indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Inspirasi 6 Model Dak Rumah Minimalis Modern untuk Hunian Anda

Model dak rumah yang menarik dapat mempercantik tampilan rumah. Dak rumah merupakan salah satu komponen bangunan yang memiliki berbagai manfaat dan fungsi besar. Selain mempercantik tampilan, dak rumah dapat dimanfaatkan sebagai penyediaan tempat baru pada rumah dengan lahan yang terbatas.

Sehingga ketika pilihan memperluas lahan rumah untuk membangun ruangan baru tidak memungkinkan, maka Anda dapat memanfaatkan pembuatan dak rumah dan membangun dua lantai. Dak rumah juga memiliki berbagai macam model yang dapat Anda coba sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Simak ulasan dan rekomendasi model dak rumah berikut ini. 

Apa Fungsi Dak Rumah Untuk Teras?

Pemasangan dak rumah akan terasa sia-sia apabila Anda tidak mengetahui fungsi dari dak rumah itu sendiri. Maka dari itu, sebelum menemukan berbagai model dak rumah yang cocok untuk Anda, kenali fungsinya terlebih dahulu. Adapun fungsi dak rumah pada teras antara lain: 

1. Melindungi Rumah

Menjadi penutup di bagian atas tentu saja menjadikan dak rumah sebagai pelindung rumah dan seluruh kegiatan maupun benda di bawahnya. Dak rumah membolehkan Anda beraktivitas pada bagian teras rumah dalam segala kondisi cuaca baik hujan maupun panas. Air hujan maupun sinar matahari tidak akan secara langsung masuk ke teras sebab terhalang oleh dak rumah.

2. Sebagai Atap Tambahan

Dak rumah memiliki fungsi yang hampir sama dengan atap. Meskipun beban yang diterima tidak sama, namun dak dan atap sama-sama melindungi bagian rumah. Terlebih, ketika Anda memasang dak pada bagian garasi, hal ini akan menjadi sebuah keuntungan sebab mobil pun terlindungi. Berdasarkan kegunaannya tersebut, dapat dikatakan bahwa dak merupakan atap tambahan pada rumah.

Baca Juga: Jenis Genteng yang Umum Digunakan Pada Atap Rumah

3. Membantu Menahan Beban Bangunan

Dak juga berfungsi untuk membantu menahan beban bangunan sehingga bangunan rumah dapat tetap seimbang. Maka dari itu, pembuatan dak dapat dikatakan penting dan harus dipastikan perhitungannya secara tepat.

4. Pembatas dan Alas Lantai Atas

Keberadaan dak pada rumah dapat menguntungkan sebab ketika membangun lantai atas, dak dapat menjadi pembatas sekaligus alasnya. Sehingga, fondasi alas akan lebih kuat untuk menahan beban di atasnya. Karena dak rumah dibangun dengan menggunakan material yang kokoh dan telah melalui proses perhitungan yang matang.

Apa Saja Model Dak Rumah Untuk Teras?

Rumah yang aman dan cantik dapat diwujudkan secara bersamaan. Membangun dak rumah dapat disesuaikan modelnya dengan tema rumah Anda. Berikut ini merupakan referensi model dak rumah untuk teras yang minimalis namun tetap modern untuk Anda:

1. Dak Rumah Minimalis

dak rumah minimalis

Model dak rumah yang pertama adalah minimalis. Model ini cocok digunakan untuk tema rumah yang sederhana dengan bentuk bangunan yang tidak simetris. Bentuk dak rumah ini dibuat menyatu dengan bagian rumah, sehingga dak akan terlihat sebagai kesatuan bangunan bukan hiasan semata.

Baca Juga: Sudahkah Anda Mengenal 5 Jenis Dak Rumah ini?

2. Dak Rumah yang Disesuaikan dengan Luas Bangunan

Dak Rumah yang Disesuaikan dengan Luas Bangunan

Selanjutnya, model dak rumah yang menarik untuk dicoba adalah dak rumah yang dibuat sesuai dengan luas bangunan. Sehingga keseluruhan bangunan dapat terlindungi dari air hujan, sinar matahari, maupun gangguan lain. Anda juga dapat menempatkan dak rumah pada pintu masuk rumah dan garasi.

Baca Juga: Cara Menghitung Luas Bangunan dengan Mudah dan Akurat

3. Dak Rumah Bersusun

Dak Rumah Bersusun

Apabila Anda memiliki bangunan satu lantai namun ingin memberikan kesan bertingkat, model dak rumah ini dapat menjadi pilihan yang menarik. Saat ini banyak ditemukan rumah hunian satu lantai dengan bentuk dek bersusun sebab memberikan kesan rumah yang tinggi dan tampilan yang unik serta cantik. 

4. Dak Rumah yang Memanjang

Dak Rumah yang Memanjang

Memiliki rumah dengan posisi pintu masuk dan garasi yang sejajar dapat dimanfaatkan untuk membuat dak rumah memanjang. Model dak rumah yang memanjang dapat membuat rumah tampak lebih lebar sekaligus memberikan perlindungan pada dua bagian rumah yaitu teras dan garasi mobil. Model ini juga dapat membantu menghemat biaya pembangunan dak rumah. 

5. Dak Rumah Tanpa Tiang

Dak Rumah Tanpa Tiang

Untuk menciptakan teras yang luas, Anda dapat menggunakan model dak rumah tanpa tiang. Meski tanpa tiang, dak rumah tetap dapat terpasang dengan aman, kuat, dan tahan di segala kondisi cuaca. Selain terlihat lebih luas, dak rumah tanpa tiang juga akan terlihat lebih unik dan elegan.

6. Dak Rumah Dua Lantai

Dak Rumah Dua Lantai

Sebagai komponen yang menjaga bagian bawah rumah dan memberikan kesan rumah yang modern, Anda juga dapat menggunakan dak rumah pada rumah 2 lantai. Dak rumah ini dapat dimanfaatkan sebagai penutup teras bagian bawah dan menjadi alas balkon pada lantai dua. Tambahkan dak rumah pada bagian atas balkon untuk melindungi bagian balkon dan menghalangi air hujan masuk ke bagian dalam rumah. 

Nah, itu dia berbagai rekomendasi model dak rumah yang dapat Anda coba untuk melindungi dan mempercantik rumah. Pastikan Anda memilih model dak rumah sesuai dengan bentuk bangunan agar membantu mempertegas garis desain rumah. Dalam membangun dak rumah, Anda harus memperhatikan pemilihan bahan seperti beton dan suri suri bekisting yang berfungsi untuk menahan cetakan beton. 

Menggunakan suri-suri akan membantu mempercepat pencetakan beton, dengan demikian proses pembangunan dak rumah pun dapat terselesaikan dalam durasi yang lebih cepat pula. Anda bisa mendapatkan komponen tersebut di Indosteger. 

Indosteger menyediakan berbagai material konstruksi berkualitas untuk pembangunan dak rumah Anda sehingga dapat tercipta rumah hunian yang kokoh dan awet. Jadi, model dak rumah mana yang menarik untuk dibuat pada rumah Anda? Hubungi Indosteger sekarang juga untuk layanan terbaik dalam penyediaan kebutuhan konstruksi Anda.

Recent Articles