indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Memahami Kelebihan serta Kekurangan Mezzanine Baja Ringan dan Cara Membuatnya

Menambahkan mezzanine baja ringan sering dijadikan pilihan apabila dibutuhkan penambahan ruangan dengan sistem bertingkat. Baja ringan dipilih sebagai material pembuatan mezzanine karena memiliki kekuatan dan usia baja yang dapat bertahan lama. Penambahan ruang dengan lantai tinggi ini dapat dimanfaatkan sebagai kamar tidur, ruang keluarga, dan lain sebagainya.

Pembuatan lantai dua tambahan atau mezzanine dengan baja ringan harus memperhatikan jarak ketinggian mezzanine dengan lantai dasar dan atap. Lebih lanjut, mezzanine memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum membuatnya. Berikut ini Indosteger berikan informasi selengkapnya.

Apa Kelebihan Mezzanine Baja Ringan?

Mezzanine dengan baja ringan adalah pilihan material yang ideal karena dapat bertahan pada segala kondisi dan tetap kuat meski telah lama digunakan. Mezzanine baja ringan memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu:

1. Material yang Lebih Ringan

Material baja ringan memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan material lain seperti kayu atau beton. Kelebihan ini membolehkan Anda membuat mezzanine tanpa harus mengubah konstruksi bangunan sebelumnya. 

2. Mudah Untuk Dipasang

Bobot yang ringan juga berpengaruh pada kelebihan selanjutnya, yaitu pemasangan baja ringan menjadi sebuah mezzanine tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda tidak perlu melakukan renovasi besar yang dapat mengganggu aktivitas rumah atau bangunan untuk membangun sebuah mezzanine jika menggunakan baja ringan.

Baca Juga: 5 Cara Pasang Baja Ringan yang Bisa Dilakukan Sendiri

3. Kuat Menahan Beban

Meskipun memiliki berat yang ringan, baja ringan tetap mampu menahan beban yang besar. Maka dari itu, mezzanine baja ringan adalah pilihan yang tepat dari segi ketahanan dan kemudahan pemasangan. Baja ringan juga dapat bertahan untuk waktu yang panjang. 

4. Mudah Menemukan Material dan Perawatan

Permintaan terhadap baja ringan yang tinggi menyebabkan peningkatan dalam produksi baja ringan. Distribusi baja ringan juga dapat dikatakan merata sehingga mudah untuk menemukan baja ringan untuk membuat mezzanine. 

Kemudahan itu juga berarti bahwa perawatan material baja ringan mudah dilakukan, terlebih jika terdapat beberapa komponen penting yang harus dibeli dan diganti.

Apa Kekurangan Mezzanine Baja Ringan?

Mezzanine baja ringan juga memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui sebagai pertimbangan ketika merencanakan membangun sebuah mezzanine. Adapun kekurangan yang dimiliki oleh mezzanine baja ringan antara lain:

1. Memberikan Tampilan yang Kurang Rapi

Baja ringan dapat berpotensi timbulnya potongan atau bagian tertentu baja. Hal ini tentu akan merusak tampilan dan memberi kesan kurang rapi pada mezzanine. Selain itu beberapa bagian permukaan baja ringan memiliki bentuk yang abstrak.

2. Material Belum Terbukti Ramah Lingkungan

Meski sebagian besar orang menyatakan bahwa baja ringan merupakan material yang ramah lingkungan untuk membuat mezzanine atau bangunan lainnya, namun belum ditemukan penelitian yang pasti pada baja ringan terhadap lingkungan. Selain itu, material baja ringan juga dapat dikatakan memiliki harga yang cukup mahal.

3. Perhitungan Harus Tepat

Menghitung ukuran dan jumlah baja ringan harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan tepat. Jika perhitungan ukuran dan jumlah kebutuhan baja ringan untuk mezzanine, dapat menimbulkan bahaya roboh sebab kurangnya komponen atau tidak menyatunya baja satu dengan lainnya. 

Bagaimana Cara Membuat Mezzanine Baja Ringan?

Penggunaan mezzanine dengan baja ringan sangat cocok diterapkan pada rumah dengan luas tanah yang sedikit lebih kecil, tetapi tinggi ke atas. Untuk melakukan pembuatan mezzanine, berikut cara yang dilakukan:

1. Menentukan Lokasi

Sebelum melakukan pemasangan dan pembuatan mezzanine, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi. Dalam proses ini, pastikan Anda memiliki luas ruangan yang cukup dan ketinggian yang memadai untuk pengaturan jarak mezzanine. 

Selain itu, pencahayaan ruangan atau bagian yang dibuat mezzanine harus cukup agar tidak membuat lokasi mezzanine menjadi gelap.

2. Mengukur Ketinggian Plafon

Dalam membuat mezzanine baja ringan, perhatikan ketinggian plafon rumah. Ketinggian plafon harus berjarak 2,5 m hingga 3 m dari lantai dasar. Hindari menentukan titik pemasangan baja ringan untuk mezzanine yang terlalu tinggi karena dapat menimbulkan bahaya risiko jatuh, serta tidak pula terlalu rendah sebab dapat menghalangi atau meminimalkan akses jalan.

Baca Juga: 7 Macam Macam Plafon Rumah dan Karakteristiknya

3. Pembuatan Desain

Dalam membuat mezzanine, Anda juga perlu memiliki desain agar hasilnya dapat sesuai dengan yang diharapkan. Namun, Anda dapat membuat desain mezzanine baja ringan yang lebih simpel sesuai dengan kebutuhan dan gaya rumah Anda.

4. Memasang Struktur Lantai dan Penutupnya

Setelah beberapa langkah di atas, selanjutnya akan dilakukan pemasangan struktur rangka lantai mezzanine menggunakan baja ringan. Pemasangan ini perlu perhitungan yang matang terutama pada luas agar diketahui ukuran struktur baja ringan yang sesuai untuk mezzanine. 

Apabila seluruh struktur telah terpasang, langkah selanjutnya adalah pemasangan penutup lantai. Material penutup dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan mezzanine.

5. Finishing

Jika seluruhnya telah terpasang, gunakan cat untuk memberikan warna pada baja ringan agar lebih menarik. Selanjutnya Anda dapat mengatur tata letak mezzanine dan meletakkan berbagai hiasan, karpet, atau alas duduk lainnya.

Itu tadi penjelasan seputar pembangunan mezzanine menggunakan baja ringan dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Informasi di atas diharapkan dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan pembangunan mezzanine baja ringan. Apabila pembuatan mezzanine sangat dibutuhkan pada rumah Anda, gunakan baja ringan berkualitas dari Indosteger. 

Indosteger menyediakan berbagai jenis besi galvanis yang kuat dan tahan lama. Harga hollow baja ringan 4x4 per batang yang cukup bersahabat dapat menjadi pilihan terbaik Anda. Hubungi Indosteger sekarang juga untuk melengkapi kebutuhan material pembangunan mezzanine baja ringan Anda.

Recent Articles