indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Variasi Ukuran Hollow Aluminium dan Kegunaannya

Konstruksi bangunan yang beragam jenisnya membutuhkan ukuran hollow aluminium yang berbeda pula. Banyak sekali varian hollow aluminium yang dijual di pasaran jika dilihat dari ukuran panjang dan ketebalannya. Semua ukuran hollow alumunium tersebut tentunya lebih ideal kalau digunakan pada jenis konstruksi yang tepat.

Hollow aluminium populer digunakan dalam dunia konstruksi karena keunggulannya. Material ini dianggap tahan terhadap cuaca dan karat sehingga sering digunakan untuk membangun komponen eksterior rumah, seperti pagar atau plafon. Ada pula yang memanfaatkan hollow aluminium untuk membuat struktur atau fondasi bangunan karena tidak mudah roboh.

Jika Anda tertarik menggunakan hollow aluminium untuk membangun rumah, cobalah baca pembahasan lengkap dari Indosteger ini.

Berbagai Ukuran Hollow Aluminium dan Fungsinya

Hollow atau pipa kotak aluminium merupakan salah satu material bangunan yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Material ini bisa dijadikan sebagai alternatif fondasi karena harganya yang jauh lebih murah. 

Meski begitu, keunggulan hollow aluminium ini tidak bisa diragukan lagi, yakni kuat dan tahan karat. Bobotnya yang lebih ringan juga membuat banyak kontraktor ingin menggunakan material bangunan yang satu ini.

Banyak sekali fitur dan ornamen bangunan yang bisa dibuat dari material ini, jadi penggunaannya tidak sebatas pembentuk struktur bangunan. Anda bisa menggunakan hollow aluminium untuk membangun beberapa fitur eksterior, seperti pagar, plafon, kanopi dan lain-lain.

Pipa kotak ini pun sangat unggul digunakan sebagai material perabotan interior. Banyak sekali kreasi furnitur yang bisa dibangun dari hollow aluminium, mulai dari meja, kursi, ranjang, dan sebagainya. Belum lagi keunggulannya yang mudah dibentuk dan menghasilkan banyak perabotan dari material unggul ini. Tak mengherankan jika hollow aluminium dianggap sebagai material serbaguna dan bisa diaplikasikan untuk berbagai keperluan bangunan.

Hollow aluminium yang beredar di pasaran memiliki ukuran yang bervariasi dari segi panjang dan ketebalannya. Semakin besar ukurannya, hollow aluminium bisa digunakan untuk konstruksi yang lebih berat. Berikut ini adalah daftar ukuran hollow aluminium yang sering digunakan oleh kontraktor sesuai dengan kebutuhan konstruksinya.

1. Hollow 20 mm x 20 mm

Rata-rata ketebalan hollow dengan ukuran ini berkisar 1 mm, membuat jenis hollow ini dianggap sebagai ukuran teringan. Jangan salah, Anda sudah bisa mengandalkan hollow berukuran 20 x 20 mm ini untuk membangun plafon dan kanopi. Bisa juga membuat perabotan interior, sehingga menghasilkan gaya industrialis yang kekinian pada rumah.

2. Hollow 25 mm x 25 mm

Satu hal yang perlu diingat saat membeli hollow aluminium adalah ketebalannya selalu mengikuti ukuran rongganya. Ukuran rongga yang semakin besar memiliki ketebalan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Sama halnya dengan ukuran 25 mm x 25 mm ini, ketebalan hollow-nya mulai dari 1,25 mm. Anda bisa menggunakan hollow ukuran ini untuk membuat partisi dinding sebagai sekat ruangan. Selalu pilih hollow dengan mutu terbaik sehingga keindahan bangunan tetap terjaga.

3. Hollow 30 mm x 30 mm

Variasi ukuran hollow aluminium ini sudah bisa digunakan untuk pembangunan skala besar, seperti rumah minimalis tipe sedang. Spesifikasi ketebalannya mulai dari 2,96 mm, cukup tebal untuk pembangunan konstruksi. Ada baiknya Anda pun melakukan penghitungan terperinci mengenai ukuran hollow yang dibutuhkan untuk membangun konstruksi rumah.

4. Hollow 40 mm x 40 mm dan Seterusnya

Ukuran ini sudah bisa digunakan untuk membuat fondasi gedung bertingkat. Anda juga bisa menggunakan hollow dengan tebal mulai dari 3,76 mm ini sebagai alternatif fondasi rumah. Namun, perhatikan pula mengenai penghitungannya sehingga bisa digunakan untuk menopang beban bangunan yang cukup berat agar tidak mudah roboh.

Indosteger juga menyediakan hollow berbentuk persegi panjang dengan dimensi 40 mm x 60 mm dengan tebal 1,6 mm. Materialnya terbuat dari galvanis sehingga lebih unggul dibandingkan dengan hollow hitam. Anda bisa mengetahui informasi mengenai harga besi hollow dari Indosteger di website ini.

Ukuran 40 mm x 40 mm ini bukan ukuran terbesar, karena masih banyak lagi dimensi rongga yang lebih besar lagi. Namun, Anda sudah mulai bisa menggunakan hollow ukuran ini sebagai fondasi rumah.

Pilihlah ukuran hollow aluminium sesuai dengan konstruksi bangunan yang ingin Anda buat sehingga cocok dengan anggaran yang dibutuhkan.

Recent Articles