menjadi instrumen yang membuat saluran-saluran air tersebut. Saluran air yang tidak panjang dan juga berbelok-belok, membuat saluran ini membutuhkan tidak hanya pipa itu sendiri tapi juga sambungan pipa pvc untuk menyokongnya.

Sama seperti pipa yang dibuat dari berbagai macam bahan dasar, salah satunya adalah pipa paralon yang awam digunakan dalam berbagai jenis bangunan, sambungan pipa pun begitu. Ia bisa terbuat dari galvanis, kuningan, stainless steel dan lain-lain.

Jika dilihat dari ragam desainnya, sambungan pipa paralon terdiri dari beberapa macam, yaitu:

Socket

Socket adalah sambungan pipa yang berbentuk dan mempunyai diameter yang sama dengan pipa yang akan disambungkan. Untuk jenisnya sendiri, sambungan pipa socket dibagi lagi menjadi enam jenis yaitu socket polos, socket drat luar, socket drat dalam, socket drat luar polos, socket drat dalam polos, dan socket drat luar dalam.

Elbow

Elbow adalah sambungan dengan bentuk yang siku menyerupai huruf L. Sambungan tersebut fungsinya adalah untuk membelokkan sambungan. Sama seperti socket, elbow juga memiliki beberapa macam tipe di antaranya yaitu elbow polos, polos, elbow drat dalam, elbow polos drat dalam, dan elbow 45 derajat. Sementara untuk membelokkan saluran air dengan radius yang cukup besar, anda bisa menggunakan sambungan elbow jenis bend.

Tee Stuck

Sambungan pipa ini memiliki bentuk yang menyerupai huruf T. Sambungan T ini berguna untuk membagi saluran ke dua arah yang berbeda. Dimana terdapat empat jenis tee stuck di antaranya adalah tee stuck polos, tee stuck drat, doubel tee stuck dan Y stuck.

Reducer

Seperti namanya, reducer ialah sambungan pipa yang berperan sebagai peredam saluran air dengan mengecilkan aliran yang berada di dalamnya. Reducer sendiri dibagi menjadi dua jenis yang berbeda yaitu reducer elbow yang beguna untuk memperkecil aliran yang dibelokkan dan reducer socket yang memperkecil aliran pada socket.

Cross

Cross adalah jenis sambungan pipa yang berguna untuk membagi saluran air menjadi tiga arah yang sama rata, yaitu ke arah kanan, kiri dan juga tengah.

Penutup

Sambungan pipa ini memiliki dua fungsi yang berbeda. Pertama, sebagai dop dimana menjadi penutup di ujung aliran. Serta, menjadi plug yang berfungsi sebagai penutup yang dikhususkan untuk menutup sambungan pipa.

Adapter

Ada juga sambungan pipa adapter yang berfungsi untuk mengubungkan dua buah pipa atau lebih denga ukuran diameter yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sesuai namanya, sambungan ini menyesuaikan dengan diameter pipa yang berlainan tersebut.

Nipple

Terakhir adalah sambungan pipa nipple yang juga disebut dengan hexagonal karena bentuk penamampangnya adalah segi enam. Nipple atau hexagonal ini berfungsi untuk mengencangkan pipa yang digunakan.

Baca Juga : Serba-serbi dan Cara Menyambung Pipa Galvanis

Itulah kedelapan jenis sambungan pipa paralon yang biasa digunakan untuk dalam saluran air pada suatu bangunan. Semoga setelah membaca artikel ini Anda menjadi lebih paham mengenai sambungan pipa paralon dan dapat menggunakannya sesuai dengan fungsinya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

You May Also Like