indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Pasang Partisi Ruangan dari Besi Hollow

Jika Anda mempunyai ruangan yang terlalu luas dan ingin membaginya menjadi beberapa bagian, pemasangan partisi ruangan dari besi hollow bisa menjadi solusinya. Tentunya pemasangan partisi menjadi solusi yang lebih ringan di kantong dibandingkan jika Anda membangun tembok. Selain lebih murah, pembuatan partisi ruangan dengan besi hollow juga memakan waktu yang lebih sedikit.
 

Jenis Partisi Ruangan dari Besi Hollow

Penggunaan besi hollow untuk pembuatan partisi ruangan cukup diminati oleh banyak orang. Jenis besi hollow yang paling sering digunakan untuk pembuatan partisi ruangan adalah besi hollow gypsum. Selain besi hollow gypsum, pembuatan partisi kadang juga menggunakan jenis galvalum atau galvanis tergantung kebutuhan atau minat pemakai.

Sekat atau partisi ruangan terbagi menjadi dua jenis berdasarkan fungsinya, yaitu:
 

1. Partisi Permanen

Sesuai dengan namanya, partisi ini jika sudah dipasang maka tidak bisa dipindahkan lagi. Satu-satunya cara untuk memindahkan partisi ini adalah dengan membongkarnya secara total, yang mana akan memakan waktu lama dan berpotensi membuat ruangan Anda terlihat tidak rapi.

Pada umumnya, partisi permanen dibuat dengan rangka dari besi hollow, kayu, atau baja ringan. Selanjutnya, rangka tersebut akan ditutupi dengan gypsum atau fiber glass tergantung keinginan pemakai.
 

2. Partisi Non Permanen

Kebalikan dari partisi permanen, partisi jenis ini sangat fleksibel mulai dari ukuran, bentuk, sampai ke modelnya. Partisi ini pun biasanya mudah untuk dipindahkan ke mana pun dan fungsinya tidak hanya sebagai penyekat ruangan. Terkadang, partisi non permanen juga digunakan sebagai backdrop, dekorasi, atau sekat penyimpanan.

Baca juga: Cara Pasang Baja Ringan yang Tepat

Saat Anda merencanakan untuk memasang partisi ruangan dari besi hollow, pastikan syarat-syarat berikut terpenuhi:

  1. Agar ruangan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, pastikan partisi yang Anda buat tidak terlalu tebal.
  2. Pastikan partisi Anda memberikan privasi yang cukup baik dari segi visual maupun audio.
  3. Partisi sebisa mungkin bersifat kaku agar bisa menahan getaran yang disebabkan oleh beban.
  4. Sebaiknya, partisi Anda memiliki ketahanan terhadap api, panas, udara lembap, dan lain sebagainya.
  5. Material yang digunakan untuk partisi ruangan ada baiknya kedap suara, bentuknya seragam, dan juga tahan lama.
  6. Pastikan partisi yang akan dipasang memiliki koherensi dengan struktur bangunan dan ruangan tempat partisi berada.

Nah, setelah syarat-syarat tersebut terpenuhi sekarang saatnya Anda menyiapkan bahan-bahan untuk membuat partisi ruangan dari besi hollow, yakni sebagai berikut:

  • Besi hollow
  • Papan gypsum
  • Sekrup
  • Paku beton
  • Benang
  • Compound
  • Amplas
  • Cat dan kuas atau rol
  • Pensil
  • Gunting
  • Alat potong besi hollow
  • Meteran
  • Palu
  • Selang timbang
  • Bor dan mata bor

Baca juga: Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring dengan Mudah dan Aman
 

Langkah-langkah Pasang Partisi Ruangan dari Besi Hollow

Setelah Anda menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan, mari pelajari lebih lanjut empat langkah mudah memasang partisi ruangan dari besi hollow dan papan gypsum.
 

1. Tentukan elevasi plafon

Buatlah garis serta titik-titik instalasi partisi dengan paku kait. Kemudian, pasang rangka plafon dari besi hollow dengan hanger dan clip, pastikan posisinya tegak lurus. 
 

2. Pasang rangka tepi plafon

Pasang hollow gypsum sebagai list pada tepi pada garis sipatan dan tentukan jarak penempatan kain penggantung. Selanjutnya, pasang rangka utama dan pasang rangka pembagi menggunakan pengunci clip.
 

3. Pasang papan gypsum

Pada rangka besi hollow yang sudah terpasang sebelumnya dan kencangkan menggunakan sekrup dan mesin bor. Pastikan papan partisi gypsum setiap sambungan tepat pada rangka hollow.
 

4. berikan compound

Setelah papan gypsum terpasang, berikan compound pada sambungan nat kemudian amplas. Sesudahnya, cat papan gypsum dengan kuas atau rol dengan warna pilihan Anda.

Demikianlah penjelasan cara pemasangan partisi ruangan dari besi hollow. Bagi Anda yang sedang mencari besi hollow untuk rangka partisi Anda, Indosteger menyediakan besi hollow beragam ukuran dengan harga yang bersahabat. Anda tinggal mengunjungi laman Indosteger untuk mengecek harganya, seperti contohnya harga besi hollow 4x4 yang cocok untuk pembuatan rangka partisi. Tunggu apa lagi, segera kunjungi Indosteger dan realisasikan partisi ruangan dari besi hollow terbaik dari Indosteger!

Baca juga: Jenis dan Harga Besi Hollow Berbagai Ukuran

Recent Articles