indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengenal 13 Model Atap Rumah Minimalis untuk Mempercantik Hunian Anda

Atap merupakan salah satu bagian rumah paling penting. Selain untuk melindungi bangunan di bawahnya agar tetap kokoh dan terlindungi dari hujan dan paparan sinar matahari, model atap rumah minimalis memengaruhi penampilan rumah secara keseluruhan. Terlebih bagian rumah yang satu ini paling tinggi dan paling tampak dari kejauhan.

Umumnya, rumah minimalis menerapkan model atap modern untuk memberikan kesan hunian yang elegan. Nah, bagaimana dengan Anda? Untuk lebih mengenal berbagai model atap untuk rumah minimalis impian Anda, mari simak informasi lengkap uraian di bawah ini.  

Apa Saja Model Atap Rumah Minimalis Paling Populer?

Terdapat beberapa model atap untuk rumah minimalis yang memberikan kesan modern, elegan, sekaligus estetik untuk rumah Anda. Mulai dari model atap pelana, perisai, sandar, dan lain sebagainya. Model atap tersebut termasuk populer di kalangan pemilik rumah minimalis. Berikut masing-masing penjelasan mengenai model atap tersebut. 

1. Atap Rumah Minimalis Pelana

Atap pelana terkenal dengan arsitekturnya yang cukup khas, yaitu berbentuk seperti pelana kuda dengan dua sisi miring yang ditopang dengan dinding berbentuk segitiga. Model atap ini dapat membuat tampilan rumah minimalis Anda jadi lebih elegan dan enak dipandang. Salah satu kelebihan dari atap ini yaitu bisa menangkal suara hujan yang berisik, sehingga penghuni rumah tetap merasa aman dan nyaman selama turun hujan.

Baca Juga: Kekurangan dan Kelebihan Atap Pelana Yang Harus Diketahui

2. Atap Rumah Minimalis Perisai

Model atap perisai cocok untuk kondisi rumah yang berada di iklim tropis, sehingga bisa dipersiapkan untuk penggunaan jangka panjang dengan perlindungan yang maksimal. Memiliki bentuk seperti dua bidang trapesium dan dua bidang segitiga, atap rumah perisai mampu bertahan dari keadaan cuaca yang tidak menentu.

Kelebihan dari atap rumah ini sangat tahan apabila ada angin kencang, mudah menumpahkan air hujan, memungkinkan lebih banyak ventilasi, dan bisa banyak menyediakan ruangan pada loteng. Model atap seperti ini sering digunakan di Indonesia untuk desain rumah minimalis.

3. Atap Rumah Minimalis Sandar

Model atap sandar bisa dikatakan sebagai salah satu atap yang estetik, lantaran memiliki karakter atap tunggal miring yang menempel di dinding yang lebih tinggi. Model atap ini sering disebut juga sebagai skillion. Umumnya, model atap sandar sangat mudah untuk dibangun, bahan bangunan yang digunakan sedikit, dan desainnya mempermudah untuk mengalirkan air.

4. Atap Rumah Minimalis Datar

Model atap rumah minimalis datar dapat membuat tampilan rumah Anda terlihat lebih modern. Sekilas model atapnya terlihat datar, tetapi sebenarnya ada sedikit kemiringan untuk kebutuhan aliran air dan drainase. Kelebihan dari atap yang satu ini bisa digunakan penthouse dan lebih mudah dibangun.

Baca Juga: Inilah Konstruksi Atap Rumah Anti Bocor

5. Atap Rumah Minimalis Multifungsi

Atap rumah yang multifungsi biasanya digunakan sebagai balkon untuk tempat bercengkrama bersama keluarga atau teman-teman. Anda bisa menyimpan kursi, meja, dan peralatan barbeque di atas atap rumah ini. Tidak itu saja, bahkan model atap multifungsi bisa digunakan sebagai tempat untuk berenang anak. Bentuknya sendiri hampir mirip dengan atap datar.

6. Atap Segitiga untuk Rumah Minimalis Modern

Model atap rumah ini berbentuk segitiga yang hampir menyatu dengan dinding. Atap ini dibuat dengan sudut kemiringan antara 25 hingga 30 derajat, sehingga cocok untuk hunian minimalis di wilayah tropis, seperti Indonesia. Jika kamu tinggal di area yang memiliki curah hujan yang tinggi, kamu tidak perlu khawatir karena air hujan akan mudah turun dan tidak menyebabkan genangan yang berlebihan.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bocor Pada Sambungan Atap dengan Benar

7. Model Atap Segitiga dengan Dekorasi Jendela Kecil

Model atap rumah minimalis dengan dekorasi jendela kecil akan terlihat lebih menarik, lantaran dapat menunjang tampilan rumah. Jendela kecil ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, bisa terdiri dari satu atau dua jendela. Bagian jendela kecil ini akan sangat membantu pencahayaan untuk bagian dalam rumah.

8. Model Atap Rumah Minimalis dengan Dua Atap Pelana

Menerapkan dua atap pelana untuk rumah minimalis akan memberikan kesan hunian yang lebih modern. Bentuk segitiga dari atap ini ada pada dua bagian yang berbeda. Satu atap pelana diletakkan lebih tinggi daripada satu atap lainnya. Jika dilihat dari kejauhan, bentuk rumah dengan atap yang demikian akan tampak lebih menarik. Salah satu kelebihan dari atap ini yaitu fasadnya yang minimalis. 

9. Atap Rumah Minimalis Mansard

Bagi Anda yang menginginkan model atap mewah bergaya Eropa, maka atap mansard dapat menjadi pilihan. Atap ini memiliki empat sisi, yang mana pada setiap sisinya terdapat lereng pendek. Biasanya, atap ini digunakan di rumah klasik Eropa satu lantai. Penggunaan atap mansard pada rumah minimalis memberikan beberapa kelebihan, seperti lebih fleksibel untuk membuat tambahan ruang, bahkan untuk tempat tinggal.

10. Atap Rumah Minimalis Kubah

Model atap ini biasanya dilengkapi dengan kaca mosaik supaya terlihat lebih estetik, klasik, dan memberikan kesan mewah. Keunggulan atap ini pun banyak, mulai dari desain yang tidak ketinggalan zaman dan cenderung mudah untuk mengalirkan air. Untuk Anda yang memiliki konsep hunian seperti Eropa Timur, maka cocok jika menerapkan atap minimalis kubah ini. 

11. Model Atap Rumah Minimalis Berbentuk Segitiga Mini

Jika Anda ingin menampilkan atap rumah, tetapi memiliki lahan yang tidak terlalu luas, maka atap rumah berbentuk segitiga ini dapat menjadi alternatif pilihan. Jadi, Anda bisa sekaligus memadukan dua model atap, yaitu segitiga mini pada bagian rumah paling tinggi, lalu di bawahnya menggunakan atap datar atau atap multifungsi yang bisa digunakan sebagai balkon.

12. Atap Rumah Minimalis Melengkung

Model atap rumah melengkung ini biasanya dipadukan dengan konsep rumah yang sengaja dibuat dari kayu. Lengkungan yang bisa dihadirkan pada atap ini bisa lengkungan landai, tinggi, terbalik, melengkung sebagian, dan lainnya. Anda dapat mengkreasikan lengkungan atap ini sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. 

13. Atap Rumah Minimalis Jerkinhead

Model atap minimalis jerkinhead umum ditemui di Eropa. Model atap ini merupakan perpaduan antara desain atap pelana dan hip dengan gaya yang lebih baru. Meski umumnya berada di Eropa, Anda bisa mencoba mengaplikasikannya pada konsep hunian Anda. Kelebihan dari atap ini lebih tahan dari terpaan angin dan bisa menyediakan lebih banyak ruang di bawah atap.

Itu dia informasi mengenai model atap rumah minimalis yang dapat digunakan untuk mempercantik hunian Anda. Saat proses pembangunan, jangan lupa sediakan tangga scaffolding untuk keamanan para pekerja. 

Tangga scaffolding merupakan salah satu komponen standar yang harus digunakan pada sistem scaffolding atau perancah untuk keselamatan pekerja yang menggunakan perancah. Tangga ini berfungsi sebagai akses naik-turunnya para pekerja untuk menuju susunan perancah. Tangga ini tersedia dalam dua ukuran, yaitu ukuran 1.70 dan ukuran 1.90. 

Indosteger menyediakan tangga scaffolding yang terbuat dari bahan baja berkualitas yang telah dilapisi cat pelindung untuk melindungi permukaannya dari karat dan oksidasi. Hubungi Indosteger sekarang juga untuk mendapatkan tangga tersebut.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya