indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Pahami Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring

Cara pasang baja ringan atap miring bisa menjadi hal yang sulit jika Anda tidak memahaminya dengan baik. Atap miring memiliki banyak keunggulan dibandingkan atap datar, yang terpenting adalah memungkinkan aliran air di atas atap yang cepat dan efektif, sehingga memperpanjang umur atap. 

Atap miring, yang memiliki 2 sudut yang akan bertemu di tengah, dikenal sebagai pitched roof, sedangkan atap miring tunggal dikenal sebagai atap skillion. Pitched roof yang memiliki rangka dari baja ringan sangat ideal untuk bangunan komersial dan industri karena melindungi bangunan dari elemen alami dan memungkinkan air mengalir dengan mudah dari permukaan atap. Berikut ini adalah beberapa cara memasang rangka baja ringan pada atap Anda.
 

Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring

Untuk bisa memiliki atap miring namun tetap kokoh, maka Anda bisa memilih baja ringan yang merupakan jenis baja tipis serta ringan, terbuat dari logam campuran yang  dibentuk setelah dingin. Caranya adalah dengan memproses kembali komposisi atom dan molekulnya, membuat baja yang memiliki ciri ringan dan fleksibel. 

Baja ringan yang biasa dijumpai akan dilapisi oleh 2 jenis bahan, yaitu baja ringan Galvanis, dengan komposisi 98% Zinc (Zn) dan 2% Aluminium (Al). Jenis bahan pelapis ini tahan terhadap korosi oleh air semen namun tidak tahan oleh air garam.

Selanjutnya ada baja ringan Zincalume, dengan komposisi 55% Aluminium (Al), 43,5% (Zinc) dan 1,5% Silikon. Zincalume memiliki ketahanan terhadap korosi air garam namun sedikit lebih lemah bila terkena air adukan semen.

Baca juga: Teknik Dasar Memasang Baja Ringan

Rangka atap yang dibuat menggunakan baja ringan akan sangat memudahkan pada proses perakitan dan pemasangan di lapangan. Walaupun ringan dan tipis, baja ini memiliki derajat kekuatan tarik 550 MPa, sementara baja biasa sekitar 300 MPa.

Ketebalan 0,4 mm – 1 mm dirasa sangat cukup untuk baja ringan yang akan digunakan sebagai bahan rangka atap. Mampu menopang penutup atap bersama elemen lainnya seperti kuda-kuda, usuk/kasau dan reng.

Rangka atap terdiri dari 2 bagian umum, yaitu batang luar (chord) dan batang dalam (webs) yang akan bisa memikul beban aksial. Satu hal yang menjadi pembeda baja ringan dari struktur baja biasa, adalah rangka atap yang dibuat dari baja ringan berbentuk truss, yaitu terdiri dari banyak batang untuk mendukung beban. Berbeda dengan baja konvensional, yang akan berbentuk mono frame, terdiri dari sedikit batang untuk mendukung beban. 

Baja ringan memiliki banyak profil, karena setiap profil memiliki kekuatan dan fungsi yang berbeda. Profil yang sering digunakan adalah profil C, profil UK dan profil A untuk reng. Profil C dan UK memiliki tipe-tipe dengan ketebalan antara 0,55–1 mm. Sedangkan profil A untuk reng memiliki ketebalan 0,45-0,55 mm sebagai tumpuan penutup atap. Salah satu hal yang penting pada pemasangan baja ringan untuk atap miring adalah penggunaan baut dan tata letaknya. 

Baca juga: Caranya Pasang Baja Ringan Dengan Mudah
 

Tata cara pemasangan atap miring baja ringan

  • Pastikan permukaan atas ring balok dalam keadaan rata dan siku.
  • Memastikan posisi kiri dan kanan (L-R) kuda-kuda tidak terbalik
  • Jarak antara baut paling tepi dengan batang yang disambung adalah minimal dua kali diameter baut.
  • Jarak yang dianjurkan antar baut adalah minimal tiga kali diameter baut.
  • Menggunakan alat dengan kecepatan 200 rpm - 250 rpm, dengan posisi tegak lurus bidang dan alat harus dihentikan ketika baut sudah tertancap penuh (kencang).
  • Baut tidak boleh dipasang pada titik berat batang. Baut akan dipasang bagian tepi dengan posisi diusahakan simetris dan membagi sama besar pada sudut-sudut pertemuan antar batang.
  • Memasang balok nok.
  • Kemudian pasang bracing (pengikat) sebagai penguatan, jika bekerja beban angin. Bracing dipasang di atas top-chord dan di bawah reng.
  • Bila menggunakan aluminium foil, lapisan ini dipasang terlebih dahulu di atas truss, jurai dan rafter.
  • Memasang reng (roof battens) dengan jarak menyesuaikan jenis penutup atap yang digunakan. 
  • Memasang outrigger (gording tambahan setelah kuda-kuda terakhir yang menumpu ringbalk)
  • Memasang atap sesuai bahan pilihan Anda.

Kira-kira seperti itulah proses pemasangan atap miring pada rangka baja ringan. Semoga informasi cara pasang baja ringan atap miring ini membantu dan jika Anda membutuhkan pipa galvanis 1/2 inch untuk membangun rangka baja ringan, dapatkan di Indosteger sekarang juga!

Baca juga: Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan

Recent Articles