indosteger@gmail.com   +62818716828

News

7 Macam Macam Sambungan Pipa Besi dan Fungsinya

Media
24 Feb 2024

Indosteger

Indosteger adalah platform jual dan sewa scaffolding dengan proses produksi menggunakan teknologi tinggi dan bahan berkualitas sehingga hasil produksi berstandard nasional.

Apakah Anda mengetahui informasi macam macam sambungan pipa besi? Pipa besi memiliki berbagai macam kegunaan. Bahkan hampir dipakai di seluruh tempat. Dari rumah, gedung, hingga untuk keperluan industri.

Fungsi utama dari pipa besi adalah mengalirkan fluida dari satu tempat ke tempat lainnya. Tidak hanya fluida, gas pun juga bisa dialirkan melalui pipa besi. Untuk kelancaran seluruh pekerjaan, dibutuhkan berbagai macam ukuran pipa besi. Namun kali ini yang dibahas adalah sambungan pipa besi.

Total ada enam sambungan pipa besi yang dapat Anda ketahui secara lebih mendalam melalui informasi di bawah ini.

Prinsip Sambungan Pipa

Secara garis besar, kategori sambungan pipa terbagi atas dua hal; cara menyambung pipa dan bentuknya. Berikut adalah dua kategori besar sambungan pipa yang harus Anda pahami:

1. Berdasarkan cara menyambungkan pipa

Jenis sambungan pipa berdasarkan cara menyambungkannya terbagi menjadi 2 jenis; sock dan drat.

Sambungan sock adalah sambungan polos yang berfungsi untuk menyambungkan pipa secara langsung. Sementara itu, sambungan drat adalah sambungan pipa yang memiliki ulir untuk menyambungkan satu pipa dengan pipa lainnya. Pipa drat sendiri memiliki dua jenisnya sendiri; drat dalam dan luar.

2. Berdasarkan bentuk pipa

Selain dari metode penyambungan, pipa juga dapat dibedakan berdasarkan bentuknya. Kategori ini mungkin adalah kategori yang paling mudah Anda kenali. Berdasarkan bentuknya, ada 6 jenis sambungan pipa; coupling, elbow, reducing, tee stuck, flange, dan union.

Coupling adalah bentuk pipa yang paling polos. Jenis ini berfungsi untuk memperpanjang pipa secara lurus. Tetapi, jika Anda ingin menyambung pipa dengan ukuran yang berbeda secara lurus, maka yang Anda butuhkan adalah sambungan reducing.

Sementara itu, jika Anda ingin membelokkan arah pipa, maka Anda bisa menggunakan jenis elbow. Sesuai dengan namanya, pipa ini berbentuk seperti siku (elbow) 45 derajat atau 90 derajat.

Lalu, jika Anda ingin membuat saluran pipa yang bercabang, Anda bisa menggunakan sambungan tee stuck. Sesuai dengan namanya, sambungan pipa ini memiliki bentuk T (tee).

Kemudian, sambungan flange adalah sambungan yang bisa dipasangi baut agar lebih kuat. Terakhir, sambungan union adalah sambungan yang berfungsi untuk membuat sambungan yang mudah dilepas pasang.

Apa Saja Macam Macam Sambungan Pipa?

Untuk memahami sambungan pipa, baik jenis sambungan pipa PVC atau pipa besi, berikut adalah penjelasan masing-masing macam sambungan pipa yang bisa Anda jadikan panduan:

1. Sambungan Las

Sambungan pipa air yang pertama adalah las. Pasti Anda mengenal apa itu teknik pengelasan. Penggunaan las dibutuhkan untuk menyambung dua buah pipa menjadi satu. 

Kelebihan sambungan las adalah mampu bertahan lebih lama dari masalah kebocoran. Selain itu kualitasnya juga dapat dicek menggunakan radiography. Namun pasti ada kelemahannya juga. Sambungan pipa dengan las sebenarnya bisa mempengaruhi aliran fluida di dalamnya. Alasannya utamanya adalah bekas pengelasan di bagian dalam tidak bisa dikontrol dan dibersihkan. 

Sambungan las biasa dipakai untuk sistem pemipaan dan bukan untuk air bersih karena ditakutkan terkontaminasi logam dari hasil pengelasan.

Baca Juga: Jenis Kawat Las, Fungsi dan Cara Menggunakannya

2. Sambungan Ulir

Sambungan ulir memiliki penggunaan yang sama dengan pipa ledeng. Perekatan dua pipa bisa dilakukan dengan teknik ulir yang memiliki keunggulan tersendiri. Ya, sambungan ulir cocok untuk pipa yang rawan kebakaran. Berbeda dengan sambungan las yang bisa menyebabkan kebakaran dalam proses pengelasan.

Namun jika penutup yang dipakai jelek, sambungan ini mudah bocor. Selain itu juga tidak cocok untuk pemakaian korosif serta mempengaruhi kekuatan pipa karena ulir bisa memakan ketebalan pipa.

Baca Juga: Penyebab Pipa Air Bocor dan Cara Mengatasinya

3. Sambungan Socket

Sambungan socket cocok digunakan untuk menyambungkan dua pipa dengan ukuran berbeda. Jadi pipa yang lebih kecil dimasukkan ke pipa lebih besar. Penyambungan ini bisa lebih pas dengan socket. 

Kebersihan pipa tetap terjadi karena tidak ada material pengganggu yang bisa muncul, seperti dari sambungan las. Namun kekurangannya adalah terciptanya celah antar pipa yang ujung-ujungnya mampu menciptakan korosi.

4. Sambungan Flange

Sesuai namanya, flange menjadi penghubung antar dua pipa. Mekanisme pengencangan dari flange termasuk tidak permanen dan bisa dibongkar pasang. Proses bongkar pasang ini lebih mudah karena dibantu dengan baut. Dengan adanya proses tersebut, perlu melakukan perawatan secara berkala.

5. Sambungan Buttress End

Sambungan buttress end digunakan untuk pipa non metal dan memanfaatkan flange, namun tanpa ada teknik pengelasan. Biasanya buttress end yang menggunakan pipa non metal dimaksudkan untuk menahan sifat korosif dari fluida di dalamnya. Jadi ketika ada pipa non metal dengan sambungan ini, bisa dipastikan fluida yang ada di dalamnya sangat korosif.

6. Sambungan Spigot

Sambungan spigot sebenarnya mirip dengan socket, yaitu memasukkan pipa pertama ke pipa kedua. Terlihat galian di samping kanan dan kiri pipa menjadi ciri-ciri penggunaan sambungan ini. 

Sambungan ini cocok untuk air dan kuat jika digunakan di luar ruangan. Selain itu, jika pipa yang dipasang tidak lurus juga tetap bisa maksimal dengan sambungan spigot. Alasan utamanya adalah sambungan ini masuk menoleransi kemiringan hingga 10 derajat. Kelemahan yang dimiliki hanya mampu menahan tekanan rendah saja.

7. Sambungan Tee Stuck

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sambungan tee adalah sambungan pipa yang berfungsi untuk membuat cabang pada instalasi pipa Anda.

Sambungan tee sendiri memiliki beberapa yang merupakan gabungan sambungan tee dengan beberapa jenis sambungan pipa lainnya.

Misalnya, Anda bisa menggabungkan sambungan tee dengan drat dalam. Jenis sambungan ini biasanya digunakan untuk sambungan kran air. Anda juga bisa menggunakan sambungan flange dengan tee untuk membuat sambungan tee yang lebih kokoh.

Daftar Harga Sambungan Pipa di Pasaran

Harga sambungan pipa besi di pasaran sangat beragam. Anda dapat mendapatkan sambungan pipa mulai dari harga Rp.6.800 untuk sambungan pipa besi galvanis, Rp.10.000 untuk sambungan pipa besi jenis elbow yang paling murah.

Untuk tipe T, Anda dapat mendapatkannya mulai dari harga Rp.20.500 di pasar yang terpercaya. Sementara untuk jenis nipple, Anda dapat mendapatkannya mulai dari Rp.10.200.

CTA Banner Article

Kesimpulan dan Penutup

Itulah penjelasan setiap jenis sambungan pipa besi. Sambungan pipa tidak hanya dibedakan berdasarkan cara menyambungkan pipa, tetapi juga berdasarkan bentuknya. Setiap jenis sambungan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yang tentunya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan proyek. Beberapa jenis sambungan pipa yang dapat Anda gunakan yaitu sambungan las, sambungan ulir, dan sambungan socket. Apabila Anda membutuhkan tempat jual pipa galvanis dengan berbagai ukuran, termasuk 4x6 meter? Indosteger hadir sebagai solusi tepat atas kebutuhan Anda. Dengan informasi macam macam sambungan pipa besi, kunjungi harga pipa hollow 4x6 dari Indosteger sekarang juga.

Baca juga: Macam Macam Sambungan Paralon Sesuai Bentuk dan Fungsinya

Artikel Terkait

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb