indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ukuran Pipa Besi Berdasarkan Jenis dan Fungsinya

Selain kegunaannya yang beragam, ukuran pipa besi juga beragam. Pipa besi biasa digunakan untuk menyalurkan air, gas, maupun material padat, pipa besi juga berfungsi untuk penyangga bangunan, rangka plafon, dan sebagainya. Maka dari itu, pipa besi merupakan salah satu material penting saat konstruksi.

Pipa besi banyak digunakan bukan tanpa alasan. Selain karena serbaguna, pipa besi juga kuat, memiliki banyak bentuk, memiliki daya tahan yang tinggi, harganya tidak terlalu mahal, dan mudah didapatkan. Maka dari itu, banyak pihak konstruksi yang menggunakan pipa besi.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang ukuran pipa besi, fungsinya, serta jenis-jenis pipa besi yang bisa kita temui di pasaran.
 

Apa Saja Ukuran Pipa Besi?

Sejauh ini, ada empat ukuran pipa besi yang bisa kita temui ketika kita ingin membeli pipa besi. Berikut adalah keempat ukuran tersebut beserta perbedaannya:
 

1. Normal Pipe Size (NPS)

Normal Pipe Size adalah ukuran pipa yang banyak digunakan di Amerika Serikat dan Kanada. Maka dari itu, biasanya pipa dengan ukuran ini memakai satuan inci. Acuan yang digunakan untuk mengukur NPS adalah diameter dalam.
 

2. Diameter Nominal (DN)

Diameter Nominal biasanya digunakan di daerah Eropa. Maka dari itu, pipa dengan ukuran ini menggunakan satuan milimeter. Seperti NPS, yang digunakan untuk mengukur pipa DN adalah diameter dalamnya. Di Indonesia, DN jarang digunakan karena orang-orang lebih sering menggunakan NPS.
 

3. Outside Diameter (OD)

Outside Diameter biasanya digunakan untuk pipa yang berukuran di atas 12 inci. Ukuran ini biasanya ditetapkan dengan mengukur diameter pipa besi dari satu ujung luar ke ujung luar di sisi lainnya. Satuan yang digunakan tergantung pada tempat di mana pipa tersebut dihasilkan.
 

4. Schedule

Ukuran terakhir yang biasa digunakan adalah schedule atau ketebalan pipa. Ketebalan pipa dapat memengaruhi kekuatan pipa dan juga harganya. Semakin tebal ukurannya, semakin mahal harganya. Saat ini, pipa besi yang ada di pasaran dijual dengan ketebalan mulai dari 1.73 mm hingga 12.70 mm.

Baca Juga: Ketahui Macam Macam Sambungan Pipa Besi
 

Apa Saja Jenis Pipa Besi yang Bisa Ditemui di Pasaran?

Terdapat beberapa jenis pipa besi yang dapat kita temui  di pasaran, antara lain:

  • Pipa Besi Galvanis

  • Pipa Besi Ductile

  • Pipa Besi Seamless

  • Pipa Besi Ulet

  • Pipa Besi Welded

  • Pipa Besi Oval

  • Pipa Hollow 

  • Pipa ERW

Baca Juga: 4 Kelebihan Pipa Besi Galvanis
 

Apa Saja Fungsi Dari Pipa Besi Galvanis?

Dari berbagai jenis pipa besi yang ada, mari kita fokus untuk membahas fungsi dari pipa baja galvanis. Pipa galvanis dapat digunakan sebagai saluran air, karena pipa jenis ini tidak mudah berkarat. Namun, pastikan pipa ini tidak digunakan untuk saluran air atau gas dengan suhu panas, hal tersebut hanya akan membuat pipa tersumbat serta bagian dalamnya akan terkelupas.

Selain itu, pipa galvanis juga bisa dipakai untuk instalasi listrik. Spesialnya, pipa ini bisa meminimalkan hambatan pada penghantar listrik dan dapat dibongkar pasang kembali dengan praktis. Fungsi dari pipa galvanis tidak berhenti di situ saja, kamu juga bisa menggunakan pipa galvanis sebagai pegangan tangga untuk meningkatkan nilai estetika pada kediaman kamu. Warna peraknya membuat interior maupun eksterior bangunan tampak modern dan elegan.

Setelah mengetahui ukuran, jenis, serta fungsi dari pipa besi. Kamu juga pasti sudah mengetahui pentingnya pipa besi untuk keperluan konstruksi. Jika kamu sedang membutuhkan pipa besi, terutama yang jenis galvanis, untuk pembangunan atau scaffolding, kamu bisa membeli pipa besi galvanis di Indosteger. Kunjungi website resmi kami untuk informasi lebih lanjut. Semoga sekarang Anda sudah lebih mengerti mengenai ukuran pipa besi yang ingin dipakai untuk konstruksi Anda.

Baca Juga: Harga Besi Pipa Galvanis dan Sewa Perbulan

 

Recent Articles