indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Begini Kriteria Pipa Galvanis yang Berkualitas

Dalam proses pembuatan bangunan, pasti dibutuhkan pipa yang berfungsi sebagai pelindung saluran-saluran tertentu, seperti air, gas, maupun listrik. Namun, Anda tidak dapat menggunakan sembarang pipa untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Terdapat beragam jenis pipa dengan fungsi yang juga berbeda-beda.

Salah satu jenis pipa yang sering digunakan dalam proses pembangunan adalah pipa galvanis. Pipa galvanis adalah pipa yang terbuat dari besi dan dilapisi oleh material seng yang berguna sebagai antikarat. Karena sifatnya yang anti karat ini, pipa jenis ini cocok untuk digunakan di tempat dengan iklim apapun. Namun, dalam pemilihannya sendiri ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan pipa galvanis yang berkualitas, yaitu:

Hadir dalam warna silver

Sama dengan jenis pipa yang lain, pipa galvanis berbentuk tabung panjang yang juga tersedia dalam berbagai diameter dan ketebalan. Namun, karena terbuat dari besi yang dilapisi seng, maka umumnya pipa halvanis memiliki warna silver.

Warna pipa akan mengalami perubahan jika telah digunakan bertahun-tahun. Ia dapat berubah menjadi lebih terang, lebih gelap, maupun lebih kusam. Hal ini tergantung pada paparan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, ketika membeli pipa galvanis, pastikan bahwa warna pipa masih silver yang terang dan segar.

Cenderung tahan lama

Pipa galvanis yang berkualitas dengan sifat antikaratnya pun menjadikannya lebih tahan lama untuk digunakan. Pipa galvanis bisa bertahan untuk digunakan sampai dengan 50 tahun. Namun, untuk penggunaan pipa ini di daerah perkotaan, maka ketahanannya akan berkurang sampai dengan 25 tahun. Hal ini disebabkan oleh lebih banyaknya polutan yang menempel pada pipa jika dibandingkan dengan di daerah pedesaan.

Bersifat antikarat

Karena dilapisi oleh seng, pipa galvanis yang berkualitas pasti bersifat antikarat. Jadi, ketika kamu membeli pipa galvanis, maka bisa dicek terlebih dulu, apakah ia sudah berkarat atau tidak. Karena kalau ada karat pada pipa, maka pipa tersebut cenderung keropos dan raput. Jelas ini menunjukkan bahwa pipa galvanis tidak berkualitas.

Selain itu, sifat antikarat pipa galvanis pun membuatnya menjadi multifungsi. Selain digunakan sebagai aliran cairan, gas, maupun listrik, pipa galvanis juga kerap digunakan menjadi tangga scaffolding, pagar rumah bagian depan, maupun railing tangga outdoor. Ini juga menunjukkan ketahanan pipa galvanis dalam berbagai kondisi di luar ruangan, baik terpapar matahari maupun tersiram oleh hujan.

Kuat

Tidak hanya antikarat, sebagai pipa besi, pipa galvanis juga tentunya memiliki kekuatan yang cukup unggul. Idealnya, pipa jenis ini punya sifat yang tahan banting dan tidak mudah pecah. Di samping itu, pipa galvanis juga tidak mudah rusak dalam proses pengangkutan dari satu tempat ke tempat lainnya meskipun melewati rute yang cukup buruk sekali pun.

 

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin menggunakan pipa galvanis dalam proyek pembangunan bangunan Anda. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan dan memberikan manfaat untuk Anda.

You May Also Like