indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Temukan Inspirasi Model Atap Rumah Memanjang untuk Hunian Anda

Rumah menjadi salah satu fungsi untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari dan guyuran air hujan. Setiap bagian dari rumah memiliki fungsinya masing-masing, salah satunya model atap rumah memanjang yang termasuk salah satu komponen penting dalam setiap bangunan rumah. 

Tidak itu saja, atap juga bisa menjadikan rumah Anda terlihat lebih bagus dari luar. Terdapat beragam desain atap rumah, mulai dari model kerucut, joglo, datar, kubah, dan masih banyak lagi. Desain atap rumah yang memanjang dapat menjadi salah satu pilihan dari sekian model atap tersebut. Berikut ini akan dibahas beragam model atap rumah yang memanjang untuk mempercantik hunian Anda. 

Apa Saja Model Atap Rumah Memanjang untuk Mempercantik Hunian Anda?

Ada beragam model atap rumah memanjang yang bisa dijadikan inspirasi untuk diimplementasikan pada hunian Anda. Model atap ini dapat membuat rumah Anda menjadi elegan, unik, dan kekinian. Untuk mengenal lebih jauh macam-macam model atap rumah yang memanjang, simak uraian di bawah ini. 

1. Model Atap Rumah Memanjang untuk Hunian Modern Kontemporer

Bagi Anda yang ingin mempunyai hunian dengan gaya modern kontemporer, atap rumah dengan model memanjang dapat menjadi pilihan, lantaran desainnya simpel, minimalis, dan memiliki kesan modern. Meski simpel, tetapi jika dikombinasikan dengan bentuk dan desain yang menarik, maka bisa cocok dengan konsep hunian modern kontemporer. 

Baca Juga: Mengenal 13 Model Atap Rumah Minimalis untuk Mempercantik Hunian Anda

2. Model Atap Rumah Memanjang Miring

Atap rumah memanjang miring cocok digunakan untuk rumah model industrial. Gaya atap rumah ini biasanya dipadukan dengan desain material bernuansa alam, seperti penggunaan cat berwarna cokelat dan granit pada bagian fasad. Penggunaan model atap rumah ini akan membuat rumah Anda lebih estetik, unik, dan terkesan mewah. Bentuk atap seperti ini cocok dengan Anda yang memiliki konsep rumah bergaya milenial. 

3. Model Atap Rumah Memanjang Pelana

Model atap rumah memanjang juga bisa dibuat dengan bentuk pelana. Model ini banyak digunakan oleh rumah minimalis, karena dinilai menjadi salah satu jenis atap rumah yang paling aman, mudah pengerjaannya dan hemat biaya. Meskipun model atap rumah ini terkesan paling sederhana, tetapi model atap seperti itu sangat fleksibel untuk bentuk rumah terkini.

Baca Juga: Kekurangan dan Kelebihan Atap Pelana Yang Harus Diketahui

4. Model Atap Rumah Memanjang Saddle

Model atap memanjang bergaya saddle memiliki kemiripan dengan model atap rumah pelana. Model atap rumah seperti ini kerap digunakan juga pada rumah dengan desain minimalis. Untuk Anda yang ingin menggunakan atap model saddle,  bisa menghadirkan atap saddle bertumpuk agar tidak terkesan monoton.

5. Model Atap Rumah Memanjang ke Belakang

Model atap rumah seperti ini, bagian belakangnya biasanya dibuat lebih rendah dibanding atap bagian depan. Bisa juga dengan bentuk rata atau flat design. Kelebihan model atap ini, salah satunya ketika hujan airnya akan mengalir ke belakang. Untuk Anda yang ingin mempunyai rumah yang tidak terlalu besar, model atap rumah ini bisa menjadi pilihan. Model atap rumah ke belakang dapat  memberi kesan mungil dari luar, tetapi tetap fungsional.

6. Model Atap Rumah Lurus Memanjang

Model atap rumah lurus memanjang banyak diaplikasikan pada jenis rumah tradisional atau rumah di pedesaan. Model atap ini didominasi bahan natural yang menggunakan jendela model kaca. Juga, bagian atap rumah diberi detail pancang pada bagian samping supaya tidak terlalu polos, sehingga terlihat unik. Atap rumah lurus memanjang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang suka dengan tampilan rumah sederhana, teduh, dan luas. 

7. Model Atap Rumah Memanjang Datar Miring

Model atap rumah yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mempunyai rumah dengan konsep modern. Atap ini akan membuat tampilan rumah Anda makin rendah dari satu sisi ke sisi lainnya. Supaya tidak terlihat membosankan, pisahkan konstruksi atap teras dan bangunan utamanya. Lalu, buat atap miring ke sisi yang berlawanan untuk area teras.

Baca Juga: Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring dengan Aman

8. Model Atap Rumah Memanjang ke Samping

Model atap rumah memanjang ke samping mempunyai bentuk memanjang yang cocok dengan desain rumah bergaya tropis. Model atap ini sering ditemui di pedesaan dengan lahan yang masih luas. Meski demikian, Anda yang tinggal di perkotaan juga bisa menggunakan model atap ini. Anda bisa memanfaatkan panjang lahan yang tersisa di rumah supaya hunian Anda terkesan lebih luas. 

9. Model Atap Rumah Memanjang Seperti Topi

Atap yang seperti topi ini tidak jauh berbeda dengan model atap rumah yang memanjang ke samping. Hanya saja, desain kemiringan atapnya lebih curam dan seluruh bagian atap mempunyai ketinggian yang sama. Oleh sebab itu, bangunan dengan atap ini jika dilihat dari depan akan terlihat seperti topi yang menutup bangunan.

10. Model Atap Lengkung Menjorok ke Belakang

Model atap ini berbentuk setengah lingkaran yang panjang dan melengkung. Jika Anda melihat dari bagian depan, atap rumah model ini akan terlihat seperti bentuk tabung. Selain itu, sambungan pada atap dan bangunanya terlihat menyatu tanpa celah. Model atap seperti ini akan membuat rumah Anda lebih mencolok dari tetangga sekitar.

11. Model Atap Rumah Memanjang Sederhana

Desain model atap ini berbentuk segitiga simpel dan dapat membuat rumah Anda terkesan lebih sederhana, namun tetap luas dan terasa sejuk. Atap model ini sering diterapkan pada rumah tradisional yang ditemukan di berbagai daerah pedesaan dan pegunungan. Tetapi, Anda tetap bisa menerapkannya di rumah minimalis perkotaan. Berikan sentuhan alam seperti kayu atau bebatuan supaya terlihat lebih artistik dan menarik. 

12. Model Atap Rumah Memanjang Multifungsi

Rumah yang mempunyai atap seperti ini memang terlihat sangat simpel, namun tampilannya memberi kesan luas dan multifungsi. Bagian atap di ruangan utama bisa dibuat menyatu dengan atap garasi mobil, sehingga tampilannya tampak lebih panjang dan luas. 

13. Model Atap Rumah Bertingkat

Model atap memanjang bertingkat ini merupakan modifikasi dari model pelana tradisional. Atap model pelana yang dipasang secara bertumpuk mempunyai keunggulan tersendiri, yaitu terlihat lebih artistik, modern dan unik. Atap rumah bertingkat juga dapat memberi kesan lebih modern jika diberi sentuhan warna-warna minimalis sebagai pelengkap.

Nah, itu dia inspirasi model atap rumah memanjang yang bisa diimplementasikan untuk mempercantik hunian Anda. Meski model atap ini biasanya diaplikasikan di perumahaan pedesaan, tetapi kini sudah banyak diterapkan di perkotaan. Tentunya dengan sentuhan desain yang lebih modern dan minimalis. 

Saat Anda menerapkan salah satu model atap rumah yang memanjang, pastikan pekerja di rumah Anda menggunakan tangga scaffolding. Tangga ini berfungsi sebagai akses naik-turunnya pekerja saat menyusun perancah. 

Indosteger sebagai salah satu agen dan distributor scaffolding terbaik di Indonesia menyediakan tangga scaffolding berkualitas yang telah dilapisi dengan cat pelindung untuk melindungi permukaannya dari karat dan oksidasi. Dapatkan tangga scaffolding terbaik sekarang juga dengan menghubungi Indosteger untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya