indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Kenali Macam-macam Plafon agar Tidak Salah Pilih

Tahukah Anda, ternyata ada macam-macam plafon yang bisa diaplikasikan dalam proyek pembangunan rumah atau gedung? Jenis plafon yang bervariasi ini diklasifikasikan berdasarkan material pembangunnya. Pemilihan material akan memengaruhi tampilan plafon secara keseluruhan, jadi Anda perlu memahami berbagai macam plafon beserta karakteristiknya.

Apa Saja Macam-Macam Plafon untuk Rumah Anda?

Anda pasti mendambakan tampilan interior yang indah dan menarik saat membangun rumah. Plafon menjadi salah satu elemen bangunan yang dapat memengaruhi tampilan ruangan secara keseluruhan. Tampilan plafon yang indah dan menggunakan material yang tepat akan menghasilkan ruangan yang terlihat mewah dan menarik dipandang.

Sebelum menentukan model atau desain plafon, Anda harus mengetahui bahan bangunannya dulu. Alasannya, Anda tidak bisa membuat model yang diinginkan apabila material plafonnya tidak sesuai. Contohnya, Anda hendak membangun plafon berukir, jadi material yang digunakan harus gipsum, bukannya kayu atau logam.

Baca Juga: Tips Memilih dan Pemasangan Motif Plafon Minimalis

Setiap material plafon tentu memiliki karakteristiknya masing-masing. Bacalah daftar di bawah ini untuk mengetahui macam-macam plafon yang bisa diterapkan di rumah.

1. Plafon PVC

PVC merupakan singkatan dari polyvinyl chloride dan merupakan material yang umum digunakan untuk pipa air. Bobot PVC lebih ringan dibandingkan bahan bangunan lainnya, jadi kontraktor tidak kesulitan saat membangun plafon dengan material ini. Sifat tahan airnya sudah teruji, jadi Anda tidak perlu khawatir apabila cuaca sedang ekstrem.

Tampilan PVC yang mulus akan menghasilkan plafon rumah yang indah, apalagi desainnya dapat disesuaikan. Sayangnya, plafon ini tidak bisa dicat ulang kalau Anda ingin mengganti warnanya, jadi harus diganti baru. Apabila ingin menggunakan material ini, pastikan desain plafonnya tetap klasik dan tidak lekang oleh waktu, jadi Anda tidak perlu repot menggantinya saat sudah bosan.

2. Plafon Metal

Jenis plafon ini terbuat dari metal tipis dan diproduksi dengan desain yang beragam. Anda akan menemukan plafon rumah metal yang dilengkapi berbagai macam pola, motif, atau ukiran di pasaran, jadi tidak perlu repot lagi membuat rancangannya dari nol. 

Kelebihan plafon ini terletak pada sifatnya yang tahan air dan tahan lama. Sayangnya, jenis plafon ini tidak mudah dikerjakan, jadi pemasangannya harus dilakukan secara teliti. Karena tersedia dalam berbagai motif, Anda harus memilih pola yang cocok untuk interior rumah. Pertimbangan ini harus dipikirkan sehingga tampilan plafon dan interior lainnya tidak timpang.

3. Plafon Kayu

Kesan klasik dan elegan dari kayu dapat diaplikasikan pada plafon Anda. Untuk pemasangan plafon, material ini tersedia dalam bentuk plat atau lembaran dengan ukuran yang beragam. Plafon pun semakin elegan jika Anda mengecatnya dengan warna kayu yang khas, menghasilkan ruangan yang terlihat natural.

Baca Juga: Rangka Plafon Kayu Kaso Vs Besi Hollow Galvanis

Kekurangan material ini terletak pada proses pengerjaannya yang cukup rumit. Alhasil, pemasangan plafon kayu pun membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun, semua kekurangan tersebut akan menghasilkan tampilan plafon yang indah. Lakukan pengerjaan plafon secara teliti dan tambahkan finishing agar hasil akhirnya tidak mengecewakan.

4. Plafon Triplek

Sama seperti kayu, jenis platform ini tersedia dalam bentuk plat dengan variasi ketebalannya, biasanya sekitar 3-6 mm. Bobot triplek cukup ringan, jadi proses pemasangannya di plafon lebih mudah. Triplek pun bisa menjadi tumpuan karena material ini tidak kalah kuat dibandingkan bahan bangunan lainnya.

Sayangnya, plafon ini tidak tahan air, jadi rentan bocor saat sedang hujan lebat. Akibatnya, plafon jadi mudah hancur apabila terkena air terus-menerus. Jika bersikeras ingin menggunakan material ini, pastikan genting rumah aman dan tidak mudah kebocoran sebelum pemasangan plafon.

5. Plafon Gipsum

Tampilan plafon yang mewah bisa Anda dapatkan jika menggunakan gipsum. Plafon gipsum diproduksi dengan berbagai desain dan motif yang menambah nilai estetika sebuah ruangan. Proses pengerjaannya mudah dan cepat, tapi mampu memberikan tampilan plafon yang rapi.

Sayangnya, material ini tidak tahan air, jadi mudah mengalami kebocoran. Jadi, jangan gunakan plafon ini di ruangan basah, seperti dapur, kamar mandi, atau ruang cuci agar materialnya tahan lama. Anda dapat melapisinya menggunakan cat waterproof untuk mengantisipasi kebocoran.

6. Plafon Eternit

Jenis plafon ini cukup unik karena mengandung material serat asbestos, yakni bahan dasar kain perca. Serat ini memungkinkan plafon eternit memiliki sifat tahan air dan api. Plafon eternit juga mampu memberikan hawa dingin yang sejuk pada ruangannya, jadi cocok digunakan untuk ruang santai atau kamar tidur. 

Jika rumah Anda berada di kota besar dan memiliki cuaca panas, gunakan saja jenis plafon ini. Namun, Anda harus teliti saat memasang plafon eternit karena sifatnya mudah patah. Jadi, lakukan prosedur pemasangan yang tepat hingga proses finishing-nya.

7. Plafon GRC

Glassfiber Reinforced Cement Board (GRC) sangat populer digunakan sebagai material interior rumah. Karakteristiknya mirip material eternit, perbedaannya hanya terletak pada material penyusunnya. GRC juga mudah diaplikasikan pada rangka plafon dari kayu atau baja ringan.

Baca Juga: Berikut Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow Dengan Tepat

Sayangnya, material ini mudah retak, jadi proses pemasangannya harus dilakukan secara hati-hati. Meskipun material ini tidak retak saat dijadikan plafon, Anda tetap harus teliti memasangnya agar posisinya rapi. Mintalah bantuan kontraktor yang lebih ahli agar plafon GRC terpasang dengan benar di rumah Anda.

Itulah tujuh jenis plafon yang bisa diterapkan di rumah. Pemasangan plafon dilakukan pada ketinggian tertentu, jadi Anda harus menyiapkan tangga scaffolding untuk menjamin keamanan dan keselamatan para pekerja. Daripada membelinya, Anda lebih baik sewa scaffolding yang murah hanya di Indosteger. Kami menyediakan tangga scaffolding yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi Anda. Tunggu apalagi, hubungi tim Indosteger segera untuk melakukan penyewaan tangga ini.

Dari semua daftar di atas, manakah macam-macam plafon yang menjadi pilihan untuk menambah keindahan ruangan Anda?

Recent Articles